Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

8 Hal yang perlu dipertimbangkan sewaktu memilih universitas

3163

Ada banyak sekali universitas yang bisa Anda pilih di Hotcourses. Anda mungkin bisa saja bingung untuk menetapkan pilihan, karena setiap universitas memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini kami menyertakan beberapa tips. Semoga bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan...

 

1. Persyaratan masuk

Lihatlah apakah Anda bisa memenuhi semua persyaratan masuk yang diminta oleh universitas. Persyaratan masuk tidak hanya selalu berkaitan dengan nilai akademis. Bisa juga tentang permintaan asuransi yang perlu Anda miliki (tergantung negara tempat kuliah Anda). Jika ternyata Anda tersangkut di nilai akademis, biasanya ada jalur alternatif, yaitu Anda bisa mendaftar ke program fondasi dahulu sebelum memulai program sarjana Anda.

 

2. Jenis Universitas

Ada universitas yang aktif dalam politik, atau memiliki reputasi yang bagus dalam olahraga, ada juga yang menyediakan fasilitas komunitas sosial yang sangat baik, misalnya memiliki banyak perkumpulan mahasiswa, klub dan lain-lain. Anda bisa memilih universitas mana yang lebih cocok dengan Anda.

 

3. Lokasi

Lokasi universitas dan sekitarnya juga penting untuk Anda pertimbangkan. Bagaimanakah dengan transportasi sekitar? Apakah banyak tempat makan? Apakah Anda akan nyaman tinggal disana? Atau apakah Anda memiliki rencana untuk menetap setelah lulus kuliah? Cocokkah lokasi tersebut dengan perkembangan karir Anda nantinya? Anda paling tidak akan menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 tahun selama kuliah, jadi pastikanlah Anda memilih lokasi yang nyaman untuk Anda tempati.

 

4. Nilai kepuasan mahasiswa

Biasanya di semester akhir, setiap mahasiswa akan diminta untuk menilai jurusan dan universitas mereka. Kemudian hasil survei ini akan diumumkan. Anda bisa menjadikan hasil ini sebagai gambaran tentang universitas tersebut.

 

5. Mata kuliah

Mata kuliah merupakan isi dari sebuah jurusan, bersangkutan dengan apa yang akan Anda pelajari semasa kuliah. Lihatlah penjelasan mengenai semua mata kuliah inti dan mata kuliah pilihan. Apakah Anda menyukainya? Apakah mereka bisa membantu Anda mendapatkan apa yang ingin Anda pelajari?

 

6. Prospek alumni

Carilah informasi mengenai prospek alumni dari universitas, termasuk berapa persen yang melanjutkan kuliah, berapa persen yang langsung terjun ke dunia kerja, dalam berapa lama setelah kuliah mereka menemukan pekerjaan dan bagaimanan dengan penghasilan mereka. Hal ini akan menunjukkan seberapa alumni universitas tersebut diterima di dunia kerja.

 

7. Biaya kuliah

Anda perlu menyesuaikan biaya kuliah dengan anggaran Anda. Setiap universitas tentu saja menetapkan tarif yang berbeda, tetapi tentu saja dengan penawaran yang berbeda-beda, misalnya ada universitas yang memiliki fasilitas lebih lengkap tetapi menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi. Pertimbangkanlah apakah tambahan extra tersebut penting bagi kelancaran kuliah Anda.

 

8. Akreditasi

Untuk beberapa jurusan yang bersifat lebih kejuruan (misalnya kedokteran, psikologi), ada baiknya Anda memilih program kuliah yang telah terakreditasi, karena ini akan memudahkan Anda untuk memasuki dunia kerja nantinya.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

143724

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

45262