Informasi penting
Study abroad: Before you leave

YANG WAJIB KAMU BAWA SAAT KULIAH DI MUSIM DINGIN DI AMERIKA ATAU KANADA

share image
732

Pada umumnya mahasiswa internasional lebih memilih memulai kuliah di semester musim gugur karena cuacanya lebih bersahabat, terutama para pelajar dari Indonesia yang tidak terbiasa hidup di negara empat musim. Akan tetapi, jika ternyata program kuliah yang kamu minati masuk di semester musim dingin, kamu juga tidak perlu terlalu khawatir. Karena sebenarnya, jika kamu membawa baju dan perlengkapan yang tepat, musim dingin tetap dapat kamu atasi dengan baik, dan malahan mungkin kamu akan merasa excited dengan pengalaman barumu.

 

Di artikel kali ini, Hotcourses Indonesia memilih Amerika dan Kanada sebagai pokok bahasan, karena kedua negara tersebut musim dinginnya boleh dibilang lebih ekstrim jika dibandingkan dengan negara lainnya, terutama di bulan Januari, dimana suhu turun drastis dan terkadang disertai badai salju.


 

Jika perkuliahanmu dimulai di musim dingin, pastikan kamu memasukkan beberapa barang ini di daftar packing kamu ya:

 

 

1. Longjohn

 

Pakaian adalah perlengkapan terpenting untuk mengatasi cuaca dingin. Kamu memerlukan pakaian khusus supaya cuaca dingin/ekstrim tidak terlalu mengganggumu sewaktu kuliah.

 

Memakai baju berlapis-lapis mungkin bisa membuatmu hangat, tetapi di saat yang bersamaan kamu bisa merasa tidak nyaman, misalnya jadi susah bergerak dan berat. Belum lagi kamu masih harus membawa tas yang berisikan laptop, buku dan peralatan kuliah.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memakai longjohn di dalam. Longjohn adalah baju hangat yang ketat/nempel di badan. Dalamnya bisa saja terbuat dari beludru atau kain bulu pendek, sehingga akan menjagamu supaya tetap hangat. Tersedia dalam bentuk atasan/baju dan bawahan/celana (seperti celana legging, tetapi dalamnya berbulu). Setelah itu, kamu bisa memakai baju luar seperti biasanya, baik itu sweater atau kemeja (sesuai kebutuhan), kemudian ditutup dengan jaket khusus musim dingin.

 

Di bawah ini adalah contoh longjohn. Gambar kiri adalah tampilan longjohn yang dipakai di badan dan gambar kanan adalah tampak dalam dari longjohn. Tersedia berbagai warna dan model yang bisa kamu pilih sesuai selera.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

sumber foto: Amazon.com

 

 

 

2. Syal

 

Di saat musim dingin udara akan menjadi sangat kering, dan biasanya yang paling rentan dengan serangan udara kering adalah leher. Jadi disarankan kamu melindungi leher dengan scarf/syal tebal.

 

Nah buat kamu yang memperhatikan style berpakaian ada banyak sekali cara mengikat syal yang menarik, sehingga kamu tetap bisa tampil modis di musim dingin.

 

 

Sumber: Buzzfeed Nifty

 

 

3. Topi Musim Dingin

 

Selain leher, kepala dan telinga juga perlu dilindungi. Pastikan kamu membawa topi khusus musim dingin yang bisa menutup hingga ke telinga. Ada banyak model yang dijual di pasaran. Salah satu contoh yang paling umum adalah seperti ini:

 

sumber: AllFreeKnitting

 

 

3. Jaket/Winter Coat

 

Walau kamu mungkin bisa bertahan dengan longjohn dan pakaian luar di dalam ruangan, jika berjalan keluar kamu pasti butuh jaket musim dingin. Pilihlah jaket dengan bahan yang tidak tembus angin, dan lebih baik lagi jika tahan air. Sehingga jika hujan pun air tidak menyerap ke dalam dan membuatmu dingin.

 

sumber: Rosegal

 

Brand tertentu malah mengeluarkan tipe yang bisa digulung dan ada teknologi penghangat. Sehingga kamu bisa menggulung dan memasukkan winter coat ke dalam tas. Sangat praktis.

 

 

4. Sarung Tangan

 

Sarung tangan bisa menjaga tangan kita tetap hangat sewaktu cuaca dingin. Tetapi, memakai sarung tangan juga membuat kita susah mengakses gadget touchscreen. Untungnya sekarang sudah ada solusinya, yaitu dots gloves – sarung tangan yang ada titik-titik karet/silikon di bagian jari, sehingga kamu tetap bisa memakai gadget touchsreen dengan nyaman di luar ruangan.

 

sumber: Jumia kenya

 

 

5. Sepatu Anti Air

 

Kamu bisa membawa sepatu boot atau sepatu olahraga biasa, tetapi pastikan bahannya anti air, supaya air tidak meresap ke dalam dan membuat kakimu kedinginan sewaktu hujan atau badai.

 

 

6. Pakaian Lainnya

 

Tambahan lainnya adalah seperti kardingan, sweater, kemeja, blus leher tinggi/turtleneck dan jangan lupa kaos kaki tebal. Untuk pakaian tidur, kamu bisa membawa piyama lengan panjang yang bahannya lebih tebal.

 

Tips:

Kamu tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian. Karena kamu masih bisa menambah koleksimu sewaktu kuliah di sana. Malahan bisa lebih murah sewaktu sale jika dibandingkan kamu beli di tanah air. Hanya saja pastikan kamu membawa jenis-jenis pakaian penting yang telah disebutkan di atas.

 

 

7. Pelembab

 

Pastikan kamu membawa pelembab untuk satu badan, mulai dari wajah hingga kaki, supaya badan tidak kering dan pecah-pecah dan mengganggu kenyamanan. Daftar pelembab yang perlu dibawa: pelembab wajah (moisturizer), sunblock, lip gloss, body lotion dan hand cream.

 

Tips: jangan membawa stok banyak, karena kamu bisa beli di sana dan terdapat varian yang khusus untuk musim dingin, yang mungkin sulit kamu peroleh di tanah air.

 

 

8. Perlengkapan Mandi

 

Walau kamu bisa beli setibanya di sana, disarankan kamu membawa sedikit dari rumah karena begitu tiba mungkin kamu masih asing dengan lingkungan sekitar, atau enggan untuk keluar karena belum menyesuaikan diri dengan cuaca dingin, atau sibuk beres-beres, atau alasan lainnya.

 

 

9. Obat-obatan

 

Jika kamu ada risiko alergi cuaca dingin, pastikan kamu membawa obat sesuai dengan resep dokter. Bawalah juga obat-obat umum yang cocok kamu gunakan supaya kamu tidak susah cari keluar sewaktu membutuhkan.

 

 

10. Snack/Cemilan

 

Siapkan snack dan makanan seperti mie instan, biskuit, cereal, dan lain-lain untuk berjaga-jaga jika kamu berhalangan untuk makan di luar, mungkin karena cuaca buruk, atau jalanan ditutup akibat badai dan alasan lainnya. Pastikan makanan yang kamu bawa tidak melanggara peraturan yang tertera di situs US Customs and Border Protection.

 

 

11. Adaptor 110 V

Jangan lupa membawa adaptor 110V atau adaptor yang digunakan di Kanada dan Amerika, supaya peralatan komputer dan gadgetmu bisa dipakai disana.

 

Sumber: 110220Volts

 

12. Alat Tulis

Biasanya, harga peralatan tulis dan buku lebih murah di tanah air. Jadi kamu bisa membawa lebih banyak.

 

Tips:

Tidak perlu membawa barang-barang yang memakan tempat seperti peralatan masak dan pengering rambut. Kamu bisa membelinya dengan mudah dan murah di Walmart atau Amazon.

 

 

 

 
Baca juga:

 

 

Sumber:
Studyinternational.com
Gooverseas.com
Independenttravelcats.com

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca