Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

JENIS-JENIS DUKUNGAN YANG DISEDIAKAN DEPARTEMEN LAYANAN KARIR UNIVERSITAS

Jenis-jenis Dukungan Yang DIsediakan Departemen Layanan Karir Universitas

Baru lulus dari universitas luar negeri? Kami mengerti kalau kamu merasa cemas menghadapi proses pencarian kerja, terutama jika kamu tidak tahu persis harus mulai dari mana. Namun sebenarnya kamu tidak tidak perlu khawatir, karena kebanyakan universitas mancanegara biasanya menawarkan berbagai layanan karir untuk membantu mahasiswa - mulai dari saran penulisan CV, tes kepribadian hingga kesempatan magang. Dukungan layanan ini pada umumnya gratis dan terus tersedia untukmu tanpa ada batasan waktu.

 

Kali ini, tim Hotcourses Indonesia akan menjelaskan beberapa layanan karir yang ditawarkan oleh pihak universitas dan bagaimana kamu dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.


1. Tes Psikometri & Kepribadian

Dukungan Tes Kepribadian Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia

Saat ini, kita sering menemui berbagai lowongan kerja yang mengharuskanmu untuk mengikuti tes psikometri/kepribadian sebagai bagian dari proses pendaftaran. Tes ini akan mengujimu dalam hal logika, penalaran verbal, numerasi dan ciri-ciri kepribadian. Hasilnya akan digunakan untuk memastikan apakah kamu kandidat ideal yang diinginkan pihak perusahaan/pemberi kerja, baik dalam aspek bakat maupun kepribadian. Kamu juga bisa menggunakan hasil tes ini untuk mengukur sisi-sisi kuat dan lemahmu. Salah satu tes kepribadian yang populer adalah Myers Briggs yang memiliki 16 tipe kepribadian berbeda.

 

Untuk menghadapi tes ini, departemen layanan karir dari universitas bisa memberikanmu tips, bimbingan pribadi dan latihan tes. Kalau kamu ingin menggunakan layanan ini, perlu diingat bahwa sebagian besar universitas mungkin akan memintamu untuk membuat perjanjian terlebih dahulu. Perjanjian ini bisa kamu lakukan melalui email, telepon atau situs web. 


2. Dukungan Alumni

Dukungan Alumni Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Dukungan dari departemen layanan karir ini biasanya tetap bisa kamu akses setelah kelulusan. Durasi ketersediaan layanan ini tergantung pada universitasmu. Misalnya, di University of Alberta di Kanada, alumni bisa mengakses sumber daya dan lowongan pekerjaan hingga lima tahun setelah kelulusan. Dengan adanya dukungan ini, kamu bisa menerima bantuan dan bimbingan jika mencari pekerjaan baru setelah meninggalkan pekerjaan lama. Jadi kalau kamu merasa menemui jalan buntu setelah lulus kuliah, kamu bisa kembali menghubungi departemen layanan karir untuk mendapatkan nasihat pribadi.

 

3. Lokakarya

Dukungan Berupa Lokakarya Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Departemen layanan karir seringkali mengadakan berbagai lokakarya, seperti lokakarya penyusunan CV, penulisan surat lamaran kerja, pemilihan karir atau pemahaman wawancara kerja. Sesi lokakarya ini bisa juga dijalankan oleh pihak eksternal. Contohnya seperti Goldsmiths University yang menghadirkan lokakarya dari para pemberi kerja/perusahaan untuk mengembangkan kesadaran bisnis dan komersial para mahasiswanya. Lokakarya-lokakarya ini biasanya menampilkan beragam presentasi dan simulasi skenario di dunia kerja nyata. Selain mengasah keterampilan, berpartisi dalam lokakarya juga akan membantumu berjejaring dan memahami jenis-jenis pekerjaan yang bisa kamu jalani setelah lulus kuliah.

 

 

4. Latihan Praktik Wawancara

Dukungan Praktik Wawancara Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Wawancara seringkali dianggap sebagai tahapan yang paling menegangkan dalam proses lamaran kerja. Padahal panggilan wawancara adalah pertanda baik karena kamu berkesempatan menjelaskan kenapa kamu sesuai untuk posisi yang kamu lamar. Untuk membantu mengatasi ketegangan saat wawancara, kamu bisa berlatih terlebih dahulu. Memang tidak mudah untuk memperkirakan pertanyaan yang akan kamu terima, namun kamu bisa mengumpulkan pertanyaan wawancara paling umum sebagai bahan persiapan.

 

Setelah berlatih sendiri, kamu juga bisa meminta konsultan dari departemen layanan karir untuk membantumu berlatih. Sang konsultan bisa berperan sebagai pewawancara untuk membuat sesi latihan sedekat mungkin dengan sesi wawancara sebenarnya. Setelah itu, sang konsultan bisa meninjau jawaban dan gerak-gerikmu saat wawancara. Dari situ, kamu akan mendapatkan masukan yang konstruktif untuk membantumu menghadapi wawancara.

 

5. Skema Mentoring

Dukungan Skema Mentoring Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Beberapa universitas memberikan layanan karir berupa skema mentoring: para alumni yang berprestasi dalam karir mereka akan diminta menjadi mentor para mahasiswa yang tengah berkuliah. Mentoring sangat bermanfaat karena kamu bisa belajar dari mentormu mengenai cara untuk mencapai kesuksesan dalam profesi tertentu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dari sang mentor mengenai berbagai peluang kerja yang tersedia di tempat kerjanya. Selain itu, sesi mentoring membuka kesempatanmu untuk mendapatkan wawasan tentang profesi tertentu (misalnya tugas harian profesi tersebut dan beban kerjanya).

 

6. Bimbingan Kewirausahaan

Dukungan Bimbingan Kewirausahaan Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Semua universitas pasti mendukung alumni dan mahasiswanya yang ingin menjadi wirausahawan. Dukungan ini bisa dalam bentuk pendanaan dan penyediaan ruang kerja. Selain itu, dukungan dari universitas bisa berupa acara dengan pembicara khusus atau alumni yang memulai bisnis mereka sendiri. Jadi kalau kamu punya ide wirausaha, coba bicarakan dengan departemen layanan karier universitasmu untuk mengetahui dukungan yang tersedia bagimu. Jangan lupa menanyakan apakah tersedia layanan khusus untuk pengembangan keterampilan kewirausahaan.


7. Program Magang

Dukungan Program Magang Dari Departemen Layanan Karir Universitas - Hotcourses Indonesia
Pengalaman kerja magang bisa menjadi nilai tambah di mata perusahaan/pemberi kerja. Namun pendaftaran program magang cukup kompetitif, terutama kalau universitasmu berlokasi di kota besar. Coba hubungi departemen layanan karir, karena mereka kemungkinan besar memiliki database lowongan atau program magang yang bisa kamu manfaatkan. Kalau kamu ingin magang di tahun terakhir kuliah, tidak ada salahnya untuk mencari lowongan magang seawal mungkin - misalnya di akhir tahun pertama atau awal tahun kedua kuliah. Dengan begitu, kamu punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan CV dan melatih semua keterampilan yang dibutuhkan untuk melewati proses lamaran kerja magang dengan sukses.


Wah, ternyata dukungan dan saran dari tim layanan karir universitas bermanfaat banget, ya! Jadi kamu sebaiknya tak perlu ragu lagi untuk menghubungi mereka saat butuh bantuan mengenai tujuan masa depanmu.

 

Kalau kamu butuh bantuan serta dukungan untuk mencari jurusan kuliah dan universitas terbaik di luar negeri, tim Hotcourses Indonesia punya semua layanan yang kamu butuhkan! Kamu bisa menggunakan alat pencari jurusan kami untuk mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan kriteriamu dan mengunduh brosur resmi berbagai universitas internasional ternama. Selain itu, kamu bisa menemukan berbagai informasi tentang sebuah universitas, seperti peringkatnya secara global dan ulasan dari para mahasiswa mengenai universitas tersebut. Jangan lupa juga untuk follow semua kanal media sosial kami untuk mendapatkan berita pendidikan internasional terhangat.

 

Ingin kuliah di universitas mancanegara dengan berbagai layanan dan fasilitas terbaik? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang punya segudang informasi untuk membantumu menemukan universitas terbaik di luar negeri.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

Wajib dibaca

article Img

10 ALASAN MENGAPA SEMUA PELAJAR PERLU KULIAH DI LUAR NEGERI

Tahun 2020 lalu memang telah membawa banyak perubahan drastis. Berhubung kita harus banyak berdiam di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, wajar saja jika banyak orang merasa berbagai aspek hidup mereka telah menjadi stagnan.  Kalau kamu merasa pandemi Covid-19 telah membuat perjalanan studimu seperti jalan di tempat, ada baiknya kamu mulai mengambil langkah maju dengan merencanakan studi di luar negeri.   Pandemi yang kita alami

26.1K
article Img

5 ALASAN LULUSAN LUAR NEGERI LEBIH DISUKAI PERUSAHAAN

Saat memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang kuliah, kamu mungkin bertanya-tanya "Sebenarnya perlu nggak sih kuliah di luar negeri?". Kenyataannya ,  banyak perusahaan masih menganggap mahasiswa internasional atau lulusan luar negeri punya berbagai kelebihan yang tidak dimiliki mahasiswa lokal. Hal ini sudah pasti bisa sangat membantumu dalam proses pencarian kerja.   Mau tahu kualitas apa yang membuat mahasiswa internasional terlihat

9.5K
article Img

PROSPEK PASCA-STUDI DI INGGRIS, KANADA, AUSTRALIA DAN AS

Saat mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri, salah satu hal yang perlu kamu teliti adalah berbagai peluang pasca-studi yang terbuka bagi mahasiswa internasional di berbagai destinasi studi. Dengan mempelajari hal ini, kamu bisa mengetahui semua kesempatan kerja dan visa yang tersedia untuk tenaga ahli di bidang studi yang kamu minati di negara tertentu.   Untuk membantumu membuat perencanaan kuliah di luar negeri yang lebih matang, tim

417