Informasi penting
Study abroad: Before you leave

MENEMUKAN AKOMODASI DI SPANYOL

share image

Menemukan tempat tinggal yang nyaman saat belajar di luar negeri tidaklah mudah. Penting bagi kamu untuk melihat-lihat, menimbang pro dan kontra, dan bahwa kamu mengetahui pilihan mu. 

 

Akomodasi siswa umumnya disediakan oleh universitas Spanyol di asrama mahasiswa (Colegios Mayores) atau apartemen siswa. Biaya sewa akomodasi bervariasi tergantung pada lokasi yang kamu pilih, fasilitas yang ditawarkan dan faktor-faktor lainnya. 

 

 

Secara umum, jika kamu memilih Madrid atau Barcelona, ​​harganya sedikit lebih tinggi daripada di kota-kota lain. Biasanya, sebuah apartemen di Barcelona berharga sekitar € 850, sedangkan di Madrid apartemen satu kamar harganya sekitar € 1000 per bulan. 

 

Jenis Akomodasi Siswa di Spanyol

 

Keluarga Angkat 

 

Keluarga angkat menyambut siswa internasional untuk tinggal bersama mereka di seluruh Spanyol. Mereka memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat dan mendalam untuk pendidikan kamu di Spanyol. Kamu dapat belajar bahasa Spanyol di lingkungan lokal dan mendapatkan pengalaman langsung dalam budaya Spanyol. 

 

 

Apartemen studio 

 

Apartemen studio merupakan pilihan akomodasi yang lebih mandiri tetapi cenderung sedikit lebih mahal daripada bentuk akomodasi lainnya. Biasanya lebih kecil dan kamu tidak harus berbagi kamar dengan siswa lain. 

 

 

Roommate

 

Menemukan teman sekamar juga merupakan pilihan akomodasi yang bagus dan hemat biaya bagi para siswa yang menginginkan tempat tinggal yang ramah. Banyak siswa memilih opsi ini karena lebih terjangkau untuk membagi biaya dan kamu lebih mudah bertemu orang baru. 

 

 

Asrama

 

Banyak perguruan tinggi di Spanyol menawarkan asrama atau tempat tinggal siswa di kampus. Tempat tinggal siswa berbeda-beda sesuai dengan universitas tempat kamu belajar. Asrama tetap merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan. Manfaat asrama adalah membantumu bersosialisasi dengan siswa lain yang kuliah di tempat yang sama, tinggal di asrama juga membuatmu  hidup jauh lebih terjangkau dan kamu akan selalu berada di dekat sekolah.

 

 

Jumlah sewa yang akan kamu bayar untuk menyewa akomodasi di Spanyol akan bervariasi sesuai dengan lokasi, lingkungan yang kamu pilih, dan fasilitas yang ditawarkan serta faktor-faktor lainnya. Misalnya tarif sewa rata-rata untuk satu kamar apartemen di Barcelona adalah sekitar 850 Euro  sedangkan di Madrid tarif satu kamar rata-rata biayanya adalah sekitar 1.000 Euro per bulan. Ada juga biaya lain yang harus kamu keluarkan, termasuk telepon, makanan, dll. Pastikan kamu mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin diperlukan saat kamu pindah, seperti uang muka untuk sewa, biaya untuk aplikasi, dan juga hal-hal lainnya. 

 

Perlu diingat bahwa banyak tuan tanah mengharuskan mu menandatangani kontrak sebelum pindah ke rumah mereka. Sebagian besar kontrak menyatakan jangka waktu di mana kamu akan setuju untuk tinggal di akomodasi, serta syarat dan ketentuan lainnya untuk tinggal di properti, jadi pastikan kamu membaca kontrak ini dengan baik sebelum menanda tanganinya. 

 

 

Kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memiliki peralatan makan, perlengkapan mandi, dan barang-barang penting lainnya saat pindah untuk memastikan kenyamanan mu. Siapkan uang lebih dari perkiraan pengeluaran mu, untuk antisipasi hal-hal tak yang terduga. Meskipun biaya selalu menjadi faktor, pastikan kamu meluangkan waktu untuk memilih dengan cermat opsi akomodasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mu.

 
 

 

 

Baca juga:  

Wajib dibaca