
Apa yang dimaksud dengan surat referensi dan mengapa menjadi bagian penting dalam proses pendaftaran kuliah di universitas luar negeri bagi mahasiswa internasional? Baca panduan Hotcourses ini untuk tips berguna yang akan memastikan kamu memiliki surat referensi yang meyakinkan.
Apa kegunaan dari surat referensi?
Bagian terintegrasi dari proses pendaftaran kuliah di luar negeri adalah surat referensi. Ini sangatlah berharga karena membantu komite penerimaan untuk memberikan opini tentang pendaftar terlepas dari catatan akademis mereka. Ditambah lagi ini ditulis oleh orang lain, bukan pendaftar sendiri. Surat ini juga dibutuhkan jika mahasiswa ingin mencari pekerjaan jadi ini adalah latihan yang baik untuk masa depan.
Sebagai permulaan, universitas berbeda memiliki persyaratan berbeda untuk surat rekomendasi. Beberapa diantara mereka hanya tertarik pada surat referensi tentang akademis, sebagian lain juga membutuhkan surat rekomendasi dari perusahaan sekarang atau sebelumnya. Hal ini menjadi umum dalam proses pendaftaran MBA.
Akan tetapi, terdapat pula universitas, seperti Stanford University, yang sering kali meminta referensi spesifik – rekomendasi dari rekan kamu atau seseorang yang bekerja bersama kamu di sebuah proyek terlepas dari karir akademis kamu misalnya tujuan suka rela. Kegunaan dari surat ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan kamu bekerja dan berinteraksi dalam sebuah tim, dan mengetahu lebih banyak tentang kamu sebagai individual (minat kamu, keahlian, ataupun bakat yang kamu miliki, dan sebagainya)
Apa yang membuat surat referensi sukses?
Hal terpenting adalah seseorang yang kamu minta untuk memberikan referensi, dikenal sebagai ‘referee’. Siapa yang akan menulis surat referensi untuk kamu bergantung sepenuhnya pada kamu, jadi pastikan kamu memilih dengan baik. Seseorang yang kamu pilih haruslah mengetahui kamu dengan baik, berinteraksi dengan dekat kamu belakangan ini, dan seseorang yang memiliki karakter yang dihormati. Lebih banyak wawasan yang dimiliki tentang kamu sebagai mahasiswa dan sebagai individu, akan lebih detail dan unik surat rekomendasi kamu.
Apa yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan referensi yang baik?
Bukanlah suatu kewajiban dari pemberi rekomendasi untuk membuat kamu diterima. Tapi apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan referensi yang baik untukmu? Lihat tips-tips di bawah ini:
-
Berbicara dengan pemberi rekomendasi kamu, jelaskan motivasi kamu untuk studi lebih lanjut. Jika kamu memiliki pilihan universitas atau kolese, berikan gambaran detaik kepada pemberi referensi kamu tentang pilihan kamu dan mengapa kamu merasa akan menjadi kandidat yang baik untuk universitas tersebut. Diskusikan pilihan kamu dan mintalah nasihat.
-
Pastikan kamu memberikan professor kamu daftar prestasi kamu, CV atau informasi lain yang kamu rasa penting. Dengan ini mereka dapat menyinggung poin yang kamu harap untuk disertakan dalam aplikasi/resume kamu.
-
Jika kamu tidak membutuhkan surat referensi, tetapi hanya sebuah referensi untuk dihubungi, kamu tetap dapat meminta ijin pemberi referensi kamu sebelumnya. Ini merupakan tindakan yang sopan ketimbang mereka dihubungi secara tiba-tiba dan mennayakan sesuatu tentang kamu.
Konselor penerimaan Amerika Serikat William Tran mengatakan ‘Semakin personal dan spesifik sebuah surat, semakin baik. Saya banyak membaca rekomendasi yang mengatakn hal yang umum seperti “teliti” atau “cerdas”. Ini tidaklah berarti bagi saya karena setiap mahasiswa (saya harap) cerdas, aktif bertanya di kelas, dan memiliki gairah belajar.’
Dia melanjutkan: ‘Tipe lain yang saya lihat hanyalah memberikan list tentang aktifitas extra kurikuler mahasiswa (kapten tim hockey, pendiri klub xyz). Ini seperti merekomendasikan Barrack Obama karena Dia adalah Presiden Amerika Serikat. Surat memerlukan detail, cerita personal dan karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh mahasiswa lain. Tidak hanya gelar semata. 90% surat yang saya baca generik dan mereka kehilangan kesempatan pastinya. Surat dengan kata-kata umum tidaklah membantu dikarenakan hampir semua mahasiswa memilikinya, seseorang dengan pribadi lemah sangatlah tidak diuntungkan.’
Terdapat pula kesalahan umum dari. Mereka cenderung meminta surat rekomendasi dari “orang terkenal” dengan harapan akan membuat impresi yang baik kepada komite penerimaan. Jay Bhatti pada artikel nya, An Inside Look at the Brutal Business School Admission Process berkomentar:
‘Kami mendapat rekomendasi dari senator, CEO, dan pemimpin dunia. Terkecuali jika pendaftar bekerja langsung kepada pemberi rekomendasi, surat referensi ini biasanya sangatlah samar dan tidak berguna. Akan lebih baik untuk mendapatkan rekomendasi dari seseorang yang memiliki hubungan langsung sebagai atasan kamu dan dapat menceritakan tentang prestasi kamu secara langsung.’
Bagaimana kamu dapat membantu pemberi referensi kamu
Kamu harus memastikan kamu memberikan waktu yang cukup untuk pemberi referensi kamu untuk menulis surat referensi; bagaimanapun juga, mereka membantu kamu, jadi akanlah menjadi tidak sopan bilan kamu mendesak mereka (terlebih lagi bila mereka memiliki jadwal yang padat).
Juga sertakan mereka amplop besar yang berisikan segala formulir yang diperlukan, dengan setiap formulir disertakan perangko, dengan alamat, amplop standar bisnis dan list dari universitas serta batas waktu. Setiap batas waktu formulir harus ditulis jelas. Ini menunjukkan jika kamu terorganisasi, yang diharapkan akan terefleksi dalam tulisan yang mereka buat untuk kamu.
Dan jika pemberi referensi tidak menulis surat referensi kamu?
Jika kamu khawatir pemberi referensi tidak mengirim apa yang diperlukan dan batas waktu sudah dekat, janganlah menganggu mereka atau mereka bisa jadi memutuskan mereka tidak akan melakukannya sama sekali. Kirim pesan singkat, email singkat atau datang ke kantor mereka sambil menanyakan apabila mereka memerlukan sesuatu – mereka hanya membutuhkan pengingat dan ini merupakan hal yang baik untuk hal tersebut.
Baca juga:
'Proses Pendaftaran ke Universitas Luar Negeri'
*Artikel ini diperbarui dan diedit oleh Sabilla Mazaya pada tanggal 30 Agustus 2023