Informasi penting
Kanada: Info Jurusan

DAFTAR FAKULTAS KEDOKTERAN TERBAIK DI KANADA

Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik Di Kanada

Kedokteran adalah program studi yang kompetitif dan banyak diincar oleh para mahasiswa internasional. Sebagian besar dari mereka memilih kedokteran karena cita-cita mereka untuk menjadi tenaga kesehatan seperti dokter umum, spesialis bedah, atau konsultan. Kalau kamu merasa dirimu masuk dalam kategori ini, ada baiknya kamu mempertimbangkan mengambil kuliah kedokteran di Kanada. Dalam artikel ini, tim Hotcourses Indonesia akan membahas fakultas-fakultas kedokteran terbaik di Kanada dan mengapa negara ini bisa menjadi destinasi studi yang sempurna bagimu.

 

Apa Saja Alasan Untuk Kuliah Kedokteran Di Kanada?

 

Ada banyak alasan mengapa Kanada menjadi negara yang populer bagi para mahasiswa internasional. Pertama-tama, masyarakat Kanada sangat menyambut pendatang baru dan hal ini tentunya menarik bagi para mahasiswa internasional yang ingin berbaur dengan lingkungan sekitar di destinasi studi mereka. Kedua, Kanada memiliki pemandangan yang indah, mulai dari danau yang jernih hingga puncak gunung bersalju, sehingga menjadi magnet bagi para pecinta alam. Kanada juga memiliki reputasi internasional sebagai negara dengan sistem pendidikan yang unggul. Ini berarti kamu bisa belajar di negara yang indah dan tetap mendapatkan kualifikasi akademis yang bergengsi.

 

Faktor menarik lainnya adalah kesempatan untuk bekerja di Kanada. Di negara ini, gaji rata-rata dokter adalah CAD 257.000 per tahun. Fakta ini membawa Kanada ke posisi 5 di daftar negara-negara yang memberikan gaji tertinggi untuk dokter versi Medic Footprints 2020. Dengan adanya budaya kerja yang menghargai work-life balance, Kanada tentunya menjadi tujuan ideal bagi para peminat program studi kedokteran yang ingin berkarir di luar negara asalnya.

 

Kanada memiliki 18 fakultas kedokteran yang masuk dalam QS World University Rankings 2021. Namun hanya ada tujuh fakultas yang menerima mahasiswa internasional dan tiga di antaranya hanya menawarkan program dalam bahasa Prancis. Nah, untuk membantumu memahami tempat terbaik untuk kuliah kedokteran di Kanada, kami akan membahas 3 universitas Kanada yang memiliki 3 kriteria berikut:

  • Masuk dalam posisi 50 besar di daftar universitas dengan fakultas kedokteran terbaik di dunia;

  • Menerima mahasiswa internasional;

  • Menggunakan bahasa Inggris untuk kegiatan belajar mengajar.

 

University of Toronto

 

 

Menurut QS World University Rankings 2021, universitas ini memiliki fakultas kedokteran yang menduduki posisi 14 di dunia dan posisi pertama di Kanada. Institusi ini juga memiliki reputasi sebagai salah satu sumber penemuan medis di dunia.

 

University of Toronto menawarkan program studi kedokteran yang berdurasi 4 tahun dengan komponen pengalaman lapangan. Perlu dicatat bahwa semua calon mahasiswa program studi kedokteran di Kanada harus terlebih dahulu menyelesaikan program S1 di bidang studi yang relevan.


Syarat masuk:

IPK: 3,6

Nilai MCAT: 125 di tiap bagian (hanya 1 bagian saja yang diperbolehkan mendapatkan nilai 124)


Info lebih lanjut mengenai program kedokteran di University of Toronto bisa kamu baca di sini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

McGill University

 

 

Universitas yang berlokasi di Montreal ini memiliki salah satu fakultas kedokteran terunggul di Kanada, jadi mahasiswanya pasti akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan bermutu tinggi serta berkesempatan untuk terlibat dalam penelitian medis terdepan. Fakultas kedokteran McGill University kini menduduki posisi 25 secara global dan menawarkan program studi kedokteran dalam bahasa Inggris dan Prancis dengan durasi 4 tahun.

 

Syarat masuk:

IPK: Para mahasiswa yang berhasil masuk dalam program studi kedokteran di universitas ini rata-rata memiliki IPK 3,9.

Nilai MCAT: 508-509 (hanya diwajibkan bagi mahasiswa yang sebelumnya mengambil program S1 di luar Kanada)
 

Kamu bisa mendalami informasi mengenai kuliah kedokteran di McGill University di tautan ini.

 

McMaster University

 

 

Fakultas kedokteran McMaster University menduduki posisi 45 di dunia dan posisi 4 di Kanada. Program studi kedokteran di universitas ini berdurasi 3 tahun. Uniknya, para mahasiswa kedokteran di institusi ini sudah diperbolehkan bekerja di lingkungan kerja klinis dari bulan pertama kuliah. Hal ini bertujuan agar mereka bisa mempraktikkan teori yang mereka pelajari di dunia nyata.

 

Syarat masuk:

IPK: Minimal 3,0

Nilai MCAT: Universitas ini hanya akan memperhitungkan nilai komponen Verbal Reasoning (minimal 6) atau komponen Critical Analysis and Reasoning (minimal 123).

 

Tertarik dengan program kedokteran di universitas ini? Langsung  saja daftar di situs kami untuk mendapatkan informasi dari tim konselor kami yang selalu siap membantumu. 
 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan universitas Kanada memang tidak menerima mahasiswa internasional di fakultas kedokterannya. Hal ini berarti tingkat persaingan akan cukup tinggi bagi mahasiswa dari luar Kanada, jadi pastikan kamu berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai yang sesuai dengan syarat masuk.

 

Syarat Masuk Lainnya

 

Perlu kami ingatkan kembali bahwa semua calon mahasiswa kedokteran di Kanada harus telah menyelesaikan program S1 yang relevan untuk dianggap memenuhi syarat masuk. Karena itu, kamu sebaiknya mengambil program S1 di bidang sains terlebih dahulu karena bisa memberikan dasar yang baik untuk kuliah kedokteran.

 

Selain pencapaian akademis yang baik atau hasil ujian masuk program studi kedokteran, tentunya akan ada persyaratan-persyaratan lain yang harus dipenuhi mahasiswa internasional. Tiap universitas memang memiliki persyaratan tersendiri, namun pada umumnya kamu akan diminta untuk memenuhi persyaratan berikut:

 

Biaya Kuliah

 

Kedokteran adalah salah satu jurusan kuliah termahal bagi para mahasiswa internasional di Kanada. Pada saat ini, biaya kuliah rata-rata per tahun untuk kuliah kedokteran di Kanada adalah CAD 32.450. Biaya ini akan bervariasi tergantung universitas dan daerah yang kamu tuju, jadi pastikan kamu memeriksa situs resmi universitas pilihanmu untuk mendapatkan nominal yang tepat. Kamu juga bisa mendaftar di situs kami untuk berkomunikasi langsung dengan pihak universitas.

 

Beasiswa


Kalau kamu ingin kuliah kedokteran di Kanada namun terbentur masalah biaya, kamu bisa menelusuri panduan beasiswa yang telah kami susun untuk menemukan beasiswa yang sesuai untukmu.


Jangan lupa bahwa kami menyediakan panduan kuliah di Kanada untuk membantumu menyongsong berbagai berbagai peluang di sana baik saat kuliah maupun di masa pasca-studi. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kedokteran terbaik untukmu di luar negeri berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Kanada? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di Kanada.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA: