Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

TIPS BEBAS STRES MENGHADAPI UJIAN

tips bebas stres menghadapi ujian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ujian dapat membuat siswa stres. Kami mempunyai beberapa tips yang harus kamu tahu tentang cara menghadapi ujian dengan santai & bebas stress.

 

Bagi beberapa siswa, ujian bisa mejadi hal yang mudah, tetapi bagi yang lain, ujian adalah tantangan berat yang harus dihadapi dengan sempurna. Berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu menghilangkan stres dan memastikan kamu dapat melewati ujian dengan baik.

 

Jadwalkan waktu kamu

 

Menjadwalkan waktu akan membantu mengurangi tingkat stres yang kamu alami, karena kamu dapat memastikan bahwa hal-hal yang sangat penting tercakup pada waktu yang tepat. Jika kamu memiliki lebih dari satu ujian untuk diatasi, gambarlah diagram sederhana dengan tanggal setiap ujian dan berapa banyak topik yang perlu dicakup untuk masing-masing ujian.

 

 

Tuliskan semua yang kamu rasa perlu dan centang jika kamu sudah berhasil melakukannya. Ini akan memberi kamu gambaran yang jelas tentang berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mendedikasikan setiap topik ujian.

 

Istirahat teratur

 

Keutamaan istirahat teratur selama musim ujian tidak boleh diremehkan. Mengerjakan rutinitas harian dan mengerjakan aktivitas lainnya baik untuk kamu, namun ingatlah untuk menyempatkan waktumu dengan istirahat teratur agar stamina kamu tetap terjaga dan terhindar dari stres.

 

 

Makan dengan baik

 

Mengonsumsi makanan yang tepat selama masa-masa yang penuh tekanan juga sangat penting bagi kesehatan mental dan menghindari stres. Makanlah makanan yang kamu sukai, masak sesuatu yang enak. Memikirkan makanan yang enak untuk dimakan bisa membuat kamu bahagia. Jangan lupa untuk mencoba memasak sesuatu yang sehat pula.

 

 

Berolahraga dan keluar rumah 

 

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang ujian adalah bahwa ujian identik dengan mengurung diri belajar di dalam rumah. Sesekali pergilah berjalan-jalan keluar rumah, hal ini dapat membantu membuat kamu menjadi lebih produktif.

 

 

Selain berjalan-jalan, kamu juga bisa mengalihkan perhatianmu dengan berolah raga ke gym atau berenang. Berolahraga selama masa ujian mungkin terasa seperti hal terakhir yang ingin kamu lakukan, tetapi kami menjamin kamu akan merasa jauh lebih baik setelahnya. Olahraga adalah penghilang stres yang telah terbukti karena dapat mempengaruhi otak dengan endorfin, yang pada dasarnya adalah hormon bahagia. 

 

Jangan membandingkan 

 

Meskipun akan bermanfaat untuk membahas topik dengan sesama siswa saat ujian, namun cobalah untuk tidak membandingkan apa yang telah kamu pelajari. Mendengarkan orang lain berbicara tentang apa yang telah mereka pelajari hanya akan membuat kamu stres dan mungkin membuat kamu merasa seperti tidak mengalami kemajuan sebaik mereka. Plus, jika mereka sendiri merasa tertekan, ini bisa menular ke kamu dan stres orang lain bukanlah yang kamu butuhkan saat ini. 

 


 

Ungkapkan pikiran & perasaanmu

 

Jika stres mencapai titik luar biasa dan memengaruhi kehidupan sehari-hari kamu, cobalah untuk bicara dengan seseorang tentang hal itu. Universitas atau sekolah kamu harus memiliki layanan di mana kamu dapat berbicara dengan orang-orang tentang masalah kamu, dan kamu akan mendapat lebih banyak nasihat tentang cara menghilangkan stres yang berlebihan.

 

 

 

Baca juga:

5 JURUSAN DENGAN TINGKATAN STRESS YANG RENDAH

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

tips bebas stres menghadapi ujian