Informasi penting
Australia: Info Negara Tujuan

PANDUAN KULIAH DI ADELAIDE

PANDUAN KULIAH DI ADELAIDE

Adelaide adalah sebuah kota pesisir kosmopolitan yang ramah dan merupakan ibu kota Australia Selatan. Meskipun Sydney dan Melbourne adalah kota Australia yang terkenal dan diminati, Adelaide memenuhi reputasinya sebagai salah satu dari sepuluh kota paling layak huni di dunia. Dengan populasi 1,3 juta, Adelaide terkenal akan gaya hidup santai, festival, terjangkau, kota pendidikan, dan keindahan pemandangannya, Adelaide adalah tujuan belajar yang sempurna untuk pengalaman Australia yang otentik.

 

 

 

Di mana kamu bisa belajar di Adelaide?

 

Australia adalah tujuan studi terpopuler ketiga di dunia bagi siswa internasional dan memiliki delapan dari 100 institusi terbaik dunia. Lebih dari 399.000 siswa internasional terdaftar di lembaga pendidikan tinggi di seluruh Australia pada tahun 2018.

 

 

Siswa berkontribusi sebesar 22% dari total populasi di Adelaide menurut Survei Profil Pengguna Kota. Lebih khusus lagi, Adelaide menarik 32.000 siswa internasional setiap tahun ke lima universitas utamanya:

 

Universitas Flinders

Universitas Adelaide

Universitas South Australia

Universitas Torrens

Universitas Carnegie Mellon

 

 

Meskipun sebagian besar institusi yang berbasis di Adelaide berlokasi di pusat kota, setiap universitas memiliki kampus, yang menciptakan nuansa komunitas mahasiswa. Misalnya, Universitas Flinders hanya berjarak 15 menit berkendara dari CBD (kawasan pusat bisnis) dan 30 menit bersepeda ke Pantai Brighton.

 

 

 

Mengapa memilih Adelaide untuk studi Anda?

 

Warganya

 

Kamu bisa merasakan menjadi bagian dari warga yang ramah di Adelaide dengan perpaduan budaya yang majemuk. W utama di Adelaide termasuk Inggris, Australia, Skotlandia, dan Jerman dengan lima bahasa teratas yang digunakan adalah Inggris, Italia, Yunani, Mandarin, Vietnam, dan Kanton. Komunitas aborigin Adelaide, yang dikenal sebagai orang Kaurna, merupakan 1,9% dari populasi.

 

 

 

Cuaca

 

Orang Adelaide menikmati sinar matahari sekitar 2.500 jam setahun dengan iklim Mediterania. Suhu berkisar dari 29 derajat di musim panas hingga 15 derajat di musim dingin. Meskipun hujan diperkirakan akan turun selama bulan-bulan yang dingin, Adelaide adalah ibu kota terkering di seluruh Australia. Disarankan agar kamu mengemas pakaian musim panas yang ringan dan lapisan yang lebih hangat untuk mempersiapkan berbagai musim.

 

 

 

 

Hal-hal yang dapat dilakukan di Adelaide

 

Seni dan Budaya

 

Adelaide dikena memiliki festival yang semarak, seni jalanan, taman yang asri, dan pantai yang menakjubkan. Menurut Mahoshadi De Silva, mahasiswa Bisnis Internasional di Flinders University: “Ada sesuatu untuk semua orang di sini - pantai yang indah, jalur trekking dan hiking, pertunjukan jalanan, festival, kedai kopi yang lucu, dan kehidupan malam yang semarak pasti tidak pernah mengecewakan saya.”

 

Seni dan budaya memainkan peran penting dalam identitas kota dan kegiatan sosial. Adelaide adalah rumah bagi pusat budaya terkenal di dunia seperti Galeri Seni Australia Selatan dan Museum Australia Selatan. Meski santai dan berjalan lambat, kota ini menjadi hidup pada bulan Februari-Juli untuk perayaan ini.

 

Fringe Festival yang diakui secara global menyelenggarakan pertunjukan kabaret, drama, dan komedi untuk beberapa nama. Festival populer lainnya termasuk OzAsia, seni, teater, dan tari Asia. Demikian pula, Festival Adelaide menarik banyak penonton dari seluruh dunia.

 

 

 

Pasar

 

Kegiatan lain yang menjadi agenda utama setiap turis adalah mengunjungi pasar dalam kota. Sebagai salah satu pasar terbesar di belahan bumi selatan, Pasar Pusat Adelaide adalah daya tarik utama bagi penduduk setempat dan wisatawan. Kios-kios menawarkan produk segar, kue, makanan laut, kerajinan tangan, dan acara sosial sepanjang tahun.

 

 

 

Pemandangan alam

 

Terletak di area pedesaan Australia dibandingkan dengan Sydney dan Melbourne, Adelaide memiliki banyak keindahan alam baik di dalam maupun di luar kota. Beberapa jalur paling mudah diakses dengan mobil.

 

 

Pantai Glenelg

 

Baik Anda lebih suka hiking atau berjalan-jalan, Adelaide dikelilingi oleh pemandangan yang mengagumkan. Pantai Glenelg adalah tempat berpasir yang populer hanya dengan perjalanan trem singkat dari kota. Tidak seperti banyak pantai di Australia yang cenderung ramai, pantai Glenelg jarang penuh sesak.

 

Kami berbicara dengan Sai Manoj, seorang siswa Master Bisnis Internasional dari India yang belajar di Universitas Flinders. Dia berkata: “Adelaide adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan mengalami Australia dalam arti yang sebenarnya. Jika Anda pencinta alam, Anda akan menyukai pantai dan perbukitan yang indah. ”

 

 

Kebun Raya Adelaide

 

Adelaide Botanic Garden adalah atraksi yang populer, berlokasi ideal di jantung kota dengan tanaman eksotis yang mengesankan. Memiliki arsitektur yang membuat suasana ketenangan.

 

 

 

Taman Konservasi Morialta

 

Yang membuat Adelaide begitu unik adalah lokasinya yang berdekatan dengan keajaiban alam seperti air terjun dan satwa liar Australia. Satu jalur populer melintasi Taman Konservasi Morialta, dengan tiga air terjun paling berkesan selama musim dingin dan musim semi. Jalan kaki ini memakan waktu sekitar 45 menit dan dianggap relatif mudah.

 

Gunung Lofty

 

Untuk melihat pemandangan spektakuler Adelaide, semak Australia, dan garis pantai, berjalanlah melalui Taman Konservasi Cleland ke pegunungan Mount Lofty. Begitu sampai di puncak Mount Lofty, kamu bisa berjalan kaki ke Waterfall Gully dan beberapa jalur alam lainnya. Hanya dalam 20 menit Anda dapat diangkut dari lanskap perkotaan pusat kota Adelaide ke pedalaman Australia yang eksotis.

 

 

 

Terjangkau

 

Meskipun Australia adalah negara yang mahal, Adelaide adalah kota paling terjangkau ketiga di Australia untuk pelajar menurut QS Top Universities. Biaya sewa di Adelaide juga lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Australia. Sewa rata-rata di Adelaide adalah AUD 375 dibandingkan dengan rata-rata nasional Australia sebesar AUD 462.

 

 

 

Sistem transportasi

 

Sering digambarkan sebagai kota yang padat namun luas, banyak atraksi Adelaide berada saling berdekatan dan mudah diakses. Transportasi, yang dikenal sebagai Adelaide Metro, meliputi bus, kereta api, dan trem yang beroperasi secara teratur di seluruh kota.

Opsi yang paling hemat biaya adalah membeli MetroCard karena ini akan menghemat uang dalam jangka panjang. Atau manfaatkan rute trem dan bus gratis yang berangkat setiap sepuluh menit dari pusat kota. Karena Adelaide dikelilingi oleh ruang hijau, bersepeda adalah cara yang menyenangkan dan gratis untuk menjelajahi kota menggunakan jalur khusus sepeda.

 

 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD