Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

MANFAAT MENJADI MENTOR SEBAYA DI KAMPUS

Manfaat Menjadi Mentor Sebaya Di Kampus

Kamu termasuk kategori mahasiswa yang suka mencari aktivitas baru di kampus? Mungkin program Mentor Sebaya (Peer Mentor / Student Mentor) bisa menjadi pilihan baru untukmu. Pada intinya, program ini membentuk hubungan di mana para mahasiswa yang lebih berpengalaman (mentor) akan membantu para mahasiswa baru / yang kurang berpengalaman (mentee) untuk meningkatkan kinerja akademik mereka. Selain itu, para mentor juga akan memberikan nasehat dan dukungan, serta membagikan pengetahuan mereka kepada para mentee.

 

Kalau dilihat sekilas, memang nampaknya hanya para mentee saja yang mendapatkan faedah dari program ini. Padahal sebenarnya para mentor juga bisa meraih berbagai manfaat, lho! Kalau kamu ingin tahu apa saja manfaatnya, langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

 

Menjadi mentor sebaya membuka jalan untuk membantu sesama mahasiswa dan juga melatih berbagai keterampilan - Hotcourses Indonesia

Menjadi mentor sebaya membuka jalan untuk membantu sesama mahasiswa dan juga melatih berbagai keterampilan

 

Memahami Pelajaran Lebih Baik

 

Saat para mentor sebaya mengajar dan membimbing para mentee, mereka harus mendalami lagi materi pelajaran, mencari cara-cara yang lebih efektif untuk mengingat materi tersebut dan menelusuri berbagai metode untuk membagikannya ke para mentee mereka. Karena itu, para mentor sebaya biasanya memiliki pemahaman ilmu yang lebih baik dan cenderung memiliki kinerja yang unggul saat ujian.

 

Melatih Kemampuan Kepemimpinan

 

Para mentor biasanya akan membantu para mentee memecahkan berbagai masalah. Selain itu, proses mentoring juga mengharuskan para mentor untuk menyampaikan berbagai topik dan menggunakan keterampilan emosional untuk memotivasi para mentee. Semua aktivitas ini akan melatih berbagai keterampilan yang dibutuhkan seorang pemimpin, yaitu keterampilan emosional, negosiasi, komunikasi dan pemecahan masalah, serta memperdalam pemahaman akan hubungan interpersonal.

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

 

Para individu yang pernah menjadi mentor biasanya memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Setelah beberapa lama menjalani aktivitas sebagai mentor, mereka akan memahami cara-cara efektif untuk berbagi ide dengan orang lain dan juga memiliki berbagai keterampilan untuk menghadapi situasi-situasi yang menantang. Selain itu, jika para mentee yang mereka bimbing berhasil meraih kesuksesan, para mentor sudah pasti akan merasakan kebanggaan tersendiri.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Lebih Memahami Diri Sendiri

 

Para mentee seringkali meminta tips sukses dari para mentor. Untuk bisa melakukan hal ini, para mentor sebaya harus memahami semua aspek pribadi yang membantu mereka mencapai keberhasilan akademik. Selain untuk berbagi dengan mentee,  pemahaman ini bisa digunakan para mentor untuk melakukan evaluasi mengenai hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan aspek-aspek tersebut secara berkelanjutan.

 

Memperluas Network

 

Networking adalah aktivitas yang penting karena bisa membuka jalur untuk berbagai peluang karir di masa depan. Dengan menjadi mentor sebaya, kamu berkesempatan untuk menjalin hubungan dengan para mentee yang kemungkinan besar akan bekerja di bidang yang sama denganmu di masa depan. Kalaupun ternyata ada beberapa mentee yang bekerja di bidang lain, hal ini justru akan memperluas jejaringmu.

 

Beberapa universitas luar negeri menyediakan program mentor sebaya khusus untuk mahasiswa internasional - Hotcourses Indonesia

Beberapa universitas luar negeri memiliki program mentor sebaya khusus untuk mahasiswa internasional

 

Sebagian besar universitas di luar negeri saat ini memiliki program pelatihan mentor sebaya dan bahkan ada beberapa program yang dirancang khusus untuk mahasiswa internasional. Namun jika universitas pilihanmu tidak memiliki program tersebut, kamu bisa mengikuti program pelatihan gratis dari The Mentor Academy (TMA), sebuah situs pelatihan mentor sebaya yang diprakarsai oleh Vygo dan 10 institusi pendidikan di AS, Inggris dan Australia untuk melatih para calon pemimpin di masa depan. Dalam sistem pelatihan TMA, para peserta akan diminta mempelajari 4 pilar mentoring yang menjelaskan semua hal yang diperlukan seorang mentor andal. Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta akan mendapatkan digital badge yang bisa disematkan ke CV/resume.

 

Kalau kamu ingin tahu apakah universitas incaranmu memiliki program pelatihan mentor sebaya, kamu bisa mengikuti tips untuk meriset universitas yang telah kami susun. Jangan lupa juga untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa membantumu menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik di luar negeri berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

guider-ai.com
thementor.academy
educause.edu
theconversation.com