Informasi penting
Kanada: Keuangan

BEASISWA KE KANADA UNTUK KAUM PROFESIONAL DI PERTENGAHAN KARIR

share image

Saat mencari beasiswa, terkadang masih banyak yang berpikir bahwa bantuan dana hanya tersedia untuk program studi bergelar yang memakan waktu tahunan. Padahal tersedia juga beasiswa untuk program-program berdurasi pendek, seperti program sertifikasi dan kursus. Salah satu jenis beasiswa ini adalah Canada - ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development (SEED) – for mid-career professionals. Sesuai dengan namanya, program ini memberi bantuan dana bagi para kaum profesional atau akademisi yang berada di pertengahan karir mereka untuk belajar di Kanada. Para penerima beasiswa ini bisa mengikuti program pengembangan profesional, program eksekutif dan program sertifikasi berdurasi 1 - 4 minggu yang berhubungan dengan Sustainable Development Goals serta keahlian khusus Kanada dalam bidang pembangunan berkelanjutan.

 

Mau tahu lebih lanjut? Langsung saja baca penjelasannya berikut ini:

 


Apa Latar Belakang Beasiswa Ini?

 

Pemerintah Kanada menyelenggarakan program Canada - ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development (SEED) untuk memberikan kesempatan bagi para pelajar dan kaum profesional di pertengahan karir dari ASEAN untuk menjalani studi atau penelitian jangka pendek di institusi pendidikan tinggi Kanada dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan implementasi 2030 Agenda for Sustainable Development. Beasiswa ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi kemiskinan di negara-negara anggota ASEAN.

 


Apa Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Ini?

 

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar adalah warga negara anggota ASEAN dan tengah bekerja di negara anggota ASEAN.

  2. Pendaftar merupakan bagian dari akademisi, masyarakat sipil, sektor swasta (dengan fokus pada usaha mikro, kecil dan menengah, dan pada perusahaan sosial), dan sektor publik (termasuk kementerian, parastatal/organisasi di mana negara adalah pemegang saham terbesar, perusahaan milik negara, badan legislatif dan yudikatif)

  3. Pendaftar harus memenuhi segala persyaratan dari institusi tujuannya di Kanada, termasuk persyaratan akademis dan bahasa (beasiswa ini tidak menanggung biaya untuk pelatihan bahasa).

  4. Pendaftar tidak memiliki kewarganegaraan Kanada atau status Permanent Resident di negara tersebut.

  5. Pendaftar tidak tengah menerima beasiswa lain dari Pemerintah Kanada.

  6. Pendaftar adalah seorang profesional di pertengahan karir. Dalam konteks seleksi beasiswa ini, definisi profesional di pertengahan karir adalah seseorang yang:

  • Telah bekerja minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun;

  • Berada di posisi manajerial, pengembangan kebijakan atau pengambil keputusan ATAU posisi akademisi pertengahan karir di institusi akademis pasca-SMA, institusi penelitian atau think tank;

  • Telah menduduki posisi saat ini minimal 2 tahun;

  • Tidak mengelola lebih dari 30 pegawai dan/atau anggaran sebesar CAD 30 juta per tahun.

 

 

Apakah Beasiswa Ini Memiliki Prioritas Bidang Studi?

 

Beasiswa ini dikhususkan untuk program studi berdurasi pendek yang berhubungan dengan 2030 Agenda for Sustainable Development, antara lain tapi tidak terbatas pada:

  • Analisis Berdasarkan Gender (Gender Based Analysis);

  • Manajemen kinerja / pemenuhan tujuan / manajemen berbasis hasil / audit kinerja (Performance management / deliverology / results based management / performance audit);

  • Manajemen keuangan / pengawas keuangan / manajemen proyek (Financial management / comptrollership / project management);

  • Teknologi keuangan (Financial technologies); dan,

  • Adaptasi perubahan iklim / kelestarian lingkungan / penilaian dampak lingkungan (Climate change adaptation / environmental sustainability / environmental impact assessment)

Sesuai dengan Kebijakan Bantuan Internasional Feminis Kanada, maka sebagian besar beasiswa ini akan diberikan kepada kandidat perempuan.

 

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?


Nilai beasiswa ini bervariasi tergantung dari durasi program yang dipilih penerima beasiswa. Rinciannya sebagai berikut ini:

  • Hingga CAD 10.000 untuk biaya program;

  • Hingga CAD 5.000 untuk biaya tiket PP, visa dan asuransi kesehatan;

  • Hingga CAD 1.600 per minggu untuk biaya hidup dan akomodasi.

Kalau kamu berencana membawa anggota keluarga, maka perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak memiliki komponen biaya untuk menanggung pengeluaran anggota keluargamu.

 

(Baca juga: PENGAJUAN VISA PELAJAR KANADA)

 

 

 

Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Ditutup?

 

Untuk tahun 2020, pendaftaran beasiswa ini akan ditutup tanggal 27 Februari pada jam 12.00 (waktu Kanada)

 

 

Bagaimana Proses Pendaftaran Beasiswa Ini?

 

Pendaftar bisa mengikuti prosedur berikut:

  1. Unduh formulir pendaftaran di link ini.

  2. Para pendaftar harus mengisi formulir dan menyimpan salinannya di komputer mereka.

  3. Para pendaftar harus mencetak dan menandatangani formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan diberi tanggal.

  4. Scan formulir yang telah diisi dan ditandatangani, lalu simpan dalam format PDF. Pendaftar juga diperbolehkan menyimpan hasil scan dalam format JPG.

  5. Kirimkan hasil scan formulir dan semua dokumen pendukung ke: scholarships-bourses@cbie.ca. Judul email dan dokumen-dokumen harus mencantumkan nama program beasiswa dan nama pendaftar dengan jelas. Pastikan ukuran semua dokumen yang akan dikirimkan sesuai dengan batas pengiriman dokumen via email.

 

 

Apa Saja Informasi Yang Dibutuhkan Dalam Formulir Pendaftaran?

 

Para pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran dalam bahasa Inggris atau Perancis. Salah satu hal yang harus dicantumkan dalam formulir adalah deskripsi program pilihan pendaftar yang mencakup informasi berikut:

  • Nama program;

  • Nama institusi Kanada penyedia program tersebut;

  • Durasi program (termasuk tanggal program tersebut dimulai dan berakhir);

  • Biaya total untuk program tersebut;

  • Gambaran singkat mengenai program pilihan pendaftar.

 

Dalam formulir ini, para pendaftar juga akan diminta menuliskan letter of intent dalam bahasa Inggris atau Perancis. Surat ini harus memberikan informasi sebagai berikut:

  • Alasan singkat kenapa pendaftar memilih program ini dan apa hubungannya ke profesi atau karir pendaftar;

  • Para pendaftar dari Indonesia harus menjelaskan rencana penggunaan ilmu yang akan mereka didapatkan di Kanada untuk memerangi kemiskinan di negara mereka;

  • Penjelasan singkat tentang bagaimana program studi ini berhubungan dengan 2030 Agenda for Sustainable Development. Pendaftar juga harus menyebutkan setidaknya 1  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang sejalan dengan program studi yang dipilih.

 

Berikut adalah 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang bisa kamu pilih untuk membantu penjelasanmu dalam letter of intent:

 

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Beasiswa Ini?

 

Dokumen pendukung yang harus diserahkan meliputi:

  1. Surat dukungan dari pemberi kerja/tempat kerja pendaftar yang berlokasi di negara anggota ASEAN. Surat ini harus menegaskan bahwa pendaftar bisa dianggap sebagai seorang profesional karir menengah dan menguraikan manfaat yang diharapkan dari masa pendidikan pendaftar di Kanada.

  2. Resume yang menjelaskan kualifikasi akademis pendaftar dan pengalaman kerja yang relevan;

  3. Bukti kewarganegaraan berupa salinan paspor (yang masih berlaku selama masa belajar program pilihan pendaftar) atau dokumen identitas nasional yang valid. Kewarganegaraan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran harus sesuai dengan dokumen bukti kewarganegaraan yang dilampirkan.

 

Semua dokumen pendukung yang dikirimkan harus menggunakan bahasa Inggris atau Perancis. Pendaftar perlu menyertakan hasil terjemahan dari penerjemah tersumpah untuk dokumen-dokumen dalam bahasa Indonesia. 

 

 

Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

Aplikasi akan dinilai oleh panitia seleksi berdasarkan semua kriteria yang tercantum di atas dan juga prestasi serta pencapaian tiap pendaftar. Selain itu, panitia akan menilai kekuatan penjelasan pendaftar di formulir pendaftaran mengenai hubungan antara pembelajaran di Kanada dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pendaftar yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa akan dihubungi pada akhir April 2020.

 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.

 

Sudah tahu program yang mau kamu ambil di Kanada dengan beasiswa ini? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai program-program yang bisa kamu pilih.

 

 

Sumber:

Educanada.ca

Mencari jurusan

Kanada
Pascasarjana