Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

TRADISI PERAYAAN IMLEK DI BERBAGAI NEGARA YANG PERLU KAMU KETAHUI

share image

Tahun Baru Imlek sangat sering dikaitkan dengan Tiongkok, namun tahukah kamu bahwa Tahun Baru Imlek dirayakan di seluruh dunia? Perayaan Tahun Baru Imlek bervariasi tergantung di negara mana kamu merayakannya. 

 

 

Tahun Baru Imlek menandai dimulainya siklus bulan baru & menjadi salah satu momen liburan paling penting di Asia. Dari suguhan lezat hingga kembang api yang mengesankan, berikut ini adalah tradisi perayaan Tahun Baru Imlek di beberapa Negara:

 

Cina

Cina selalu menampilkan lentera yang mempesona dan mengadakan Bazaar di kota-kota yang dihiasi dengan warna merah dan emas. Jika kamu berada di Beijing, nikmatilah pertunjukan kembang api di World China Summit Wing, serta festival patung-patung es di Long Ice Gorge Ice and Snow Festival. Beijing adalah salah satu tempat terbaik untuk merasakan perayaan Imlek. Kunjungi Ditan Park untuk pertunjukan bersejarah dan pot-pot berisi pangsit dan semur.

 

 

 

 

Hongkong 

Victoria Harbour Hongkong selalu dipenuhi kembang api yang mempesona, dan kamu dapat menyaksikan parade Imlek di distrik Tsim Sha Tsui. Disana juga terdapat pasar bunga dan kuil yang indah. Kunjungi Sha Tin Racecourse pada hari ketiga Imlek untuk melihat salah satu balapan paling populer di Hongkong. Jangan lupa ke Disneyland dan Ocean Park untuk acara-acara tradisi khusus sepanjang minggu. 

 

 

Singapura

Dengan pengaruh Cina yang kuat dalam warisan dan budaya Singapura, perayaan Imlek sangat terasa dengan kompetisi tarian singa, pertunjukan akrobatik, dan banyak diskon belanja. Kunjungilah beberapa restoran dan hotel untuk mencicipi masakan tradisional Tahun Baru Imlek. Di Malam Tahun Baru, banyak sashimi & keripik dengan sayuran dan daging akan disiapkan di atas meja. Ketika semua anggota keluarga mengambil tempat duduk, mereka bersaing satu sama lain untuk mengambil sashimi tersebut.

 

 

 

Jika mereka memegang daging lebih tinggi, diyakini mereka akan mendapatkan keberkahan lebih banyak di tahun depan. Untuk kegiatan publik, orang biasanya berduyun-duyun ke Kreta Ayer Square untuk menikmati pasar dadakan, Chingay Parade, stike walker, naga dan tarian singa.

 

Vietnam

Sedikit berbeda dari festival Tiongkok, hari libur nasional Tết menandai Tahun Baru Imlek di Vietnam. Dalam perayaan ini masyarakat akan menghidangkan makanan utama Zongzi yakni sejenis nasi ketan bulat atau berbentuk persegi yang dibungkus daun atau bambu. Kota Ho Chi Minh penuh dengan pertunjukan publik dan konser, terutama di sekitar Pham Ngu Lao.

 

 

 

Amerika Serikat

Jika kamu berada di New York selama Tahun Baru Imlek, pastikan kamu menghadiri Upacara Kembang Api dan Festival Budaya di Chinatown. Festival tersebut dilengkapi dengan konser yang diselenggarakan oleh New York Philharmonic Orchestra. Chinatown San Francisco adalah yang tertua di Amerika Serikat dan menampilkan lebih dari 100 kendaraan hias dan parade berwarna-warni pada saat Imlek.

 


 

Inggris

Sebagai rumah bagi perayaan Tahun Baru Cina terbesar di luar Asia, London menyelenggarakan festival satu hari yang diisi dengan penari, pemain, dan kembang api di Chinatown, Trafalgar Square, dan Shaftesbury Avenue.

 

 

Australia

Saksikan Opera House dan Harbour Bridge Sydney berubah menjadi warna merah sebagai tradisi perayaan Tahun Baru Imlek. Kamu akan melihat lentera berbentuk tanda zodiak yang tersebar di sekitar kota.

 

 

 

Baca juga:

Daftar Jurusan Kuliah di Cina

10 TRADISI TAHUN BARU DI SELURUH DUNIA

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image