Informasi penting
Finlandia: Info Negara Tujuan

9 Produk Inovasi Filnlandia yang Populer di Dunia

113

Siapa yang tidak tahu jika Finlandia memiliki kualitas pendidikan yang terbaik di dunia, budaya membaca sejak kecil, serta tanggung jawab dan etika kerja yang baik? Mungkin berkat itulah Finlandia menjadi negara yang inovatif dan kreatif, sehingga banyak produk dan merek khas Finlandia yang dikenal di dunia. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Sauna

 

 

Kata ‘Sauna’ sendiri berasal dari bahasa Finlandia kuno, yang berarti tempat pemandian. Sauna pertama kali diciptakan oleh orang-orang Skandinavia di Finlandia, dengan cara memanaskan batu-batu di atas kayu yang telah dibakar selama 6-8 jam. Di jaman moderen, sauna kemudian menggunakan pemanas elektrik. Finlandia adalah negara yang paling banyak menggunakan sauna. Terdapat sekitar 3,3 juta sauna yang tersebar di perumahan, apartemen, gymnasium, hotel dan bahkan di kampus di Finlandia.

 

 

2. Rak pengering piring

 

 

Finlandia adalah negara yang menyukai sesuatu yang praktis dan sistematis. Di tahun 1940, Maiju Gebhard merancang rak pengering yang juga bisa berfungsi sebagai lemari penyimpanan yang bisa diletakkan di atas wastafel, sehingga tetesan air jatuh ke wastafel. Produk ini sangat membantu ibu-ibu rumah tangga untuk mengeringkan piring dan gelas. Sebelum adanya rak pengering ini, piring dan gelas dikeringkan dengan cara di lap secara manual, memakan waktu dan tidak praktis.

 

 

3. Penggunaan Xylitol untuk permen karet

 

 

Xylitol digunakan untuk menggantikan gula karena memiliki rasa manis, dan tidak merusak gigi. Xylitol sebenarnya ditemukan oleh peneliti asal Jerman dan Perancis, akan tetapi penggunaan Xylitol untuk kesehatan gigi diawali pada tahun 1970 di University of Turku, Finlandia. Sejak saat itu Xylitol banyak digunakan untuk hampir semua merek permen karet karena mengurangi karies gigi akibat pengikisan enamel.

 

 

4. Gunting Fiskars

 

 

Di jaman dahulu, gunting terbuat dari besi sehingga sangat berat dan tidak praktis untuk digunakan. Dan karena proses produksi yang susah, gunting bukanlah alat yang bisa ditemukan di setiap rumah seperti sekarang. Kemudian, setelah plastik mulai dikenal, Fiskars membuat gunting dengan pegangan plastik yang jauh lebih cantik tampilannya dan lebih praktis untuk digunakan. Sewaktu memasuki pasaran pada tahun 1967, lebih dari 1 milyar gunting telah terjual. Inovasi ini membuat gunting juga jauh lebih gampang diproduksi, dengan biaya yang jauh lebih rendah, dan bisa dibuat pegangan gunting yang ringan dan memiliki lengkungan yang enak untuk dipegang di tangan.

 

 

5. Nokia

 

 

Walau sudah tidak sepopuler dulu, Nokia sempat merajai dunia telekomunikasi sejak 1996 selama 11 tahun. Nokia awalnya adalah pabrik yang memproduksi barang-barang yang terbuat dari karet, seperti sepatu boot, ban, kabel dan lain-lain. Nama Nokia diambil dari kota tempat pabrik tersebut didirikan, yaitu di Kota Nokia di Finlandia.

 

 

6. OS Linux

 

 

Linux diciptakan oleh Linus Benedict di masa kuliahnya di University of Helsinki. Walau tidak sepopuler Microsoft atau Macintosh, Linux adalah sistem yang populer dan wajib di kalangan IT dan programming.

 

 

7. Angry Birds

 

 

Aplikasi game karya Rovio Entertainment ini telah diunduh oleh lebih dari 2 milyar orang dan merupakan salah satu aplikasi game terbesar di dunia.  Finlandia terkenal sebagai negara dengan pembuat aplikasi gadget terbaik di dunia. Selain Angry Birds, game yang terkenal adalah Clash of Clans dan masih banyak lagi.

 

 

8. Fazer

 

 

Pabrik Fazer memproduksi pangan untuk restoran, kafe, toko roti dan industri pangan lainnya. Fazer juga terkenal akan produk coklat, permen dan manisan lainnya yang tersebar di Swedia, Norwegia, Denmark, Inggris, Rusia dan negara-negar Baltik. Yang special dari coklat Fazer adalah karena menggunakan susu segar. Untuk setiap 200 gram coklat, Fazer menggunakan 3 gelas susu segar.

 

 

9. Marimekko

 

 

Marimekko adalah merek paling populer asal Finlandia. Walau sekarang merek ini bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, outlet di Finlandia tetap memiliki varian terbanyak dan terbaru. Semua mall di Finlandia memiliki outlet Marimekko. Dan semua wanita di Finlandia pasti memiliki setidaknya satu produk Marimekko, baik itu baju, dompet, tas atau yang lainnya. Selain fashion, Marimekko juga memproduksi kertas kado, gelas, dan tisu.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS