Informasi penting
Australia: Visa

PILIHAN VISA KERJA SETELAH LULUS KULIAH DI AUSTRALIA

share image
1109

Mau tetap tinggal di Australia setelah lulus kuliah? Ini adalah pilihan terbaik visa pasca kuliah.

 

Banyak yang mungkin bertanya apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah di Australia? Walaupun perubahan sistem visa terbaru membuat proses mendapatkan visa pasca kuliah menjadi lebih rumit, akan tetapi masih terdapat pilihan bagi mahasiswa internasional untuk dapat tetap tinggal di Australia setelah kelulusan.

 

Jangan khawatir kami akan membantu kamu mencari pilihan visa terbaik!

 

 

Australian Study Requirement (ASR)

 

Disarankan untuk mempertimbangkan Australian Study Requirement sebelum memilih program kuliah, karena program yang kamu pilih dapat membuka sejumlah kesempatan untuk kehidupan setelah kelulusan dan mendapatkan status Permanent Resident di Australia.

 

Untuk memenuhi Australian Study Requirement, kamu harus:

  • Menyelesaikan program sarjana, diploma atau kualifikasi lain yang disetujui untuk mahasiswa internasional melalui institusi terdaftar CRICOS.
  • Menyelesaikan setidaknya 92 minggu untuk memenuhi persyaratan dua tahun akademik dan durasi minimal program terdaftar CRICOS yang diambil adalah 16 bulan.
  • Menyelesaikan program dalam bahasa Inggris dan memenuhi persyaratan Subclass 500 Student Visa.

 

Salah satu jalur paling umum mendapatkan visa pasca kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi persyaratan adalah Subclass 485 Temporary Graduate Visa.

 

 

 

 

Temporary Graduate Visa (Subclass 485)

 

Persyaratan umum untuk mendapatkan Subclass 485 Temporary Graduate Visa adalah sebagai berikut:

  • Usia dibawah 50 tahun dan memiliki Subclass 500 Student Visa sewaktu mendaftar.
  • Memenuhi Persyaratan Kuliah di Australia.
  • Memenuhi Persyaratan Bahasa Inggris (Paspor yang masih berlaku atau nilai keseluruhan IELTS 6 dengan tidak ada komponen tes dibawah 5).
  • Memenuhi persyaratan Kesehatan dan Karakter, dan memiliki asuransi kesehatan di Australia.

 

Setelah memenuhi persyaratan umum, kamu perlu mengetahui jalur visa yang paling cocok dengan kondisi yang kamu miliki. Ada dua jalur visa yang dapat dipilih:

 

 

Graduate Work Stream

 

Untuk mengambil jalur ini, kamu harus menunjukkan keahlian dan kualifikasi yang relevan dalam pekerjaan sesuai Medium and Long Term Strategic Skills List (MLTSSL). Kualifikasi kamu harus berhubungan erat dengan pekerjaan yang tertera di dalam daftar, dan kamu harus dapat menunjukkan jika telah mendaftar atau telah menerima penilaian keahlian dari lembaga yang relevan. Kamu dapat tetap tinggal di Australia untuk bekerja, bepergian atau melanjutkan program studi lebih lanjut selama 18 bulan setelah kelulusan program sarjana kamu.

 

 

Post Study Work Stream

 

Jika kamu telah mendaftar atau mendapatkan visa pelajar pada 5 November 2011 atau setelah itu, kamu berhak untuk mendaftar Post Study Work Stream. Untuk mendaftar melalui jalur ini, kamu setidaknya harus memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi. Visa ini berlaku untuk dua sampai empat tahun, bergantung pada kualifikasi tertinggi yang kamu miliki. Sebagai contoh:

  • Bachelor Degree, Bachelor Degree with Honours, Master by Coursework Degree atau Master (extended) Degree – Visa berlaku untuk dua tahun.
  • Master by Research Degree – Visa berlaku untuk tiga tahun.
  • Doctoral Degree – Visa berlaku untuk empat tahun.

 

Mahasiswa yang berhak untuk mendapatkan Post Study Work Stream ini harus menggunakan kesempatan ini selagi masih tersedia. Mendapatkan pengalaman kerja dua tahun dalam bidang yang relevan adalah persyaratan untuk Subclass 482 TSS Visa yang baru-baru ini menggantikan program visa 457 Australia. TSS adalah langkah selanjutnya yang dapat membuka kemungkinan untuk mendapatkan permanent resident di masa depan.

 

 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image