Informasi penting
Study abroad: Before you leave

JURUSAN KULIAH YANG BANYAK DICARI PERUSAHAAN

share image

Apa saja sih jurusan yang menjanjikan masa depan cerah, Jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tentu sangat sering muncul bagi yang sedang merencanakan untuk mengejar jenjang akademis yang lebih tinggi.

 

Buat kamu yang masih bingung dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat serta peluang kerjanya di masa mendatang, berikut informasi beberapa jurusan yang memiliki peluang kerjanya banyak dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

 

Teknik Informasi

Berhubungan erat dengan industri digital, kuliah jurusan teknik informatika atau teknik komputer ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari perusahaan. Dengan melihat kemajuan teknologi yang semakin canggih, hampir semua pekerjaan akan dialihkan menjadi berbasis dengan komputer. 

Menurut QS World University Rankings, untuk tahun 2020 ini, permintaan untuk para profesional ICT (informasi, komunikasi dan teknologi) diperkirakan meningkat hingga 26,5 persen.

Berdasarkan alasan tersebut, para lulusan teknik informatika atau yang biasa disebut dengan jurusan teknik komputer menjadi salah satu jurusan yang banyak dicari perusahaan. Peluang kerjanya pun masih sangat luas apalagi untuk di masa mendatang, begitu pula penghasilan yang bisa didapatkan.

 

Engineering

Engineering adalah salah satu gelar paling dicari perushaan hingga di tahun 2020. Dalam dunia kerja, permintaan insinyur profesional ataupun engineering graduates memang meningkat setiap tahun. Bagaimana tidak? Berbagai jurusan teknik selalu lekat dengan perusahaan, bahkan start up, ataupun industri. Mulai dari infrastruktur, mesin untuk efisiensi, manufaktur, sistem manajemen industri, telekomunikasi, robotik, hingga energi—semuanya memiliki keterkaitan dengan teknik.

Hampir seluruh universitas di dunia juga menawarkan banyak spesialisasi di bidang Engineering. Kamu bisa memilih untuk kuliah di bidang Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Biomedical Engineering, ataupun spesialisasi teknik lainnya.

 

Desain Komunikasi dan Media

Tahun 2020, menurut QS World University Rankings, meningkatnya kebutuhan akan profesional di bidang kreatif sebanyak 15 persen berasal dari bidang periklanan, pemasaran dan juga hiburan. Kombinasi antara kemampuan mengomunikasikan pesan dan juga memasarkan suatu produk bisa menjadi salah satu peluang karier di masa mendatang. 

Pilihan jurusan seperti desain komunikasi, seni, jurnalistik, film atau bidang lain terkait industri kreatif telah melahirkan peluang kerja lebih besar seiring dengan tumbuhnya budaya digital di era globalisasi ini.

 

Business

Perputaran roda ekonomi tidak akan pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Dengan bisnis, penerapan keduanya tentu juga akan selalu digunakan dan dibutuhkan sampai kapan pun dalam setiap aspek dan industri tanpa terkecuali. Oleh karena itu, bisnis selalu menjadi salah satu bidang yang terus dan tetap dibutuhkan hingga saat ini.

Untuk kamu yang menyenangi bidang bisnis bisa menggeluti jurusan seperti Marketing, Risk Management, Supply Chain and Logistics, Digital Economy, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan maupun rencana fokus karir kedepannya.

 

Sastra Inggris

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sangat menjanjikan dari macam-macam jurusan kuliah di Indonesia. Namun, peminatnya masih sedikit. Padahal jurusan yang satu ini memiliki beberapa pekerjaan dengan nilai tinggi, khususnya sebagai penerjemah yang memiliki gaji cukup menarik.

Selain menjadi penerjemah, lulusan Sastra Inggris pun dapat bekerja sebagai guru ataupun dosen. Tak hanya itu, lulusan Sastra Inggris juga dapat menjadi tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris. Dunia pariwisata juga sebenarnya sangat membutuhkan tenaga para lulusan Sastra Inggris sebagai pemandu wisata untuk turis dari luar negeri. Bahkan para lulusan Sastra Inggris pun juga akan dilirik di dunia Percetakan tentunya sebagai salah satu penulis atau sebagai editor.

Wajib dibaca