Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

TIPS TETAP FOKUS DAN TENANG SAAT MENGHADAPI TEKANAN BERKULIAH DI LUAR NEGERI

share image
182

Melihat dunia luar, mendapatkan ilmu, bertemu orang-orang baru, dan memiliki pengalaman yang menakjubkan merupakan sisi positif dari melanjutkan pendidikan di luar negeri. Namun, hal yang perlu kamu tahu bahwa kuliah di luar negeri juga bukan sesuatu yang mudah, ada kalanya kamu menghadapi tekanan atau masalah, entah itu dalam hal penyesuaian diri dengan lingkungan baru, persoalan bahasa, dan lain sebagainya.

 

 

Eits, jangan sedih dulu! Kami punya tips agar kamu bias tetap fokus dan tenang saat menghadapi tekanan berkuliah di luar negeri lho! Mau tahu? Simak ya!

 

Bersiaplah Untuk Menghadapi Masalah Kamu

Jika kamu tahu bahwa kamu rentan terhadap kecemasan atau depresi, baiknya kamu bercerita atau bertukar pikiran dengan teman kamu, atau jika diperlukan bicaralah dengan terapis atau psikiater dan diskusikanlah masalah kamu sampai kamu menemukan jalan keluar.

 

 

Berkarya

Tahu kah kamu? Menulis, menggambar, menyanyi, memasak dan hobi kreatif lainnya adalah cara terbaik untuk menjernihkan pikiran sehingga kamu dapat membuat keputusan dengan perasaan yang senang dan pikiran mu akan menjadi tenang.

 

 

Alihkan Perhatian Kamu

Seorang spesialis kesehatan mental pernah mengatakan bahwa otak tidak dapat memproses informasi dan emosi pada saat yang sama. Dia kemudian menyarankan dua mind games untuk dicoba ketika seseorang merasa diri nya hanyut ke dalam pikiran yang negatif. Jika kamu merasa risau dan cemas atau depresi cobalah untuk melakukan mind games yaitu hitung mundur dimulai dari angka 100 atau hitunglah jumlah barang di sekitar kamu yang mempunyai warna yang sama. Hitung sampai kamu merasa tenang.

 

 

Cari atau Buatlah Komunitas

Bergantung pada diri kamu sendiri di luar negeri mungkin akan membuat kamu bosan. Berpartisipasi dalam organisasi atau komunitas lokal akan memperkaya pengalaman kamu, meningkatkan kesadaran budaya dan kemampuan bahasa kamu loh! Selain itu bergabung dalam komunitas lokal juga dapat membawa kamu bertemu teman baru yang dapat memberi kamu perspektif dan koneksi.

 

 

Rencanakan Perjalanan

Merencanakan perjalanan, entah itu berjalan kaki bersama teman atau merencanakan perjalanan ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya dapat membuat hati dan pikiran menjadi senang. Perjalanan ke berbagai tempat dapat menambah pengalaman kamu dan melihat berbagai sesuatu dalam sudut  pandang yang berbeda. Selain itu, perjalanan juga dapat membuat kamu termotivasi bahkan menemukan ide ide cemerlang untuk mengembangkan rencana-rencana masa depan dalam hidup kamu. Perjalanan juga dapat membuat kamu melupakan masalah dan tekanan selama kuliah di luar negeri dan dapat membuat kamu menyadari bahwa, its just a bad day, not a bad life! Jadi, tetap semangat ya!

 

 

Baca juga:

5 FAKTA MENGAPA KULIAH DI LUAR NEGERI MEMBUATMU LEBIH KREATIF

8 KEAHLIAN YANG PERLU DIMILIKI SEORANG MAHASISWA

3 TIPS UNTUK KULIAH SAMBIL BEKERJA

 

Sumber:

https://www.gooverseas.com/blog/dealing-with-depression-while-studying-abroad

https://www.goabroad.com/articles/study-abroad/study-abroad-stress

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image