Informasi penting
Kanada: Berita Terbaru

KEBIJAKAN TERBARU DI KANADA UNTUK PERPANJANGAN VISA KERJA PASCA-STUDI

Kebijakan Terbaru Di Kanada Untuk Perpanjangan Visa Kerja Pasca-Studi

Tidak bisa disangkal bahwa pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar untuk berbagai kelompok. Salah satunya adalah para mahasiswa internasional di Kanada yang ingin berkarir di sana pasca kelulusan. Dengan adanya penutupan badan usaha dan pengurangan tenaga kerja di berbagai sektor industri Kanada, banyak lulusan yang berstatus WNA kesulitan mencari pekerjaan walau telah memiliki visa kerja pasca-studi. Menanggapi hal ini, Pemerintah Kanada telah mengumumkan kebijakan baru untuk para mahasiswa internasional yang telah lulus dan sudah memiliki visa izin kerja pasca-studi.

 

Dalam kebijakan ini, para lulusan yang pernah atau tengah memegang PGWP (post-graduate work permit / visa izin kerja pasca-studi) berkesempatan mengajukan perpanjangan izin kerja dalam bentuk visa open work permit untuk 18 bulan. Permohonan perpanjangan ini bisa dilakukan mulai tanggal 27 Januari 2021 dan akan ditutup pada tanggal 27 Juli 2021.

 

Kebijakan Terbaru Di Kanada Untuk Perpanjangan Visa Kerja Pasca-Studi - Hotcourses Indonesia

 

Pekerjaan Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan Open Work Permit Ini?

 

Para lulusan yang telah mendapatkan perpanjangan berupa open work permit ini bisa mengambil pekerjaan purnawaktu atau paruh waktu di badan usaha manapun. Mereka bahkan juga dapat menjadi wirausahawan. Perpanjangan ini diharapkan bisa membuka jalan bagi para pemegang PGWP yang terdampak Covid-19 untuk bekerja di Kanada dan membantu mereka memenuhi syarat untuk mengajukan status permanent resident.

 

Pemerintah Kanada menekankan bahwa mereka tetap berencana untuk menarik kehadiran para kaum imigran yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan di Kanada. Dengan adanya kebijakan ini, para lulusan berstatus WNA bisa mengisi kekosongan di industri-industri yang penting di Kanada, seperti layanan kesehatan, teknologi dan masih banyak lagi. Keberadaan mereka juga diharapkan bisa membantu mempercepat proses pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Kanada.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Apa Syarat Untuk Perpanjangan Izin Kerja Ini?

 

Kebijakan ini hanya berlaku untuk para individu pemegang PGWP yang memenuhi syarat berikut:

  • Sedang berada di Kanada;

  • Memegang PGWP yang kedaluwarsa pada atau setelah 30 Januari 2020 / PGWP yang akan kedaluwarsa dalam waktu 4 bulan setelah tanggal pengajuan perpanjangan;

  • Memiliki status temporer yang valid atau sedang mengajukan pemulihan status.

Kebijakan Terbaru Di Kanada Untuk Perpanjangan Visa Kerja Pasca-Studi - Hotcourses Indonesia

 

Kebijakan PGWP Bagi Mahasiswa Internasional Yang Menjalani Kuliah Online Di Masa Pandemi

 

Khusus bagi mahasiswa internasional yang kini hanya bisa mengikuti perkuliahan online, telah ada perubahan kebijakan mengenai PGWP dari pertengahan tahun lalu. Kebijakannya terbagi 2 sebagai berikut:

 

Untuk mahasiswa internasional yang mengikuti kuliah online di Kanada

Para mahasiswa internasional yang berlokasi di Kanada tetap memenuhi syarat untuk mendapatkan PGWP walaupun perkuliahan berpindah ke ranah online. Mereka juga tetap memenuhi syarat jika mereka terpaksa mengambil cuti kuliah atau menjadi mahasiswa paruh-waktu di semester Musim Dingin/Semi/Panas.

 

Untuk mahasiswa internasional yang mengikuti kuliah online di luar Kanada 

Para mahasiswa internasional yang mengikuti kuliah online dari luar Kanada akan memenuhi syarat PGWP jika mereka memegang izin studi (study permit) sebelum memulai kuliah. Mahasiswa yang izin studinya tengah diproses atau telah mengajukan izin kerja juga dianggap memenuhi syarat.

 

Selain izin studi, durasi kuliah online juga akan diperhitungkan sebagai bagian persyaratan. Berikut adalah rinciannya:

  • Jika seorang mahasiswa internasional mengikuti 50% perkuliahannya secara langsung di Kanada, maka 50% sisanya harus dituntaskan melalui kuliah online sebelum 30 April 2021.

  • Jika program yang diambil berdurasi 8 - 12 bulan dan dimulai antara bulan Mei dan September 2020, maka seorang mahasiswa internasional bisa menuntaskan 100% program studinya secara online.

 

Informasi lebih lanjut mengenai perubahan kebijakan untuk mahasiswa internasional sehubungan dengan Covid-19 bisa dibaca di situs web IRCC (Immigration, Refugees and Citizenship Canada / Kementerian Imigrasi, Pengungsi, dan Kewarganegaraan Kanada).

 

Jangan lupa bahwa kamu bisa membaca panduan lengkap tentang kuliah di Kanada untuk membantu perencanaan studimu. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal visa untuk kuliah di Kanada? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di Kanada.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

ThePIENews.com

Canada.ca

Exal.on.ca

RunnerMag.ca