Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

7 TIP PRAKTIS AGAR TETAP FOKUS SAAT BELAJAR DI RUMAH

7 TIP PRAKTIS AGAR TETAP FOKUS SAAT BELAJAR DI RUMAH

Keadaan yang sulit memerlukan adaptasi, dan belajar selama pandemi di rumah memiliki tantangan tersendiri. Tetapi penting untuk diingat bahwa, meskipun mungkin tidak nyaman, adaptasi semacam belajar tepat yang pada akhirnya membuatmu tangguh! Berikut 7 tip praktis agar tetap fokus saat belajar di rumah.

 

1. Pertahankan jadwal yang konsisten.

Salah satu manfaat terbesar belajar online dapat berubah menjadi salah satu kerugian terbesar kamu — kamu mudah merasa terbebaskan dengan tidak harus menghadiri kelas setiap hari atau bahkan bertemu dengan guru atau dosen. Namun, jangan biarkan kebebasan yang baru ini membuat kamu menjadi lalai dan lupa akan tujuan utamanya.

 

 

 

Caranya mudah sekali, cukup sisihkan waktu setiap pagi, siang, atau malam (atau setiap hari tergantung pada beban studi kamu) untuk mengerjakan tugas kamu. Konsistensi merupakan aspek yang paling penting dan kurang dihargai dari keberhasilan belajar ketika mempertimbangkan bagaimana tetap fokus pada kelas online.

 

 

2. Buatlah daftar periksa harian.

Satu hal yang tidak ada salahnya adalah membuat checklist harian agar tidak lupa melengkapi apapun. Ini akan sangat membantu terutama ketika mendekati tenggat waktu, yang mungkin akan memerlukan tugas menulis, menyelesaikan kuis, berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, dan banyak lagi (semuanya biasanya memiliki tanggal dan waktu sendiri-sendiri).

 

 

 

Membuat daftar periksa harian (setiap pagi adalah yang terbaik) adalah cara yang bagus untuk mengingatkan diri kamu tentang apa yang harus diselesaikan dan untuk menentukan kapan kamu secara realistis memiliki waktu untuk menyelesaikan proyek dan tugas yang perlu kamu selesaikan. Ini juga akan membantu kamu mengalokasikan energi sehingga kamu lebih gesit dan cekatan saat melakukan tugas yang lebih sulit yang harus kamu selesaikan!

 

 

 

3. Siapkan ruang belajar yang nyaman.

Kenyamanan adalah kunci sukses belajar. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan area belajar kamu, kamu mungkin tidak akan menyelesaikan banyak hal. Ini mungkin berarti menambahkan lampu agar pencahayaan tidak terlalu membebani mata kamu dan memastikan kamu memiliki meja atau meja dengan kursi yang akan membuat kamu nyaman untuk duduk selama berjam-jam.

 

 

 

Cari tahu apa yang kamu butuhkan untuk membuat lingkungan kamu paling kondusif untuk konsentrasi. Apakah ini berarti lilin atau aroma terapi? Atau bisa juga musik jazz bersenandung dengan lembut di latar belakang? Atau menyiapkan makanan ringan dan minuman di dekat kamu? Ini penting untuk menentukan diri kamu sendiri untuk menyiapkan diri kamu sendiri menuju kesuksesan.

 

4. Minimalkan gangguan

Ini penting untuk sukses, terutama di era gangguan tanpa akhir! Dengan ponsel dan komputer serta aplikasi dan media sosial dan video YouTube, perhatianmu mudah teralihkan. Dan, meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan gangguan dari hidup kamu, penting untuk menguranginya sebanyak mungkin.

 

 

 

Setel ponsel kamu pada mode ‘do not disturb’ dan hindari mengakses media sosial sesering mungkin. Gangguan ini terus menumpuk, dan sebelum kamu menyadarinya, kamu bisa menghabiskan satu jam (atau lebih) waktu berharga. 

 

5. Ingatlah untuk istirahat

Saat kamu belajar online, kamu tidak akan memiliki profesor atau instruktur yang membebaskan kamu untuk beristirahat selama 15 menit, dan kamu mungkin tidak memiliki waktu 10 atau 15 menit di antara kursus untuk bersantai. Jangan belajar terlalu keras sehingga mengorbankan kesehatanmu.

 

 

 

Pastikan kamu tidak melebihi beberapa jam kerja tanpa gangguan pada satu waktu. Itu bukan hanya rekomendasi untuk memberi manfaat bagi kesejahteraan kamu sendiri; ini akan membantu kamu rileks dan kembali dengan energi yang diperbarui dan terkadang perspektif yang sama sekali baru (dan benar-benar menambah) tugas kamu. Jangan hanya beristirahat untuk diri sendiri — istirahatlah untuk pekerjaan kamu dan kualitasnya.

 

6. Temukan tutor dan bantuan online

Jika kamu benar-benar bergumul dalam suatu subjek dan kesulitan untuk memecahkan masalahnya, mungkin inilah saatnya untuk mencari bantuan dari luar. Jangan menganggap ini sebagai kekurangan dari nilai atau kecerdasan kamu — setiap orang memiliki mata pelajaran yang mereka geluti. Bahkan siswa matematika yang paling jenius pun mungkin memerlukan bantuan dalam menulis dan sebaliknya.

 



 

7. Berkomunikasi dengan guru/dosen kamu (dan juga teman kamu)

Ini adalah komponen penting untuk sukses saat belajar online, dan sering diabaikan oleh siswa. Mungkin itu karena kamu tidak terlalu mengenal mereka (dosen terkadang merasa lebih seperti Kakak dalam kursus online daripada orang yang berwujud) atau karena kamu memiliki kebebasan yang begitu besar sehingga terasa seperti semacam pelanggaran.

 

Tapi hubungi profesor kamu. Jalin hubungan baik. Mengajukan pertanyaan. Email kutipan draf. Mempertahankan hubungan (meskipun itu hubungan tentatif dan online) dengan profesor kamu pada akhirnya dapat memberi kamu tunjangan di masa mendatang dan itu akan meningkatkan pekerjaan kamu. Dan siapa yang tahu? Mungkin ini akan menjadi cara yang bagus untuk membangun jaringan (yang masih perlu dikejar, dan peluang ini tidak terlalu berlimpah saat belajar online).

 

Hal yang sama berlaku untuk rekan-rekan kamu — kamu semua berada di perahu yang sama, dan kebanyakan dari mereka mungkin akan senang memiliki seseorang untuk diajak berkolaborasi.

 

Dan ini sangat penting bagi calon siswa daring: jika sesuatu yang mendesak terjadi dalam hidup kamu yang membutuhkan perhatian segera dan menyeluruh, beri tahu profesor kamu. Jelaskan apa yang terjadi, karena lebih sering daripada tidak, mereka akan memahami. Mereka ingin kamu sukses, karena kesuksesan kamu adalah kesuksesan mereka.

 

Baca juga:

MENGENAL JURUSAN ILMU KOSMETIK

KULIAH S2 GRATIS DI JEPANG DENGAN BEASISWA AJINOMOTO

10 LANGKAH PERSIAPAN SEBELUM KULIAH ARSITEKTUR