Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PERKENALAN JURUSAN KONSERVASI SATWA LIAR

PERKENALAN JURUSAN KONSERVASI SATWA LIAR

Kemajuan peradaban manusia memang telah membawa banyak efek positif bagi umat manusia, namun sayangnya kita sering lupa bahwa kemajuan tersebut berdampak pada mahluk hidup lainnya di bumi ini, seperti satwa liar. Banyak satwa liar kini mulai menurun jumlah populasinya dan habitat alami mereka perlahan-lahan tergusur oleh pembangunan. Untungnya, banyak LSM kini mulai bekerja sama dengan berbagai pemerintahan di dunia untuk menangani masalah penting ini. Nah, kalau kamu peduli dengan keberlangsungan satwa liar dan ingin menjalani karir yang membantu menjaga keseimbangan alam, mungkin jurusan konservasi satwa liar patut kamu pertimbangkan.

 

Mau tahu info lengkap tentang jurusan ini? Silahkan baca penjelasan berikut yang disusun oleh tim Hotcourses Indonesia.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Jurusan Konservasi Satwa Liar?


Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mendidik serta mengasah keahlian mahasiswanya dalam bidang konservasi satwa liar. Bidang studi ini bertujuan mencari cara-cara terbaik untuk melestarikan satwa-satwa liar yang langka dan terancam punah. Selain itu, mahasiswa jurusan ini mempelajari dan mencari metode-metode terbaru untuk membantu satwa liar beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada alam. Mereka juga meneliti berbagai solusi yang bisa membantu mengurangi dampak perubahan iklim pada upaya konservasi satwa.

 

Selain melestarikan satwa liar, hasil kerja para lulusan jurusan ini akan berpengaruh pada pelestarian ekosistem serta budaya lokal. Bila populasi satwa liar terjaga dengan baik di habitat yang terawat, maka pemerintah setempat bisa membuka pintunya untuk turis dan para penduduk asli bisa mendapatkan penghasilan dengan menjalankan bentuk-bentuk usaha pariwisata yang berkelanjutan

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?

 

Kurikulum jurusan ini disusun berdasarkan 3 topik utama:

  1. Sistem ekologi di bumi dan populasi satwa di dalamnya;

  2. Beragam cara manusia menggunakan dan menghargai sumber daya alam;

  3. Penerapan teknik manajemen - yang mengikuti panduan ilmiah dan nilai-nilai yang ada di masyarakat - untuk menghadapi tantangan yang mengancam keberlanjutan ekosistem dunia kita.


Para mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah yang meliputi bidang ilmu pengetahuan alam dan ilmu sosial, serta dilatih dalam teknik-teknik analisis dan laboratorium. Mereka juga akan diajarkan cara menerapkan ilmu mereka untuk memecahkan permasalahan konservasi habitat, pengendalian penyakit secara biologis serta perlindungan tanaman dan satwa langka. Selain itu, pendidikan di jurusan ini dirancang untuk melatih keterampilan berkomunikasi, penanganan informasi, numerasi dan pemecahan masalah para mahasiswanya.

 

Fleksibilitas kurikulum jurusan ini memungkinkan mahasiswa untuk berspesialisasi di berbagai bidang, seperti pendidikan alam, advokasi pelestarian alam dan manajemen satwa liar.

 

Mahasiswa jurusan konservasi satwa liar sebaiknya memiliki kepedulian terhadap margasatwa


Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

 

Jurusan konservasi satwa liar cocok untuk para pelajar yang tertarik pada aspek biologi dalam ilmu lingkungan - seperti konservasi spesies, biologi satwa liar atau ekologi - dan menguasai cabang-cabang ilmu pengetahuan alam yang relevan dengan konservasi satwa. Selain peduli pada binatang, para mahasiswa jurusan ini juga sebaiknya lihai berinteraksi dengan berbagai jenis orang karena mereka harus bekerja dengan beragam instansi untuk menjalankan pekerjaan mereka.

 

Prospek Kerja

 

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan konservasi satwa liar:

 

Prospek kerja jurusan konservasi satwa liar

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas dan institusi mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

  1. University of Sydney, Australia

  2. Deakin University, Australia

  3. La Trobe University, Australia

  4. University of Reading, Inggris

  5. University of Kent, Inggris

  6. University of Delaware, Amerika Serikat

  7. University of Arizona, Amerika Serikat

  8. University of California Davis, Amerika Serikat

  9. University of Alberta, Kanada

  10. University of Guelph, Kanada

 

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Sumber:

Canr.msu.edu

Conserve-energy-future.com 

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

79.2K