Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN DATA SCIENCE

Mengenal Jurusan Data Science

Hampir semua keputusan penting di dunia modern diambil berdasarkan data. Dengan mengumpulkan semua data yang relevan, kita bisa mendapatkan informasi berkualitas dan wawasan baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jadi tak mengherankan kalau banyak perusahaan kini memprioritaskan pengolahan data dan membuka berbagai lowongan untuk mengurus hal ini.

 

Salah satu profesi yang terlibat dalam pengolahan data adalah data scientist (ilmuwan data). Menurut laporan situs web Dice di tahun 2020, data scientist adalah salah satu profesi di bidang tekonologi yang semakin banyak dicari dan mengalami pertumbuhan gaji tercepat.

 

Kalau kamu ingin menjalani profesi ini, kamu bisa mengambil langkah awal dengan kuliah jurusan Data Science (Sains Data). Mau tahu lebih lanjut tentang jurusan ini? Langsung saja baca penjelasan singkat berikut dari tim Hotcourses Indonesia.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Jurusan Data Science?

 

Data science adalah disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif, dengan tujuan untuk menemukan pola-pola tersembunyi dari data tersebut. Ilmu ini merupakan kombinasi ilmu sains dan ilmu sosial. Ilmu-ilmu lain yang menjadi penunjang utama dalam ilmu ini adalah matematika, statistika, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen, ilmu informasi, ilmu ekonomi, serta ilmu komunikasi dan kepustakaan. 

 

Pada intinya, data science adalah program studi yang mempersiapkan para lulusannya untuk menjadi tenaga ahli yang bisa menanganani data (baik terstruktur maupun tidak terstruktur), memecahkan berbagai masalah, dan membuat rekomendasi berdasarkan data.

 

Ilustrasi profesi ilmuwan data - Hotcourses Indonesia

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?

 

Mahasiswa jurusan ini umumnya akan mempelajari hal-hal seperti analisis data dan pemrograman komputer, serta pemodelan prediktif, statistik, kalkulus, dan ekonomi. Selain itu, mereka akan dididik untuk bisa menyajikan hasil temuan mereka dan memberikan rekomendasi dalam format yang mudah untuk dipahami.

 

Kurikulum jurusan ini juga dirancang untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai AI (artificial intelligence / kecerdasan buatan), pembelajaran mesin (machine learning), dan pemelajaran dalam (deep learning).

 

Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

 

Karena jurusan ini berhubungan dengan analisis data, maka para mahasiswanya sebaiknya memiliki kemampuan analisis dan berlogika yang baik, serta bisa memecahkan masalah secara mandiri. Mereka juga harus bisa bekerja dengan baik dalam tim, karena proses pengolahan data akan melibatkan banyak profesi lainKemampuan komunikasi akan sangat berguna di jurusan ini, karena seorang data scientist harus bisa menjelaskan hasil kerja mereka ke divisi-divisi non-teknis dalam bahasa yang mudah dimengerti.

 

Prospek Kerja

 

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan data science:

 

Prospek kerja lulusan jurusan data science - Hotcourses Indonesia

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas dan institusi mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

  1. University of Bristol, Inggris

  2. University of Aberdeen, Inggris

  3. University of Sydney, Australia

  4. Griffith University, Australia

  5. University College Dublin, Irlandia

  6. University College Cork, Irlandia

  7. The University of British Columbia, Kanada

  8. University of Toronto, Kanada

  9. University of Auckland, Selandia Baru

  10. University of Otago, Selandia Baru 

  11. Leiden University, Belanda

  12. Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong

  13. Heriot-Watt University, Malaysia

  14. Aalto University, Finlandia

  15. National University of Singapore, Singapura

 

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

Wikipedia.org

Edureka.co

Dice.com

Maryville.edu

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81.4K