Informasi penting
Australia: Prospek Karir

BEKERJA SETELAH STUDI DI AUSTRALIA

BEKERJA SETELAH STUDI DI AUSTRALIA

Studi sambil bekerja paruh waktu (part-time) selama kuliah di Australia sudah menjadi hal yang umum. Hal ini menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa, bukan hanya untuk mendapatkan tambahan uang saku, tetapi juga pengalaman yang dapat membentuk sikap dan perilaku yang benar sebagai profesional. Namun bagaimana peluang bekerja di Australia setelah selesai studi? Tinggal di Australia untuk memulai karir setelah studi adalah prospek yang terlalu bagus untuk dilewatkan. 


 

Apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah di Australia? Walaupun perubahan sistem visa terbaru membuat proses mendapatkan visa pasca kuliah menjadi lebih rumit, akan tetapi masih banyak pilihan untukmu untuk dapat tetap tinggal di Australia setelah selesai studi.

 

 


 

 

Pekerjaan di Australia Setelah studi

 

Australia adalah pusat peluang bagi lulusan baru di bidang ilmu komputer, TI, layanan Pendidikan, Ilmu Bumi, dll. Sesuai survei yang dilakukan terhadap siswa internasional yang lulus dari Universitas Australia, telah ditarik bahwa 71% -79% dari lulusan memiliki pekerjaan penuh waktu. Setelah menyelesaikan kursus VET, 70% pemegang diploma / sertifikat dipekerjakan di bidangnya masing-masing.

 

Rata-rata gelar sarjana dapat menghasilkan antara $ 30,180 - $ 75.880. Gaji rata-rata adalah perkiraan, dapat bervariasi sesuai bidang operasi dan profil pekerjaan.


 

Industri Teratas yang Merekrut Siswa Internasional di Australia

 

Pekerjaan untuk siswa internasional di Australia sebagian besar tercakup dalam bidang berikut:

 

Pendidikan dan Pelatihan

Keuangan dan Asuransi

Perawatan Kesehatan dan Bantuan Sosial

Jasa Ilmiah dan Teknis Profesional

Media dan Telekomunikasi

 


 

Visa

 

Tanpa visa, impian diatas tidak akan terlaksana. Ada juga amandemen yang dibuat untuk visa sementara pasca-studi pascasarjana. Mulai November 2019, siswa yang telah belajar dan lulus di institusi regional, serta mereka yang telah bekerja secara regional selama visa pasca-studi pertama mereka, akan memiliki satu tahun tambahan untuk tinggal dan bekerja di Australia. Ini berarti bahwa mereka yang memiliki gelar sarjana akan diperpanjang masa tinggalnya menjadi tiga tahun, sedangkan lulusan PhD akan diizinkan untuk tinggal selama lima tahun. 

 

Penting untuk diperhatikan bahwa perpanjangan visa bergantung pada tinggal di wilayah regional negara untuk bekerja dan tinggal. Ini perlu setidaknya dua tahun setelah lulus. Wilayah regional didefinisikan sebagai mana saja di negara yang tidak dipandang sebagai lokasi metropolitan utama. Ini membuat Sydney, Melbourne, Brisbane, Gold Coast dan Perth dikecualikan.

 

 

 

 

Visa baru tersedia mulai November 2019 dan pemegang visa saat ini tidak perlu khawatir, karena status mereka tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut. Ini juga berlaku untuk penduduk tetap dan mereka yang memiliki visa permanen. Mereka yang memiliki visa pascasarjana sementara dapat mengajukan aplikasi untuk program baru jika persyaratannya terpenuhi. Kelompok lulusan pertama yang dapat memanfaatkan visa baru adalah lulusan angkatan 2021. Namun, program baru ini tidak secara mendasar mengubah peraturan yang berlaku terkait dengan visa pelajar dan persyaratan untuk proses aplikasi. Namun, mereka memang merupakan kesempatan yang baik untuk mengeksplorasi hidup dan bekerja di Australia setelah lulus.


 

Pilihan Visa

 

Di bawah ini adalah beberapa visa paling populer untuk siswa internasional yang beralih ke dunia kerja Australia.

 

485 Lulusan Terampil

 

Visa kerja yang paling umum untuk mantan pelajar internasional di Australia adalah visa 485 Skilled Graduate. Visa sementara ini berlaku minimal 18 bulan ke atas selama 4 tahun, dan terbuka untuk siapa saja yang telah menyelesaikan minimal 2 tahun studi di Australia.

 

Visa Kerja Pasca-Studi ini berlaku untuk pekerjaan penuh waktu bagi mantan siswa.

 

Sponsor Perusahaan

 

Visa ini bergantung pada bisnis Australia yang beroperasi secara sah atau bisnis luar negeri (dengan entitas Australia). Sebuah perusahaan yang mencari rangkaian keterampilan tertentu dapat mensponsori seseorang untuk bekerja untuk mereka. Disarankan untuk mulai mencari perusahaan yang bersedia mensponsori Anda setidaknya 3-6 bulan sebelumnya, karena dokumennya bisa sangat menakutkan dan sulit untuk diproses.

 

Visa Liburan Kerja - Subclass 417 atau 462

 

Visa ini biasanya lebih populer di kalangan backpacker daripada kelompok pasca sarjana; namun, ini tetap menjadi pilihan yang perlu diingat jika Anda mencari pekerjaan setelah lulus di Australia.

 

Pilihan pertama adalah subclass 417 visa liburan kerja. Jika Anda adalah warga negara Belgia, Kanada, Republik Siprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Republik Irlandia, Italia, Jepang, Republik Korea, Malta, Belanda, Norwegia, Swedia, Taiwan atau Inggris Raya dan dalam rentang usia 18-30 tahun Anda berhak mendapatkan visa ini. Ini mengizinkan individu untuk bekerja hingga 12 bulan di Australia, dengan tambahan bahwa Anda hanya dapat bekerja di sebuah perusahaan untuk maksimal 6 bulan.

 

Untuk warga negara Chili, Indonesia, Iran, Malaysia, Thailand, Turki, atau Amerika Serikat, Anda dapat mengajukan visa subclass 462. Baik subclass 417 dan 462 tidak membatasi jumlah masuk dan keluar yang Anda miliki, jadi silahkan berlibur di Selandia Baru atau kunjungi keluarga Anda untuk ulang tahun Anda!

 

Penting untuk diperhatikan bahwa kamu harus mengajukan visa ini dari luar Australia, bukan dari dalam, jadi jika ini adalah rencanamu, pastikan untuk mempertimbangkan kunjungan ke tempat lain untuk mengurus visa.

 

 

 

Baca juga:

MENGAPA MEMILIH KULIAH DI AUSTRALIA - 4 ALASAN

Prospek Pasca-Studi Di Inggris, Kanada, Australia dan AS

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD