Informasi penting
Kanada: Before you leave

PANDUAN PEMULA UNTUK BELAJAR DI KANADA

share image
134

Dari bermain hoki es di danau beku, hingga program mentoring yang sangat sukses bagi siswa internasional, belajar di Kanada akan mencentang semua kotak. Apakah kamu menggunakan negara sebagai batu loncatan untuk memajukan karir kamu, atau kamu hanya bersemangat untuk menjelajahi pedesaan yang indah, tidak ada keraguan bahwa Kanada adalah tempat yang brilian untuk perjalanan studi ke luar negeri. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang belajar di negara yang merupakan rumah bagi bendungan terpanjang di dunia dan sejumlah danau terbesar di planet ini, kamu t datang ke tempat yang tepat.

 

Gunakan tautan berguna kami untuk sampai ke bagian yang paling menarik bagi kamu:

 

 

 

Akankah belajar di Kanada membantu meningkatkan karier saya?

 

Ada beberapa negara yang mempersiapkan siswa mereka untuk kehidupan kerja yang lebih baik daripada Kanada. Universitas menyediakan program studi kerja kelas satu untuk siswa yang memenuhi syarat, yang memberi mereka pengalaman kerja yang tak ternilai, dan beberapa bahkan memberikan pengalaman belajar dwibahasa, mempertahankan lulusan sebagai pengganti yang baik untuk pekerjaan di seluruh dunia.

 

Tidak berhenti sampai di situ! Seperti Natalie Morris, Manajer Sukses Orientasi, Integrasi, dan Dukungan Akademik di Universitas Ottawa, menjelaskan, "Hal yang paling positif bagi siswa tentang Kanada adalah kualitas pendidikan yang tinggi yang mereka dapatkan di sini."

 

Dengan 13 universitas dalam 300 peringkat teratas dari peringkat universitas dunia QS, universitas Kanada diakui dengan baik di seluruh dunia. Dan dengan standar nasional untuk memenuhi semua universitas di negara ini, tidak ada yang bisa ketinggalan.

 

Untuk saran lebih lanjut tentang mencari karir lulusan di Kanada, lihat artikel kami.

 

 

Bilingual atau dua bahasa:

 

"Beberapa universitas di Kanada - seperti University of Ottawa - adalah dwibahasa." Kata Natalie, "kamu bisa datang ke sini dan belajar bahasa Inggris dan kemudian Prancis sebagai bahasa kedua, misalnya. Itu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengetahuan dalam bahasa itu. ”

 

Menariknya, Kanada sebagai negara adalah bilingual, artinya dokumen yang digunakan dalam pemerintahan diproduksi dalam bahasa Prancis dan Inggris (lihat di bawah). Jadi, bahkan jika kamu belajar di universitas berbahasa Inggris, kamu akan menemukan bahwa kamu akan menghadapi bahasa Prancis di titik-titik ketika kamu berada di luar sana.

 

Memiliki pengetahuan yang baik tentang bahasa kedua dapat membedakan kamu dari pelamar lain saat mengejar pekerjaan, sehingga kamu  memiliki bukti memanfaatkan bahasa Prancis kamu saat di universitas dapat sangat berguna.   Universitas Ottawa, misalnya, secara aktif mendorong siswa mereka untuk mengembangkan bahasa Prancis mereka, dan bahkan memiliki pusat bilingualisme di mana siswa dapat pergi untuk berlatih bahasa lain. Di sana, kamu dapat dipasangkan dengan siswa lain dan melakukan setengah jam berbicara satu bahasa, dan setengah jam berbicara bahasa lain.  

 

 

Program kerjasama:  

Dapat diperdebatkan, cara paling berguna yang universitas-universitas Kanada persiapkan untuk kehidupan kerja kamu adalah dengan program-program kerjasama yang ditawarkan universitas-universitas mereka. Program co-op menawarkan kamu kesempatan untuk merasakan kehidupan kerja yang sesungguhnya, saat kamu bergantian antara bekerja dan belajar sepanjang waktu di institusi. kamu biasanya akan memiliki satu semester belajar diikuti oleh satu semester kerja, dan sebagainya.  

 

Kamu hanya berhak mengikuti program-program ini setelah tahun kedua studi kamu, dan itu bisa berarti kamu menyelesaikan gelar kamu lebih lambat dari yang lain, karena kamu masih harus menyelesaikan semua modul yang diperlukan. Tetapi, setelah menyelesaikan 4 persyaratan kerja masing-masing sekitar 3-4 bulan, kamu akan memiliki pengalaman kerja setidaknya satu tahun pada saat kamu lulus. Kamu akan menjadi impian majikan, lulusan baru dengan pengalaman profesional di bidang studi mereka adalah sesuatu yang unik.  

 

 

Natalie mengatakan bahwa dia menyukai skema koperasi, “Saya pribadi mempekerjakan mahasiswa koperasi yang sangat hebat, karena kami dapat membantu memperbaiki hal-hal kecil yang mereka lakukan sebelum mereka pergi ke pasar kerja, jadi itu benar-benar tempat bagi mereka untuk belajar bagaimana berada di lingkungan kerja. Ini adalah penempatan kerja yang dibayar sehingga para siswa dapat memperoleh penghasilan antara $ 4.000 - $ 6.000 per semester yang juga bagus untuk mereka. ”  

Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang biaya hidup siswa di Kanada.

 

 

Program studi kerja dan sukarela:

 

Ada juga program studi kerja di universitas-universitas Kanada, di mana kamu dapat meminta bantuan lembaga kamu dalam mencari pekerjaan sambil belajar. Ini biasanya mencakup upaya oleh universitas untuk menciptakan posisi kerja di kampus, untuk membuat lulusan mereka dapat dipasarkan sebaik mungkin bagi pengusaha.

 

Ada tekad nyata di antara universitas-universitas Kanada untuk membuat lulusan mereka siap untuk pemberi kerja, dan Natalie berpikir bahwa itu bisa sangat berguna bagi siswa internasional yang datang ke negara itu.

 

“Semua hal pengalaman kerja sangat menarik bagi siswa internasional karena mereka sering datang ke sini dengan pengalaman kerja yang terbatas, sedangkan banyak siswa Kanada telah bekerja sejak mereka berusia 16 tahun.” Dia berkata, “Relawan, program Studi Kerja atau Program Co-Op adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman kerja, dan itu juga dapat membantu mendapatkan pekerjaan setelah universitas, juga! ”

 

Seperti apa akomodasi siswa di Kanada?

Di Kanada, seperti banyak negara lain, ada berbagai pilihan untuk dipilih dalam hal akomodasi. Di tahun pertama kamu, normalnya adalah masuk ke asrama universitas. Setelah itu, kamu biasanya akan pergi ke apartemen bersama teman-teman atau akomodasi pribadi lainnya.

 

Ada banyak upaya dari universitas untuk membuat siswa internasional merasa nyaman dan terintegrasi, jadi kamu akan merasa betah dalam waktu singkat di tahun pertama kamu!

 

 

Pilihan berbeda:

 

Ada tiga jenis perumahan yang bisa kamu pilih.

 

Ada gaya tradisional, yang mirip dengan apa yang mungkin kamu lihat di acara TV dan film Amerika. Ini adalah kamar yang digunakan bersama oleh dua siswa, dengan dua tempat tidur dan dua meja untuk kamu belajar. Di kediaman ini, kamu akan berbagi dapur, kamar mandi, dan ruang tamu dengan teman sekamar kamu, dan orang lain di lantai kamu.

 

Ada juga hunian gaya suite, yang sedikit lebih sulit didapat daripada gaya tradisional. Dalam hal ini, kamu  dan teman sekamar kamu akan memiliki kamar sendiri dan kemudian berbagi kamar mandi. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa bertemu orang-orang yang tinggal selantai dengan kamu. Biasanya akan ada area umum untuk seluruh lantai, yang akan mencakup ruang tamu berukuran layak dan dapur.

 

 

Pilihan ketiga yang tersedia bagi kamu tersedia untuk siswa tahun pertama, tetapi biasanya hanya sesuatu yang akan kamu ambil pada tahun kedua dan seterusnya. Setelah kamu benar-benar menetap di universitas, kamu biasanya akan memutuskan untuk mengumpulkan kru teman hidup dan tinggal di apartemen bersama. Ini dapat memiliki banyak kamar, kamar mandi bersama, dapur bersama, dan ruang tamu.

 

Fasilitas:

Tinggal di kediaman universitas Kanada memiliki banyak fasilitas, dan terserah kepada kamu untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

 

Kamu akan didukung dengan sangat baik, dengan penasihat komunitas / pekerja tempat tinggal di setiap lantai, yang dapat membantu dengan apa pun dari memberi tahu kamu di mana perpustakaan berada, sampai memberi tahu kamu tempat terbaik untuk pergi keluar malam. Mereka benar-benar ada untuk setiap pertanyaan tentang kehidupan universitas yang kamu miliki, jadi jangan takut untuk berbicara dengan mereka. Ada juga dewan kesehatan mental yang tersedia di banyak tempat tinggal siswa juga, yang berarti bahwa jika tekanan universitas terlalu banyak untuk kamu, mungkin ada profesional terlatih di sana untuk kamu ajak bicara.

 

Apakah kamu suka diri kamu sebagai koki top, atau kamu berjuang untuk menggoreng telur, ada pilihan makanan yang dapat disesuaikan dengan kamu juga. Ketika berada di kediaman universitas, kamu biasanya dapat memilih untuk memasak semua makanan untuk kamu, atau untuk memiliki akomodasi mandiri - di mana kamu dapat menyiapkan makanan favorit kamu dalam kenyamanan dapur kamu sendiri! Jika kamu memutuskan untuk menyiapkan makanan untuk kamu, harus ada kafetaria di kampus, yang sering buka 24/7, menyajikan sarapan, makan siang, dan makan malam untuk membuat kamu tetap maju.

Klik di sini untuk perincian lebih lanjut tentang akomodasi siswa di Kanada.

 

 

Layanan dukungan apa yang ada untuk siswa internasional di universitas Kanada?

 

Layanan dukungan untuk siswa internasional adalah sesuatu yang tidak kurang dari Kanada. Dengan segala sesuatu mulai dari skema pendampingan yang sangat sukses, hingga klinik perjalanan, universitas Kanada melakukan yang terbaik untuk mengakomodasi siswa internasional.

 

Seperti yang dikatakan Natalie, “Universitas Kanada pasti memiliki banyak layanan dukungan. Siswa internasional akan memiliki akses ke semua layanan yang tersedia untuk siswa Kanada sehingga mencakup layanan olahraga, layanan makanan, perumahan. Kami juga memiliki SASS (Layanan Keberhasilan Akademik Mahasiswa) yang meliputi pendampingan, lokakarya, pembinaan / konseling untuk kesehatan dan kesejahteraan mental, dan layanan akses bagi para siswa yang membutuhkan akomodasi, seperti mereka yang menderita disleksia atau gangguan penglihatan / pendengaran. "

 

Di universitas Kanada, jelas bahwa apa pun yang kamu butuhkan, kamu akan menemukannya.

 

Mentorship:  

 

Ketika kamu melakukan perjalanan studi ke luar negeri, sangat meyakinkan untuk memiliki wajah yang akrab yang dapat kamu kunjungi kapan pun kamu membutuhkan bantuan. Ini adalah salah satu alasan mengapa begitu banyak universitas Kanada memiliki skema pendampingan, dan mengapa sangat sukses bagi siswa internasional.  

 

Di banyak universitas, segera setelah kamu diterima di program studi yang kamu pilih, kamu akan dicocokkan dengan seorang mentor internasional. Dari sana, kamu akan menerima email dari mentor kamu di mana mereka akan memperkenalkan diri dan menjelaskan bagaimana mereka dapat membantu kamu.  

 

Natalie mengatakan ini adalah skema yang hebat, dan itu dapat benar-benar membantu siswa internasional beradaptasi dengan negara baru, “kami biasanya menemukan itu karena siswa internasional menghubungi siswa internasional lain, mereka sering berbicara dalam bahasa yang sama dan mereka membuat koneksi dengan sangat cepat” , dia berkata. “Ketika mereka [siswa internasional] tiba di sini, mereka semua biasanya mengatakan 'di mana mentor saya? Saya ingin bertemu dengan mereka, saya ingin berterima kasih kepada mereka '”.  

 

Sepanjang pengalaman universitas kamu, kamu dapat menghubungi mentor kamu kapan saja. Mereka akan menjadi orang yang hebat untuk diajak bicara, karena - sebagai mahasiswa internasional sendiri - mereka akan melalui situasi yang sama dengan kamu, dan mereka akan tahu ke mana harus mengarahkan kamu untuk bantuan dari orang lain di sekitar universitas.  

 

 

Rindu rumah:  

 

Alasan lain mengapa skema mentor bekerja dengan sangat baik di Kanada adalah bahwa mentor kamu adalah tempat panggilan pertama kamu untuk setiap masalah dengan Rindu rumah.  

 

Biasanya, mentor kamu berasal dari negara atau wilayah yang sama dengan kamu. Ini berarti bahwa melakukan sesuatu dengan mereka yang mengingatkan kamu akan rumah setiap saat mungkin merupakan semua yang kamu butuhkan untuk membuat kamu bahagia.  

 

Jika lebih dari itu, universitas harus memiliki protokol agar mentor kamu dapat membimbing kamu. Natalie menjelaskan proses Universitas Ottawa, “jika siswa berada pada titik di mana mereka merasa tidak dapat belajar atau kerinduan mencapai titik kritis, kita dapat merujuk mereka ke pelatihan dan konseling, di mana mereka dapat bertemu dengan seseorang yang terlatih secara profesional untuk menghadapi situasi ini dan kami menemukan bahwa biasanya sangat membantu bagi mereka. "

 

Layanan lainnya:

 

Segera setelah kamu turun dari pesawat, beberapa universitas menyediakan kios di bandara tempat kamu bisa mendapatkan saran dari sukarelawan mahasiswa, mendapatkan peta kampus, dan bahkan tiket bus jika kamu beruntung!

 

Setelah kamu tiba, akan ada layanan kehidupan komunitas yang mengatur berbagai kegiatan sepanjang tahun yang dapat kamu ikuti.

 

Biasanya akan ada semacam Pusat Karier, di mana kamu dapat mensimulasikan wawancara untuk pekerjaan, mendapatkan bantuan dengan pencarian pekerjaan kamu atau mendapatkan nasihat tentang CV kamu dan surat pengantar. Mungkin ada kantor sukarela, di mana kamu dapat menemukan skema untuk membantu dengan sekitar komunitas lokal.

 

Sebagian besar universitas di Kanada juga memiliki layanan polisi kampus, dokter gigi, apotek dan dokter yang dapat membantu dengan segala hal mulai dari masalah kesehatan mental hingga penyalahgunaan obat.

 

Ada juga yang oleh Universitas Ottawa disebut 'program teman', yang merupakan cara yang lebih informal untuk memperkenalkan siswa internasional kepada siswa di rumah. Natalie menjelaskan, “program buddy sedikit berbeda, ini sangat menarik. Kami mencocokkan siswa domestik dengan siswa internasional dan jauh lebih informal, lebih untuk hal-hal sosial, lebih ramah ... Ini benar-benar pertukaran budaya dan itu adalah sesuatu yang menurut banyak siswa sangat membantu. "

 

Ingin membaca tentang lebih banyak alasan mengapa kamu harus belajar di Kanada, lihat halaman ini.

 

Apa yang dapat saya lakukan di luar gelar saya di Kanada?

 

Kamu tidak akan menemukan banyak tempat yang lebih menarik untuk dijelajahi dalam petualangan belajar di luar negeri daripada Kanada.

 

Dengan 46 taman nasional, Kanada terkenal dengan tracks dan rute berjalannya. Tapi berjalan bukan satu-satunya hal yang dikenal taman-taman itu. Faktanya, kamu bisa melakukan apa saja mulai dari melintasi danau biru laut yang memesona hingga meluncur turun sejauh 15.000 kaki.

 

 

Seringkali, tim Layanan Mahasiswa Internasional akan menawarkan kegiatan untuk kamu lakukan dengan teman-teman kamu juga. Itu adalah kasus di University of Ottawa, seperti yang dikatakan Natalie, “kantor kami sebenarnya menyelenggarakan beberapa kegiatan budaya yang berbeda untuk siswa internasional setiap beberapa minggu selama masa jabatan. Berada di ibu kota Kanada, kami memiliki banyak akses ke banyak museum, dan banyak sejarah jadi kami pergi ke Parlemen, kami pergi ke Rideau Hall yang merupakan kediaman gubernur jenderal, kami memiliki museum peradaban, museum alam, museum ilmu pengetahuan. "

 

Kamu harus menyadari musim juga, karena Kanada memiliki iklim yang beragam. Misalnya, Kanal Rideau di Ottawa membeku setiap musim dingin, memungkinkan lebih banyak ruang untuk olahraga favorit Kanada, hoki es di dalam batas-batas Universitas.

 

Kamu juga perlu memeriksa permainan hoki es, karena ini adalah hal yang cukup menarik di sana!

 

Pertandingan hoki es adalah salah satu dari lima hal utama yang harus kamu lakukan di Kanada, dapatkah kamu menyebutkan lebih banyak lagi?

 

Bukan hanya cuaca yang beragam sekalipun. Ada banyak hal untuk dipelajari di Kanada daripada hanya kursus. Seperti yang dikatakan Marc Andre-Gougeon, yang mengelola perekrutan mahasiswa internasional dari Cina dan India untuk Universitas Ottawa, mengatakan, “[Kanada] menawarkan masyarakat yang sangat multi-budaya, dan masyarakat terbuka. Mendapatkan pendidikan dan pengalaman Kanada melalui gelar, bekerja dengan kampus yang sangat multi-budaya, kamu mendapatkan pengalaman yang akan sangat berguna di pasar global. "

 

Jadi tunggu apa lagi? Cari universitas Kanada impian kamu sekarang juga.

 

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image