Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

3 SKILL YANG BISA KAMU PELAJARI SEMASA KULIAH UNTUK MENINGKATKAN PROSPEK KERJA KAMU

share image
540

Di jaman modern ini sekedar memiliki gelar dari universitas tidak menjamin kamu akan diterima dengan baik di dunia kerja. Terutama jika kamu berencana untuk kerja di luar negeri, dimana kamu harus bersaing dengan tenaga kerja-tenaga kerja setempat. Oleh karena itu, keahlian dan pengalaman kerja juga merupakan dua faktor penting yang bisa mempengaruhi prospek kerja kamu.

 

Pengalaman kerja bisa kamu dapatkan sewaktu magang. Kesempatan magang di luar negeri tidaklah susah dicari, karena banyak universitas memiliki departemen khusus yang membantu mahasiswa dalam hal ini. (Baca juga: 7 ciri-ciri universitas yang memperhatikan prospek kerja mahasiswa.)

 

Klik gambar di bawah ini untuk membaca lebih banyak informasi tentang magang sewaktu kuliah di luar negeri:

 

 

 

Tetapi, keahlian seperti apakah yang penting untuk dimiliki supaya dapat unggul di dunia kerja yang kompetitif? Bagaimana kamu bisa mempelajarinya sewaktu kuliah, supaya kamu menjadi lulusan yang siap kerja? Menurut The Entrepreneur, berikut adalah 3 skill/keahlian penting yang perlu kamu kuasai selagi kuliah:

 

 

1. Teknologi

 

Di era digital ini, teknologi adalah sebuah fasilitas dan perangkat yang bisa membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan efektif. Akan tetapi tidak semua orang menguasainya, dan bahkan tidak semua orang tahu bahwa ada teknologi tertentu yang bisa membuat mereka untuk lebih produktif dalam bidang mereka.

 

Teknologi bukanlah sekedar ilmu, tetapi juga merupakan fasilitas. Oleh karena itu, sewaktu memilih universitas disarankan kamu mencari tahu terlebih dahulu fasilitas apa saja yang tersedia disana, yang dapat mendukung dan menambah nilai untuk perkuliahanmu, terutama jika kamu memang berencana untuk berkarir di bidang yang berhubungan dengan teknologi setelah lulus kuliah. Misalnya apakah mereka menawarkan kelas dalam perangkat lunak tertentu yang dapat kamu ambil? misalnya programming? Kamu tidak akan pernah tahu bahwa keahlian ini akan dapat berguna sewaktu kamu mencari kerja.

 

Jika kamu telah memiliki beberapa keahlian teknologi yang kamu kuasai, kamu akan menempatkan diri kamu berbeda dari mereka yang memiliki pendidikan yang sama dengan kamu.

 

Penelitian terbaru dari Upwork menemukan bahwa perusahaan secara aktif mencari ahli dalam big data dan analisa, pemasaran dan otomasi penjualan, Internet of Things (IoT) dan pemasaran digital.

 

Sebagai bahan masukan, berikut adalah universitas-universitas pilihan dari para staf yang diterima bekerja di perusahaan teknologi raksasa seperti Facebook, Google, Apple dan sejenisnya:

 

 

Sumber: entrepreneur.com

 

 

 

2. Soft Skills

 

Di jaman yang canggih ini banyak pekerjaan sudah dapat diambil alih oleh mesin dan bahkan robot. Sehingga rajin dan mau bekerja keras tidak akan membuatmu lebih unggul dari orang lain. Untuk lebih unggul dari orang lain, kamu perlu memiliki soft skills, contohnya kepemimpinan, pemikiran kritis dan kreatifitas.

 

Sewaktu kuliah, ada banyak kesempatan untuk mengasah soft skills tersebut. Misalnya melalui kegiatan ekstra kurikuler, aktif dalam klub atau organisasi, mengikuti kelas pengembangan diri di kampus dan lain sebagainya.

 

Klik gambar di bawah ini untuk membaca lebih lanjut tentang soft skills:

 

 

 

 

3. Tidak Pernah Berhenti Belajar

 

Kita hidup di dunia yang dinamis. Selalu ada perkembangan baru setiap saat. Oleh karena itu pembelajaran tidaklah berakhir begitu kita lulus dari universitas. Membina kebiasaan untuk tetap ingin tahu sangatlah baik untuk mendorong diri kita untuk selalu belajar tentang perkembangan terbaru. Baik itu melalui membaca, browsing internet, ikut kelas tambahan atau kelas online dan lain sebagainya.

 

Sumber: Thorro Learning

 

 

Sumber:
Entrepreneur.com
Studyinternational.com

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image