Informasi penting
Finlandia: Before you leave - Wajib dibaca

Beasiswa di Finlandia

831
Mulai Agustus 2017, Finlandia memberlakukan biaya kuliah untuk program gelar yang disampaikan dalam bahasa Inggris, kecuali untuk program doktoral, atau program kuliah dalam bahasa Finlandia atau Swedia.  
 
Ada dua jenis universitas di Finlandia – universitas umum dan universitas Ilmu terapan/ UAS. UAS sebelumnya adalah politeknik dan lebih berfokus pada penelitian. Keduanya menyediakan program kuliah sarjana dan pascasarjana. Program-program disampaikan dalam bahasa Inggris, Finlandia atau Swedia. Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja sambilan di luar jam kuliah, tetapi ini bukanlah hal yang mudah jika kamu belum menguasai bahasa Finlandia atau Swedia. Jadi jangan andalkan ini untuk mengurangi beban finansialmu.

 

Beasiswa adalah pilihan yang bisa meringankan biaya kuliahmu di Finlandia. Beberapa jenis beasiswa yang tersedia adalah: 

 

Beasiswa Universitas

 
Kebanyakan universitas menyediakan beasiswa bagi mahasiswa. Biasanya adalah dalam bentuk potongan biaya kuliah, baik potongan penuh atau sebagian. Beberapa beasiswa bahkan termasuk biaya hidup, transportasi, akomodasi dan biaya lainnya. Misalnya, University of Oulu menawarkan beasiswa bagi mahasiswa yang mendaftar untuk gelar Master Internasional di universitas tersebut. Lahti University of Applied Sciences juga memberikan potongan biaya kuliah sebesar 50% untuk tahun pertama kuliah, dan jika mahasiswa menyelesaikan beberapa modul yang ditentukan dalam satu tahun akademik, maka mereka akan mendapatkan potongan 50% biaya kuliah di tahun-tahun berikutnya.
 
Akan tetapi, jika tidak memenuhi minimal kredit yang ditentukan untuk setiap tahun akademik, potongan biaya kuliah tersebut tidak lagi berlaku. University of Tampere memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang berprestasi. Beasiswa mencakup 100% biaya kuliah dan juga termasuk 7,000 Euro per tahun untuk biaya hidup, selama dua tahun perkuliahan S2. Walau beasiswa tidak dapat diberikan untuk semua mahasiswa berprestasi, mereka yang berhasil menyelesaikan 65 kredit dengan GPA minimum 3/5 dapat mengajukan hibah dari univesitas yang akan memberikan potongan 50% untuk biaya kuliah di tahun kedua. 
 
Biasanya mahasiswa dapat mendaftar untuk beasiswa pada saat mereka mendaftar kuliah. Akan tetapi kadang juga terdapat pengecualian. Mahasiswa disarankan untuk menghubungi universitas atau bagian yang bersangkutan untuk menanyakan tentang prosedur pendaftaran beasiswa. 
 

Persyaratan Beasiswa

 
Kebanyakan beasiswa dari UAS mensyaratkan mahasiswa memiliki prestasi yang bagus. Kamu perlu membuktikannya dengan sejumlah sertifikat, transkrip nilai atau dokumen lainnya. Beberapa fakultas memberlakukan persyaratan tambahan. Misalnya University of Helsinki juga mempertimbangkan keberagaman pendaftar dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa dengan latar belakang atau pilihan jurusan tertentu. 
 

Beasiswa CIMO 

 
CIMO dan Badan Pendidikan Nasional Finlandia telah bergabung menjadi Agensi Pendidikan Nasional Finlandia. Akan tetapi, program beasiswa yang ditawarkan tetap sama. 
Agensi Pendidikan Nasional Finlandia saat ini menawarkan sejumlah beasiswa untuk mahasiswa yang ingin mengambil program doktoral dan program penelitian di universitas Finlandia. Beasiswa ini berlaku untuk semua bidang studi. 
 
Beasiswa yang tersedia adalah: 
 

CIMO Fellowships

Beasiswa ini terbuka  bagi mahasiswa doktoral dan peneliti dari seluruh dunia, dari semua bidang studi. Prioritas diberikan bagi mahasiswa asal Cina, Rusia, India, Brazil, Chile dan Amerika Selatan. Beasiswa berlaku dari 3 hingga 12 bulan dan mencakup biaya hidup. Jika tertarik, kamu dapat mendaftar di Agensi Pendidikan Nasional Finlandia. Kamu hanya perlu mengunduh formulir pendaftaran, melengkapinya dan mengumpulkannya beserta surat motivasi, resume lengkap dan rencana penelitian (3-5 halaman).  
 

Finnish Government Scholarship Pool

 
Mahasiswa doktoral dan peneliti dapat mendaftar untuk beasiswa ini. Sebelumnya, pendaftar perlu telah diterima atau telah merupakan mahasiswa purna waktu di universitas Finlandia, atau institut penelitian negeri. Beasiswa ini terbuka bagi beberapa negara - Australia, Cuba, Cina, Jepang, Korea, Peru, Israel, Mesir, Meksiko, Turki, Mongolia, Namibia, Ukraina dan Amerika.  
 
Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa doktoral dan peneliti selama satu tahun. Bertujuan untuk mempererat ikatan budaya dan linguistik di kawasan Finno-Ugric Rusia dan Finlandia, beasiswa ini diberikan bagi mereka yang mengikuti perkuliahan pasca master atau mengadakan penelitian di universitas yang berada di kawasan Finno-Urgic Rusia, bagi mereka yang tinggal di Rusia dan memiliki pengetahuan tentang bahasa Finno-Urgic di Rusia, atau mahasiswa yang mempelajari bahasa Finno-Urgic. Proses pendaftaran beasiswa ini agak berbeda dengan beasiswa lain. Mahasiswa tidak dapat mendaftar sendiri, tetapi harus diwakili oleh universitas tempat mahasiswa tersebut berkuliah. 
 

Luigi Einaudi Foundation

 
Jika kamu ingin mengambil jurusan ilmu sosial, kamu bisa mencoba mendaftar untuk Luigi Einaudi Foundation scholarship. Setiap tahun, sekitar 1200 beasiswa dan dana penelitian diberikan oleh organisasi ini khusus untuk mahasiswa ilmu sosial. 
 

Cek di sekitar kamu

 
Jangan lupa mencari informasi tentang beasiswa, dermasiswa atau hibah yang ditawarkan di negaramu untuk mahasiswa yang ingin kuliah ke luar negeri. Mungkin saja perusahaan tempat kamu ingin bekerja memberikan beasiswa. Tentu saja mungkin akan termasuk ikatan kerja yang perlu kamu penuhi setelah lulus. Kamu juga dapat mencari informasi di organisasi-organisasi internasional, yayasan dan lembaga lainnya.  
 
Tips: Jika kamu telah mendapatkan beasiswa langsung dari universitas, selamat! Akan tetapi jangan lupa mendaftar untuk beasiswa lokal sebagai tambahan untuk mengurangi beban finansial kamu. Semakin banyak yang kamu hemat, semakin banyak anggaran yang bisa kamu manfaatkan untuk menjelajahi Finlandia! 
 
Sekarang sudah ada gambaran tentang beasiswa mana yang bisa dicoba bukan? Mengapa tidak mulai mencari program kuliah yang cocok untukmu di Finlandia? 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS