Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

TIPS BERKELILING EROPA DENGAN HEMAT

Tips Berkeliling Eropa dengan Hemat

Banyak siswa yang belajar di Eropa tidak hanya untuk sekedar mengalami kegiatan perkuliahan saja, mereka kerap menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan keliling Eropa juga. Jika kamu tertarik berkeliling Eropa, ketahuilah bahwa sebagian besar uang saku kamu akan digunakan untuk transportasi, akomodasi, dan makanan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelilingi Eropa dengan hemat dan berkesan.

 

Street Food adalah kunci

 

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sebagian besar uang kamu akan digunakan untuk makanan. Tetapi kamu juga tidak perlu membuat diri kamu kelaparan. Cara terbaik untuk mendapatkan porsi makanan yang sesuai dengan budget kamu adalah dengan merasakan budaya lokal dan memcicipi street food. 

 

 

Wisata jalan kaki gratis

 

Sebagai mahasiswa dengan anggaran terbatas di kota asing, kamu sering merasa seolah-olah kegiatan yang bisa dilakukan hanya dari museum ke monumen, ke monumen lain, kembali ke museum lain dan begitu seterusnya. Pilihan yang baik untuk mengurangi biaya masuk museum adalah dengan mengikuti tur jalan kaki gratis yang dimiliki banyak hostel Eropa, tanyakan saja kepada resepsionis. Tur jalan kaki ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui gaya hidup para lokal. Jika kamu puas, jangan lupa untuk memberi tip pada pemandu ya.

 

 

Rencanakan transportasi 

 

Mulailah merencanakan jauh - jauh hari sebelum kamu memesan penerbangan, periksalah biaya perjalanan ke bandara di negara asal kamu dan biaya perjalanan dari bandara ke hotel di negara yang akan kamu kunjungi. Perencanaan  transportasi yang baik dapat membantu menghemat waktu dan biaya, sehingga kamu dapat mengunjunjungi lebih banyak destinasi impian kamu.

 

 

Tiket museum kota 

 

Jika kamu berencana untuk mengunjungi museum yang luas, pertimbangkan untuk melihat apakah harga tiket masuknya layak atau tidak. Setiap kota berbeda, dan tergantung pada berapa banyak museum yang akan kamu lihat, beberapa tiket masuk memiliki nilai fantastis. Selain itu, beberapa tiket tidak menjamin kamu dapat menikmati segala isi museum, sehingga kamu mungkin membayar tambahan Euro di setiap lokasi. 

 

 

Hostel tidak selalu merupakan pilihan termurah 

 

Hostel akan menghabiskan uang kamu dengan cukup cepat, terutama di kota-kota mahal seperti London dan Paris. Jika kamu tinggal di kota besar, lihat biaya perjalanan dari hostel ke pusat kota, apakah tepat di dekat semua tempat wisata, atau apakah kamu akan menghabiskan 10 Euro sehari untuk naik metro? Alternatif gratis untuk hostel adalah CouchSurfing, sebuah tempat yang menghubungkan orang-orang di berbagai negara yang membuka rumah mereka untuk wisatawan dengan akomodasi gratis! Namun, jika kamu akhirnya tinggal di hostel, jangan lupa membawa gembok kamu sendiri untuk loker atau handuk kecil untuk mandi. 

 


 

Buatlah daftar tempat yang ingin kamu kunjungi


Catat kota-kota yang ingin kamu kunjungi untuk menentukan berapa banyak kereta jarak jauh yang perlu kamu naiki dan teliti tarif untuk setiap perjalanan. Bandingkan biaya perjalanan dengan harga tiket online untuk setiap perjalanan kereta api. Jika kamu berencana bepergian selama beberapa hari di negara yang lebih kecil seperti Austria atau Swiss, di mana kamu tidak perlu menggunakan banyak kereta api berkecepatan tinggi, satu jalur kereta api negara bisa menjadi pilihan yang terbaik.

 

 

 

Baca juga:

 

INFORMASI KULIAH DI JURUSAN TRAVEL & TOURISM DI LUAR NEGERI