Informasi penting
Study abroad: Before you leave

PROSPEK KARIR LULUSAN TEKNIK

share image
64

Karier yang terbuka untuk lulusan teknik sangat luas dan beragam, meskipun kamu mungkin ingin memilih karir yang paling relevan dengan spesialisasi teknik kamu. Mereka yang ingin memulai karir di bidang teknik akan senang mengetahui bahwa tidak hanya ada permintaan yang tinggi untuk lulusan teknik, tetapi ada juga peluang untuk bisa mendapatkan gaji yang menjanjikan. Berikut adalah prospek karir untuk lulusan Teknik yang perlu kamu ketahui:

 

 

Insinyur Perminyakan

 

Insinyur perminyakan biasanya bekerja pada pengeboran, mendesain peralatan pengeboran dan menerapkan serta memantau rencana pengeboran untuk ekstraksi minyak mentah. Rekayasa perminyakan telah diminati selama beberapa tahun terakhir dan akan terus tumbuh selama dekade mendatang.

 

 

Meskipun ada wacana untuk menciptakan kendaraan listrik dan energi bersih, minyak masih sangat dihargai karena digunakan di banyak industri yang berbeda. Banyak insinyur perminyakan diperkirakan akan pensiun di tahun-tahun mendatang, yang berarti posisi pekerjaan untuk insinyur baru akan terbuka. 

 

 

Insinyur Teknik Sipil

 

Teknik sipil adalah pekerjaan yang sangat dicari pada 2018 dan tren itu berlanjut pada 2019 dan 2020. Insinyur teknik sipil membangun infrastruktur yang menjadi dasar dunia.

 

 

Ada berbagai cabang teknik sipil dan itu membuatnya menjadi bidang yang bagus untuk ditekuni. Bidang teknik sipil yang utama meliputi: teknik struktural, teknik lingkungan, teknik jalan / jalan raya dan teknik transportasi. 

 

 

Insinyur Teknik Elektro 

 

Teknik elektro adalah salah satu bidang teknik tradisional. Teknik elektro adalah bidang yang sangat luas yang meliputi: teknik tenaga, teknik instrumentasi, dan teknik elektronik. Berbagai jalur karier yang ada memungkinkan teknik elektro selalu menyediakan lapangan pekerjaan untuk beberapa tahun mendatang. 

 

Insinyur Energi Alternatif 

 

Karena meningkatnya tekanan di planet bumi & terjadinya perubahan iklim, membuat adanya dorongan internasional terhadap energi bersih dan berkelanjutan. Sebagai contoh, permintaan untuk teknologi energi tenaga surya telah meningkat secara drastis, mengakibatkan penurunan biaya panel.

 

 

 

Tidak ada keraguan bahwa energi bersih adalah energi alternatif masa depan. Meskipun pembangkit listrik tenaga batu bara masih merupakan mayoritas produksi energi global, namun pertumbuhannya mengalami stagnasi sementara energi alternatif terus tumbuh. Seorang insinyur energi alternatif perlu memulai dengan setidaknya gelar Sarjana di bidang teknik mesin atau listrik. 


 

Insinyur Pertambangan 

 

Seorang insinyur pertambangan biasanya merancang tambang terbuka dan tambang bawah tanah serta mengawasi penggalian dan konstruksi tambang. Mereka juga merancang metode untuk memproses dan mengangkut bahan yang ditambang ke berbagai pabrik pengolahan.

 

 

 

Sementara tren konsumsi untuk besi akan mulai turun dalam beberapa dekade mendatang, permintaan untuk lithium, tembaga, nikel dan berbagai logam lain yang dibutuhkan dalam elektronik dan baterai akan terus tumbuh. 

 

 

Insinyur Proyek

 

Teknik proyek adalah bidang kritis yang merupakan kebutuhan di setiap cabang teknik. Teknik proyek biasanya bukan sesuatu yang dipelajari secara eksplisit. Namun, studi lebih lanjut dalam manajemen proyek biasanya direkomendasikan setelah Sarjana untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

 

 

Seorang insinyur proyek mengelola proyek yang bersifat teknis yang dapat mencakup desain, pengadaan, pembuatan, dan pengiriman komponen sederhana ke pabrik pengolahan bahan kimia yang kompleks. Peran ini bersifat multidisiplin dan membutuhkan pemahaman teknis mendasar dari setiap aspek proyek.

 

 

 

Baca juga:

Informasi Lengkap Jurusan Teknik Elektronika 

MENDANAI BIAYA KULIAH KE LUAR NEGERI

TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca