Informasi penting
Perancis: Pendaftaran Universitas

Syarat Penting Kuliah ke Perancis

4298

 

Perancis, selain sebagai tempat wisata yang indah juga terkenal akan mutu pendidikannya. Terlebih lagi negara ini dikenal memiliki budaya dan bahasa yang memikat, tidak heran Perancis menjadi salah satu negara destinasi favorit dari mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

 

Terlebih lagi, Pemerintah Perancis membuka peluang beasiswa yang besar bagi mahasiswa asal Indonesia. Atase Kerjasama Universitas Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia, Antoine Devoucoux de Buysson menjelaskan bahwa Pemerintah Perancis tidak membeda-bedakan mahasiswa dalam atau luar negeri, mereka sama-sama berkesempatan mendapatkan subsidi biaya pendidikan alias gratis.

 

Selain itu, Antoine juga menerangkan bahwa mahasiswa Indonesia yang mayoritas muslim disambut baik di Perancis. Penduduk Perancis sangat terbuka dengan pendatang, terutama pendatang yang memiliki latar belakang kepercayaan yang berbeda. Makanan halal juga banyak tersedia dan dapat dengan mudah ditemui di pusat perbelanjaan di Perancis.

 

Jika kamu ingin kuliah ke Perancis lewat jalur beasiswa, kamu bisa mencoba beasiswa-beasiswa luar, atau Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Beasiswa Unggulan DIKNAS). Selain mencakup biaya kuliah, bantuan biaya hidup juga diberikan oleh Beasiswa Unggulan DIKNAS. Besar biayanya disesuaikan dengan standar hidup di kota-kota yang dituju di seluruh Perancis yaitu sebesar 630 Euro/bulan (jenjang S1), 670 -830 Euro/bulan (jenjang S2) dan 870-970 Euro/bulan (jenjang S3).

 

Info lengkap Beasiswa Unggulan DIKNAS

 

Walau tersedia banyak program kuliah berbahasa Inggris di Perancis, kamu tetap harus bisa berbahasa Perancis sebelum dapat diterima oleh universitas di sana. Sebelum mengajukan beasiswa, kamu harus telah diterima oleh universitas Perancis. Selain bukti kelancaran berbahasa Perancis juga perlu menyediakan bukti kelancaran berbahasa Inggris, dengan skor TOEFL minimal 500 atau setara. Universitas juga akan meminta mahasiswa untuk menyediakan motivational letter/proposal rencana studi dan rekomendasi, terutama untuk pendaftaran ke jenjang pendidikan S2.

 

Info lengkap mendaftar kuliah ke Perancis

 

Atase Kerjasama Universitas Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia, Antoine Devoucoux de Buysson menyarankan mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke Perancis mampu menggunakan Bahasa Perancis untuk bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga menepis anggapan Bahasa Perancis adalah bahasa yang sukar untuk dipahami. Bahasa Perancis, katanya, saat ini telah banyak digunakan oleh diplomat dan merupakan salah satu bahasa resmi PBB. “Bahasa perancis mudah dipahami. Selain itu Bahasa Perancis banyak digunakan diplomat dan menjadi bahasa resmi PBB setelah Bahasa Inggris,”ungkapnya.

 

Indah Tridayanti, seorang mahasiswa Indonesia yang telah berkuliah di Perancis merekomendasikan Institut Francais en Indonesie (IFI) bagi yang ingin belajar berbahasa Perancis. IFI bekerjasama langsung dengan Campus France. Selain mutu yang terjamin, biayanya juga terjangkau. Baca lebih lengkap di sini. Jika mengikuti kelas intensif, kursus berbahasa Perancis dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan.

 

Setelah itu, kamu bisa meningkatkan lagi kelancaran berbahasa Perancis kamu di kampus sewaktu kuliah, karena hampir semua universitas menyediakan kelas kursus bahasa Perancis gratis bagi mahasiswa mereka.

 

Selain itu Indah juga memuji dukungan dan fasilitas yang diberikan bagi mahasiswa internasional yang berkuliah di Perancis: “Kalo kita udah dapet univ di sana kita juga akan dapet banyak potongan harga dengan hanya menunjukan kartu pelajar kita. Jadi pemerintah Prancis punya dana yang cukup besar untuk kesejahteraan Mahasiswanya. Misalnya aja : kalian bisa makan murah dan sepuasnya di kantin universitas sekitar 3€ paket lengkap makanan 4sehat 5sempurna 6kekenyangan; Dapet potongan harga untuk tiket metro *alat transportasi di sana* Misalnya paris, 1 tahun kita mesti bayar 350€ untuk 12 bulan, untuk SEMUA alat transportasi di île-deFrance dari zona 1-5, SEPUASNYA!; potongan harga di beberapa restaurant, cinema, tempat tinggal dll. Cth : dengan paket 20€ bisa nonton film di bioskon SEPUASNYA setiap bulannya”, jelas Indah dengan bersemangat.

 

Jadi, tunggu apa lagi, mulai cari program kuliah di Perancis yang cocok untukmu sekarang juga!

 

Sumber:

Mencari jurusan

Perancis
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS