Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Gelar Mana yang Banyak Dicari Perusahaan?

6650

Seberapa tinggi tingkat pendidikan yang diperlukan agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu? Kalau kamu ingin menjadi seorang akuntan, biasanya jenjang S1 pun sudah cukup. Namun dengan gelar S2 di bidang Ilmu Komputer mungkin kamu bisa memiliki aset lebih.

 

Kamu kamu ingin bekerja di bidang teknik listrik, kamu mungkin perlu belajar sedikit lebih lama sampai ke tingkat S3. Namun kesemuanya ini bergantung dari apa yang kamu pelajari, menurut poling yang diadakan oleh the National Association of Colleges and Employers (NACE).

 

NACE menanyakan 201 perusahaan di Amerika Serikat akan gelar apa yang seringkali mereka cari saat mempekerjakan karyawan baru. Meski gelar S1 di bidang Akuntansi, Keuangan, ataupun Manajemen Bisnis masihlah merupakan terfavorit, namun belakangan ini tuntutan untuk keterampilan semacam tidaklah sebanyak dulu. Ilmu Komputer sejauh ini memiliki prospek yang paling konsisten. Pembelajaran STEM merupakan yang paling memiliki prospek tertinggi, yang menunjukkan adanya permintaan yang terus meningkat dari perusahaan untuk mereka yang mampu beradaptasi terhadap Revolusi Industri Keempat.

 

Bidang Akuntansi memiliki prospek tertinggi bagi mereka yang memiliki gelar S1, diikuti oleh bidang Ilmu Komputer dan Keuangan.

 

 

 

Gelar MBA yang banyak dicari justru berada di peringkat ke-6, sementara gelar di bidang STEM mendominasi 5 teratas.

 

 

 

(Apa itu STEM? Klik di sini untuk membaca lebih lanjut!)

 

Namun dengan gelar S2, bidang studi STEM merupakan yang paling dicari oleh perusahaan yang banyak mencari tenaga kerja dengan kualifikasi S2 atau S3.

 

 

 

Namun kalian yang menekuni ilmu sosial tidak perlu khawatir. Meski bidang ilmu sosial dan humaniora tidak terdapat di dalam daftar, 40 dari 201 perusahaan yang disurvei berkata mereka mencari pekerja dengan kualifikasi di bidang Komunikasi, sementara 33 lainnya mencari lulusan di bidang Ekonomi. Lulusan dengan kualifikasi di biang Bahasa dan Sastra-lah yang akan menghadapi tantangan terbesar, menurut data yang ada. Hanya 8 perusahaan yang berkata bahwa mereka tertarik mencari pekerja dengan kualifikasi di bidang tersebut.

(Klik di sini untuk melihat daftar universitas yang menawarkan jurusan Komunikasi!)

 

(Sumber: We Forum)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

54018