Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

5 TIPS UNTUK MENGATASI STRESS SAAT UJIAN

share image
205

Waktu ujian bisa menjadi sangat menegangkan. Ketahui cara mengurangi stres dalam menghadapi ujian dengan tips berikut ini!

 

Tahukah kamu? Ketika kita stres, otak kita melepaskan kortisol tingkat tinggi yang mengaburkan cara kita berpikir dan menghalangi pikiran rasional. Mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan stres akan meningkatkan produktivitas kamu, membantu kamu menyerap lebih banyak informasi dan melindungi kamu dari berbagai gangguan. Apakah stres ujian sering memengaruhi nilai kamu? Jika demikian, kami akan berbagi dengan kamu kiat-kiat ilmiah yang terbukti dapat membantu kamu mengatasi stress saat menghadapi ujian. Kami menjamin bahwa jika kamu menerapkan tips-tips ini, kamu akan menjadi siswa yang lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih sukses.

 

Cara mengatasi stres saat menghadapi ujian:

 

Prioritaskan waktu kamu

 

Memprioritaskan waktu, subjek, dan beban kerja kamu akan membantu mengurangi tingkat stres kamu,  karena kamu akan memastikan bahwa hal-hal yang sangat penting tercakup dan ada pada waktu yang tepat. Jika kamu memiliki lebih dari satu ujian untuk diatasi, gambarlah diagram sederhana dengan tanggal setiap ujian dan berapa banyak topik yang perlu dicakup untuk masing-masing ujian. Hal ini akan memberi kamu gambaran yang jelas tentang berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mendedikasikan setiap topik ujian sehingga tidak akan ada kejutan buruk.

 

 

 

Berolahraga dan makan teratur

 

Ya, kami tahu kamu lelah. Kadang-kadang ide berolahraga saat stres menghadapi ujian terasa seperti hal terakhir yang ingin kamu lakukan, tetapi kami menjamin kamu akan merasa lebih baik setelahnya. Olahraga membuat darah kamu mengalir lebih lancar dan jantung kamu memompa dengan lebih baik. Hasilnya adalah kamu akan menjadi lebih semangat dari sebelumnya. Dorong diri kamu untuk berlari, pergi ke gym atau hanya melakukan work out singkat di kamar kamu. Olahraga adalah penghilang stres yang sudah terbukti karena olahraga mengisi otak kamu dengan hormon endorfin, yang pada dasarnya adalah hormon bahagia. 

 

Hindari media sosial

 

Ini akan menjadi hal yang sulit bagi banyak siswa, tetapi jika kamu dapat berpisah dengan Instagram tercinta dan beberapa media sosial lainnya selama beberapa hari, itu akan membuat keajaiban bagi tingkat stres kamu. Di media sosial, akan ada banyak teman kamu yang berada di “kapal yang sama” , jadi cenderung berbicara banyak tentang seberapa banyak mereka belajar (atau tidak belajar). Ini kemungkinan akan membuat kamu lebih stres,

 

 

 

Hindari kafein, alkohol, dan nikotin

 

Kami tahu, menghindari kopi saat ujian sepertinya merupakan tugas yang mustahil. Bagaimana kamu bisa tetap terjaga untuk membaca buku teks 300 halaman tanpa kafein sebagai teman baik untuk membantu kamu? Atau rokok terpercaya yang membantu kamu bersantai sesudahnya?

 

Tahukah kamu? Kafein adalah stimulan dan akan meningkatkan tingkat stres kamu loh. Hal yang sama juga berlaku untuk nikotin. Jadi, pada saat menghadapi ujian, lebih baik kamu hindari minum lebih dari satu cangkir kopi sehari dan juga hindarilah merokok. Jika kamu tidak dapat menghindarinya secara sekaligus, cobalah untuk setidaknya memantau konsumsi kamu. Cobalah mengganti kopi dengan teh herbal atau air, yang akan menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dan memungkinkan tubuh kamu untuk mengatasi stres dengan lebih baik. Eits, jangan lupa gantilah ciggies dengan permen karet!

 

Selain itu, cobalah untuk menghindari alkohol selama periode ujian. Alkohol dapat bertindak sebagai penekan bila dikonsumsi dalam jumlah besar dan menjadi stimulan bila dikonsumsi dalam jumlah yang lebih kecil. Menghindari semua zat tersebut akan meningkatkan kualitas tidur kamu yang juga akan membuat tingkat stres kamu lebih mudah diatur. 

 

 

 

Tidur yang cukup

 

Belajar berjam-jam itu melelahkan. Ketika mengurangi waktu tidur kamu yang biasa, penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akan meningkat. Stres dan tidur memiliki hubungan dua arah. Stres dapat membuat lebih sulit untuk tertidur. Bahkan dapat menyebabkan gangguan tidur.

Pada saat yang sama, tidur nyenyak dapat mengurangi efek stres. Praktikkan tips ini untuk mendapatkan istirahat yang baik setiap malamnya:

  • Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu mengatur jam internal tubuh kamu dan mengoptimalkan kualitas tidur kamu.
  • Jauhkan perangkat elektronik dari kamar tidur kamu.
  • Baca buku sebelum tidur.
  • Dengarkan musik yang menenangkan atau pikirkan kenangan bahagia juga akan membuat kamu cepat tertidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

 

 

Baca juga:

TIPS UNTUK MERENCANAKAN KARIR SEBELUM LULUS KULIAH

4 TIPS UNTUK SELALU TETAP SEHAT SEWAKTU KULIAH

5 TIPS UNTUK PRESENTASI YANG LANCAR DI KAMPUS

 

Sumber:

https://www.savethestudent.org/extra-guides/top-tips-to-beat-the-exam-stress.html

https://www.daniel-wong.com/2018/09/10/beat-exam-stress/

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image