Informasi penting
Finlandia: Pendaftaran Universitas

10 UNIVERSITAS TERBAIK DI FINLANDIA

417

Walau sistem pendidikan tinggi di Finlandia termasuk termuda di Eropa, kualitasnya diakui di antara yang terbaik di dunia. 10 universitas terbaik di Finlandia berikut masuk dalam daftar 300 universitas terbaik di dunia:

 

 

1. University of Helsinki 

 

 

University of Helsinki adalah universitas tertua dan terbesar di Finlandia. Universitas ini didirikan pada tahun 1640 dan saat ini memiliki 11 fakultas, 11 insitut penelitian dan 36,500 mahasiswa. Program kuliah di University of Helsinki disampaikan dalam bahasa Finlandia, Swedia dan Inggris.

 

 

 

2. Aalto University

 

 

Aalto terletak di Ibukota Finlandia. Universitas ini adalah hasil merger dari tiga institusi pendidikan yang dibentuk pada tahun 2010, yaitu: Helsinki University of Technology, Helsinki School of Economics, dan University of Art and Design Helsinki. Universitas ini dibentuk karena pemerintah Finlandia ingin menciptakan universitas baru yang menjadi panutan inovasi dan menjadi simbol dari pendidikan tinggi bermutu. Saat ini, universitas memiliki 20,000 mahasiswa dan merupakan universitas ketiga terbesar di Finlandia.

 

 

 

3. University of Turku 

 

 

Universitas kedua terbesar di Finlandia ini memiliki 20,000 mahasiswa internasional. Kampus utamanya berlokasi di Turku, di barat daya Finlandia. Selain kampus utama, universitas juga memiliki kampus di Rauma, Pori dan Salo. University of Turku berfokus pada kolaborasi internasional. Sejumlah program master dan PhD yang ditawarkan merupakan hasil kerjasama dengan beragam universitas di dunia.

 

 

 

4. University of Jyväskylä 

 

 

Didirikan pada tahun 1934, University of Jyväskylä awalnya adalah kolese pertama yang menyelenggarakan pelatihan guru bahasa Finlandia. Saat ini, universitas memiliki 15,000 mahasiswa yang tersebar di 7 fakultas, dan tetap merupakan universitas terbaik di Finlandia untuk program pendidikan dan pelatihan guru. QS World University Rankings by Subject menempatkan jurusan pendidikan dan pelatihan dari University of Jyväskylä dalam daftar 100 besar terbaik dunia.

 

 

 

5. University of Eastern Finland 

 

 

Universitas ini dibentuk pada tahun 2010 melalui merger dari University of Joensuu dan University of Kuopio. Saat ini terdapat 15,000 mahasiswa yang tersebar di keempat fakultasnya. Universitas ini memiliki reputasi yang bagus untuk penelitian, berkat jaringannya yang ekstensif dengan mitra-mitra luar negeri dan aktif berpartisipasi dalam proyek-proyek internasional. Kampus utamanya tersebar di Kota Joensuu dan Kuopio, dan beberapa fasilitas juga terletak di Savonlinna.

 

 

 

6. Tampere University of Technology

 

 

Tampere University of Technology (TUT) menggabungkan tradisi yang kuat antara penelitian ilmu alam dan teknik, serta penelitian yang berhubungan dengan industri dan bisnis. Keunggulaan dari universitas ini adalah dapat menciptakan interaksi antara penelitian fundamental dan terapan, jaringan internasional yang luas, serta proyek-proyek penelitian berkualitas tinggi di berbagai bidang. TUT juga terus berkolaborasi dengan perusahaan dan industri. Saat ini TUT memiliki sekitar 10,500 mahasiswa dan 2,000 orang staf.

 

 

 

7. Lappeenranta University of Technology (LUT)

 

 

Lappeenranta University of Technology (LUT) adalah universitas sains pertama di Finlandia, yang memadukan sains dan bisnis sejak tahun 1969. Komunitas internasionalnya terdiri dari sekitar 6,000 mahasiswa dan para ahli yang aktif dalam penelitian ilmiah dan pendidikan akademik. LUT menawarkan program Master Administrasi Teknologi dan Bisnis yang populer di kalangan mahasiswa internasional.

 

 

 

8. University of Oulu

 

University of Oulu adalah universitas sains internasional yang menciptakan inovasi untuk masa depan, kesejahteraan dan pengetahuan melalui penelitian dan pendidikan multidisipliner. Inovasi masa depan adalah tentang mencari, memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan baru. University of Oulu mengamati masyarakat dan budaya di lingkungan yang dinamis, serta manfaat teknologi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. 10 fakultas, berbagai departemen dan unit penelitian khusus universitas menciptakan dasar yang kuat untuk penelitian, inovasi dan pelatihan profesional.

 

 

 

9. Åbo Akademi University

 

 

Åbo Akademi University adalah universitas penelitian yang diakui internasional, yang menyampaikan program kuliah dalam bahasa Swedia di Finlandia. Universitas ini aktif dalam penelitian dan pendidikan sastra, pedagogi, teologi hingga ilmu sosial, ilmu alam dan teknologi. Selain itu, universitas juga sering terlibat dalam masyarakat, bisnis dan penelitian internasional.  Di antara universitas Finlandia lainnya, Åbo memiliki lebih banyak fasilitas eksternal yang diakui. Misalnya: 3 pusat keunggulan yang ditunjuk oleh  Academy of Finland, 4 pusat keunggulan yang telah mengikuti penilaian kualitas internasional, dan publikasi-publikasi dari penelitian universitas yang telah memenangkan penghargaan sains internasional.  

 

 

 

10. University of Tampere

 

University of Tampere adalah universitas multidisipliner yang unggul dalam penelitian ilmiah. Universitas terkenal akan bidang-bidang studi berikut: masyarakat, ekonomi, administrasi, budaya, kesehatan dan kesejahteraan.

 

Sumber:

 

 

Mencari jurusan

Finlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS