Informasi penting
Study abroad: Before you leave

KULIAH UNTUK KEMAJUAN DUNIA DI UNITED NATIONS UNIVERSITY

Kuliah Untuk Kemajuan Dunia Di United Nations University

United Nations atau PBB adalah nama organisasi yang tentunya tak asing lagi untuk kita. Organisasi internasional ini didirikan pada 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional dan mencegah terjadinya konflik seperti Perang Dunia II.

 

Sebagai bagian dari rencananya untuk mencapai kemajuan dan perdamaian dunia, PBB telah mendirikan sebuah institusi pendidikan tinggi di Jepang yang dinamai United Nations University (UNU) pada tahun 1972. Pada awalnya, UNU berfungsi sebagai think tank global dan berfokus pada berbagai penelitian yang berhubungan dengan target-target kerja PBB. Namun, pada tahun 2010, Majelis Umum PBB menambahkan kebijakan yang memungkinkan UNU untuk mengadakan program pendidikan bersertifikat serta program kuliah di tingkat diploma, S2 dan S3.


Misi UNU

 

Misi utama UNU adalah untuk berkontribusi (melalui penelitian dan pendidikan kolaboratif) demi memecahkan berbagai isu global yang berhubungan dengan keberlangsungan hidup umat manusia. UNU juga bertujuan menemukan solusi untuk masalah dalam aspek pembangunan dan kesejahteraan yang menjadi perhatian PBB dan para negara anggotanya.

 

Dalam menjalankan misi ini, UNU bekerja sama dengan berbagai universitas dan lembaga penelitian terkemuka di negara-negara anggota PBB. Hal ini memungkinkan UNU untuk menjadi jembatan antara komunitas akademik internasional dan PBB. Selain itu, program kegiatan pengajaran pascasarjana di UNU juga dirancang untuk memberikan kontribusi dalam bidang peningkatan kapasitas (khususnya di negara-negara berkembang).

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Kenapa Harus Kuliah Di UNU?

 

Dengan kuliah di UNU, kamu bisa mendapatkan pendidikan unik yang tidak tersedia di tempat lain. UNU menempati posisi istimewa dalam komunitas akademik global sebagai satu-satunya badan PBB yang diberi mandat oleh Majelis Umum PBB untuk memberikan gelar akademik.

 

UNU menawarkan berbagai program S2 dan S3 - semuanya dirancang untuk membekali para calon pemimpin masa depan dengan landasan akademis yang diperlukan untuk mengatasi masalah global secara efektif. Dengan menyatukan para akademisi dari negara berkembang dan juga negara maju, UNU menciptakan komunitas internasional yang beragam dengan pengalaman penelitian yang ekstensif.

 

Para mahasiswa akan melakukan penelitian yang terkait langsung dengan pekerjaan PBB dan badan-badan khususnya serta berbagai proses antar negara. Dengan staf ahli yang tersebar di 14 lembaga dan kampus di 12 negara, UNU adalah universitas yang benar-benar global dalam aspek struktur dan operasi.

 

Nah, kalau kamu ingin tahu jurusan apa saja yang tersedia di UNU, tim Hotcourses Indonesia akan memberikan penjelasannya di bawah ini.

 

Markas United Nations University di Tokyo, Jepang - Hotcourses Indonesia

Markas UNU di Tokyo, Jepang

(Sumber foto: UNU.edu)

 

Program Kuliah S2

 

Program S2 UNU terbuka untuk para individu yang baru lulus S1 dan juga para lulusan S1 yang telah memiliki pengalaman kerja. Gelar MSc yang didapatkan dari UNU akan mempersiapkan mahasiswa untuk melanjutkan studi ke tingkat PhD dan bekerja di PBB atau organisasi internasional lainnya. Para pendaftar program S2 harus menunjukkan bahwa mereka telah menyelesaikan program gelar S1 terakreditasi (atau setara) dari institusi pendidikan tinggi yang diakui.

 

Berikut adalah 3 program S2 yang saat ini ditawarkan UNU:

 

1. MSc in Public Policy and Human Development
Lokasi kampus: Maastricht, Belanda

 

Dalam program ini, mahasiswa akan dilatih dalam merumuskan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi kebijakan agar mereka dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan atau penggantian kebijakan yang sedang berjalan. Mahasiswa akan dibekali berbagai keterampilan, alat dan pengetahuan yang akan memungkinkan mereka untuk bekerja sebagai perancang dan analis kebijakan di lembaga pemerintahan dan swasta.

 

 

2. MSc in Sustainability
Lokasi kampus: Tokyo, Jepang


Program ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkontribusi dalam bidang sustainability (keberlanjutan). Dengan memanfaatkan pendekatan interdisipliner yang inovatif, program ini mengintegrasikan metode dan sumber daya dari ilmu alam dan sosial serta ilmu pengetahuan budaya.

 


3. Geography of Environmental Risks and Human Security (international joint MSc programme)
Lokasi kampus: Bonn, Jerman

 

Tujuan utama dari program ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan rinci, pemahaman kritis, strategi, dan alat yang diperlukan untuk mengambil pendekatan interdisipliner terhadap risiko lingkungan dan keamanan manusia. Program ini juga membahas perdebatan teoritis dan metodologis dalam geografi untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang munculnya risiko lingkungan dan bahaya alam, serta implikasinya terhadap hubungan manusia dengan alam dan cara-cara menghadapinya.

 

 

Semua program di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sebagai catatan, ketiga program ini tidak dibuka setiap tahun, jadi jangan lupa memeriksa tautan tiap program untuk informasi pembukaan pendaftaran dan juga persyaratan yang harus kamu penuhi.

 

(Baca juga: PROSPEK KERJA DAN PERSYARATAN MENDAFTAR JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA)

 

Program Kuliah PhD

 

Jalur studi mahasiswa PhD di UNU akan berorientasi pada berbagai masalah dunia yang menjadi perhatian PBB dan para negara anggotanya, serta penggunaan metode penelitian lanjutan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Pelamar untuk program PhD harus menunjukkan bahwa mereka telah menyelesaikan program gelar S2 terakreditasi (atau setara) dari lembaga pendidikan tinggi yang diakui.

 

Berikut adalah 4 program PhD yang saat ini ditawarkan UNU:

 

1. Integrated Management of Water, Soil and Waste (joint PhD programme)
Lokasi kampus: Dresden, Jerman

 

Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan rinci, pemahaman kritis, strategi dan alat untuk mengambil pendekatan interdisipliner dan terintegrasi terhadap pengelolaan air, tanah dan limbah. Target lainnya adalah untuk menciptakan generasi baru ilmuwan, insinyur dan manajer lingkungan untuk melakukan, mempromosikan dan memberikan panduan tentang pengelolaan air, tanah dan limbah yang berkelanjutan.

 

 

2. PhD Programme on Innovation, Economics and Governance for Development (IEGD)
Lokasi kampus: Maastricht, Belanda

 

Dalam program ini, mahasiswa akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang paling relevan. Selain memiliki kurikulum inti yang berfokus pada inovasi dan pengembangan, program ini juga memiliki modul-modul tentang ekonomi perubahan teknologi, sistem sosial yang kompleks, tata pemerintahan dan evaluasi kebijakan, perlindungan sosial dan migrasi. Program PhD ini adalah program multidisiplin yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akademisi dan praktisi di bidang pemerintahan dan ekonomi teknologi.

 


3. PhD in Sustainability Science
Lokasi kampus: Tokyo, Jepang

 

Tujuan program ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang akan menjadi peneliti utama di bidang ilmu keberlanjutan. Program ini mengambil pendekatan inovatif terhadap keberlanjutan dan mempromosikan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu terkini dengan menggunakan perspektif perubahan global (khususnya yang terkait dengan perubahan iklim dan keanekaragaman hayati).

 


4. Dual Career Training Programme to obtain a PhD in Governance and Policy Analysis (GPAC²)
Lokasi kampus: Maastricht, Belanda

 

Program GPAC² dirancang untuk para kaum profesional dan peneliti yang telah bekerja (baik purnawaktu maupun paruh waktu). Dalam program ini, para mahasiswa bisa tetap menjalani karir mereka sambil mengikuti pendidikan untuk memperoleh gelar PhD. Program ini dirancang untuk memberikan pelatihan lanjutan dalam berbagai teori dan keterampilan yang penting untuk analisis dan rancangan kebijakan. Kamu bisa mendengarkan testimonial salah satu peserta program ini dalam video berikut:

 

 

Seperti program-program S2, 4 program di atas juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Kamu bisa menemukan informasi pendaftaran dan juga syarat masuk di tautan program-program tersebut.

 

Kalau kamu masih ingin meneliti destinasi studi lainnya, coba gunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan program-program seperti di atas yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. 

 

Butuh bantuan atau informasi untuk kuliah pascasarjana di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Sumber:

Globalacademyjobs.com

Wikipedia.org

Unu.edu

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana

Wajib dibaca