Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Cara Jago Bahasa Inggris Lewat Nonton Film

250

Kamu hobi nonton? Itu hobi yang bagus! Tahukah kamu nonton tidak hanya untuk sekedar hiburan dan melewatkan waktu luang? Nonton juga bisa menjadi kegiatan yang produktif. Tidak percaya? Ini alasannya...

 

Dengan nonton film bahasa Inggris, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu, terutama untuk speaking & listening skills.

 

Pada umumnya, kita belajar dari buku atau rekaman. Semua itu dibuat dengan tujuan untuk belajar bahasa. Sekalipun kamu ikut kursus yang diajar oleh native speaker, biasanya mereka akan berbicara lebih lambat, atau menggunakan kosakata yang lebih mudah dimengerti supaya kamu lebih mudah menyerap pelajaran. Akan tetapi, film tidak mempertimbangkan semua itu. Misalnya di film Amerika, mereka menggunakan bahasa sehari-hari yang natural, dengan kecepatan bicara dan logat yang sama dengan yang akan kamu dengar jika berada di Amerika. Bahkan kamu juga akan belajar idiom, bahasa slank, kebiasaan dan budaya yang tidak akan kamu dapatkan dari buku. Tidak ada cara yang lebih baik untuk  mempelajari bahasa Inggris sehari-hari daripada nonton film..

 

Akan tetapi, nonton untuk belajar itu beda dengan nonton untuk sekedar hiburan. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui, supaya kamu mempelajari banyak hal dari nonton film, dan bukan hanya tahu alur ceritanya. Tips-tips ini bisa kamu terapkan untuk belajar bahasa lain juga lho :)

 

 

Tips untuk Belajar Bahasa Inggris Melalui Nonton Film

 

1. Pilih film yang sudah kamu kenal

Jika kamu adalah pemula, pilih dari film yang sudah pernah kamu tonton. Karena kamu sudah tahu alur ceritanya, sehingga lebih mudah. Kamu hanya perlu berfokus dalam menangkap bahasa dan kalimat yang menurutmu akan sering dipakai atau menarik.

 

Tips: pilih film yang menarik dan yang alurnya santai supaya tidak susah mengerti. Misalnya film drama tentang kehidupan sehari-hari. Jika kamu sudah lebih mahir, kamu bisa memilih film yang lebih tinggi tingkat kesusahannya.

 

 

2. Gunakan subtitle/terjemahan

Disarankan untuk tetap menggunakan subtitle jika masih level pemula. Pastikan kamu memilih film dengan terjemahan yang bagus. Menggunakan subtitle akan membuatmu lebih mudah mengerti. Jika kamu sudah lebih mahir, kamu bisa menghilangkan subtitle.

 

Tips: Catat kata, idiom, slank atau kalimat yang menurutmu keren, menarik, dan akan terpakai. Setelah itu, kamu bisa baca ulang, atau mencoba membuat kalimat dengan kata atau idiom yang kamu pelajari.

 

 

3. Mulai dari skala kecil

Nonton untuk tujuan belajar mungkin akan lebih melelahkan daripada nonton untuk hiburan. Apalagi untuk tingkat pemula. Kamu mungkin akan sering rewind untuk mendengar kalimat sebelumnya yang tidak kamu tangkap, atau untuk mendengar lebih jelas tentang pelafalan kosakata tertentu. Tidak perlu memaksakan diri. Kamu tidak perlu sekaligus menghabiskan film tersebut. Kamu bisa pause dulu jika sudah lelah. Dan, jangan frustasi jika kamu tidak perlu mengerti setiap kalimat.

 

Tips: sebaiknya mulai dengan film lepas. Kamu juga bisa memilih film seri, akan tetapi pastikan kamu tetap ingat tujuan kamu untuk belajar, dan bukannya terbawa rasa penasaran dan maraton nonton hingga selesai.

 

 

4. Fokus pada satu jenis bahasa 

Bahasa Inggris terbagi menjadi 2: American English dan British English. Logat dan penggunaan kosakata dari keduanya berbeda. Kamu bisa memilih sesuai minat atau kebutuhan. Tentunya tidak masalah jika kamu ingin mempelajari keduanya. Asalkan sewaktu membuat catatan kamu menulis keterangan dengan jelas.

 

 

5. Nonton dengan teman

Enaknya nonton sama teman itu kalian bisa saling mengisi kekurangan. Ada perbedaan pendapat tentang pemahaman film? Jangan khawatir, kalian bisa tanyakan kepada pihak ketiga, misalnya kepada guru atau senior.

 

Tertarik dengan metode belajar ini tetapi masih bingung dengan pilihan film? Kamu bisa mencoba situs FluentU. Di situ kamu akan menemukan banyak sekali koleksi film, music video dan TV show. Dan semuanya itu memang ditargetkan untuk pelajar yang ingin belajar bahasa Inggris seperti kamu! Semua video dilengkapi dengan subtitle, definisi dan contoh kalimat! Kamu juga bisa membuat catatan/jurnal dan perkembanganmu akan direkam oleh FluentU, kemudian mereka akan merekomendasikan tontonan lain yang cocok untuk tingkat kelancaran berbahasa Inggris kamu. Oh iya, selain bahasa Inggris, juga ada bahasa lainnya (seperti Mandarin, Jepang, Korea, Jerman, Italia, dan lain-lain).

 

Supaya lebih jelas, tonton video di bawah ini tentang cara kerja FluentU:

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

55750