Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Sejumlah Universitas Amerika Tidak lagi Mewajibkan SAT atau ACT

share image
504

University of Chicago menghapus SAT atau ACT dari daftar persyaratan masuk untuk pendaftaran semua program sarjana. Keputusan ini diumumkan di bulan Juni 2018 yang lalu.

 

Ratusan kolese lainnya juga melakukan hal yang sama sebelumnya. Akan tetapi University of Chicago adalah universitas penelitian ternama pertama yang melakukan hal ini. Keputusannya ini sangat menarik perhatian dunia pendidikan tinggi karena selama ini Chicago terkenal akan popularitasnya di kalangan mahsiswa berbakat.

 

 

 

Sewaktu pendaftaran September 2017, University of Chicago menerima 27,694 pendaftaran, dan hanya 2,419 pendaftar yang diterima. 50% pendaftar yang diterima mencapai skor SAT antara 1460 hingga 1550.

 

Beberapa pengamat ahli dalam bidang pendidikan tinggi berkomentar bahwa langkah University of Chicago ini mungkin akan diikuti oleh universitas-universitas ternama lainnya. 

 

Bukan hanya mempermudah persyaratan masuk untuk program S1, University of Chicago juga memperbanyak bantuan finansial untuk mahasiswa, terutama untuk mereka yang berasal dari keluarga dengan ekonomi yang membutuhkan bantuan. Berikut adalah sejumlah bantuan keuangan yang ditawarkan oleh University of Chicago:

 

  • Beasiswa biaya kuliah penuh untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan penghasilan kurang dari $125,000/tahun.
  • Beasiswa sebesar $20,000 hingga empat tahun, dan lowongan magang berbayar untuk semua mahasiswa generasi pertama.
  • Beasiswa baru khusus untuk veteran dan anak-anak dari petugas polisi, pemadam kebakaran dan veteran.

 

Selain itu, universitas mengenalkan program baru, yaitu ‘UChicago Empower’ dimana mereka meminta mahasiswa mengirimkan video sepanjang 2 menit untuk memperkenalkan diri, kemudian universitas akan mempertimbangkan untuk mengurangi biaya kuliah yang perlu dibayarkan.

 

“Saat ini banyak mahasiswa dari kalangan yang tidak mampu atau tidak terwakilkan menganggap bahwa universitas ternama di luar jangkauan mereka. Oleh karena itu, melalui UChicago Empower, kami berharap mereka dapat memanfaatkan teknologi dan sumber daya lain untuk mewakili diri mereka sendiri dan menciptakan peluang yang lebih baik untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi berkualitas” tutur James G. Nondorf, wakil presiden dan dekan pendaftaran di Chicago.

 

Alasan di balik banyak universitas tidak lagi mewajibkan SAT atau ACT sebagai persyaratan masuk adalah, menurut hasil penelitian terbaru, para mahasiswa kalangan mampu cenderung menunjukkan skor lebih tinggi daripada mahasiswa dari kalangan kurang mampu. Dan juga, mahasiswa kulit putih dan Asia juga menunjukkan prestasi yang lebih bagus dari pada mahasiswa berkulit gelap dan mahasiswa Latino. Dengan demikian, SAT atau ACT dianggap menurunkan keberagaman populasi mahasiswa.

 

 

 

Bagaimana dengan universitas elit lainnya? Akankah mereka mengikuti langkah University of Chicago?

 

Dilaporkan bahwa di bulan yang sama, Yale University juga menghapus SAT atau ACT Writing dari daftar persyaratan masuk mereka.  Tiga bulan setelah pengumuman tersebut, Harvard dan University of San Diego juga melakukan hal yang sama.

 

Princeton Review, yang mendata jumlah kolese yang mewajibkan writing test menyebutkan bahwa saat ini hanya tersisa 25 institusi yang berada dalam daftar, termasuk Columbia University dan Cornell University, Massachusetts Institute of Technology dan University of Pennsylvania.  

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

350501

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

183494