Informasi penting
Jerman: Before you leave

TIPS-TIPS BERGUNA YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBELUM BELAJAR KE JERMAN

share image
187

Jerman adalah negara dengan lingkungan pendidikan yang berkualitas. Berikut ini adalah tips untuk kamu yang ingin belajar di Jerman.

 

Kelas di Jerman

 

Universitas di Jerman jadwalnya sama setiap minggu selama seluruh semester. Beberapa kelas sangat panjang, ada yang empat jam dengan istirahat pendek, namun sebagian besar kelas belajar selama dua jam tanpa istirahat. Sebelum berangkat ke kampus, pastikan kamu cukup makan dan tetap terhidrasi sehingga kamu dapat menjaga konsentrasi kamu untuk kelas panjang tanpa istirahat. Sedikit demi sedikit, kamu akan terbiasa dengan keadaan ini. 

 

 

Para dosen biasanya mempresentasikan materi mereka dengan presentasi PowerPoint. Akan ada sedikit  interaksi antara siswa & dosen di dalam kelas. Namun, asisten pengajar sering mengadakan latihan di mana siswa akan melakukan perhitungan dan mempraktekkan apa yang diajarkan dalam perkuliahan. Hadirilah latihan tambahan untuk memastikan kamu tetap up to date dengan studi kamu.

 

Sistem Grading Jerman

 

Nilainya 1-4 dengan 1 sebagai yang terbaik. 4 adalah nilai rata-rata dalam kursus yang sulit sehingga kamu harus giat belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus. Sebagian besar kursus hanya memiliki satu ujian dan seluruh nilai kamu akan didasarkan pada ujian ini. Kehadiran tidak wajib untuk sebagian besar kursus sehingga tanggung jawab ada pada kamu. Pastikan kamu belajar, menghadiri kelas, dan sepenuhnya siap untuk ujian besar ini.

 

Bahasa Jerman

 

Di kampus, kamu perlu tahu bahasa Jerman, kecuali jika kamu berada dalam program khusus di mana kursus diajarkan dalam bahasa Inggris. Secara umum, program pembelajaran akan dilakukan dalam bahasa Jerman dan siswa diharapkan bisa bahasa Jerman. Dalam bersosialisasi, kamu bisa berbicara dengan bahasa Inggris. Pelajari beberapa frasa untuk menunjukkan bahwa kamu berupaya belajar bahasa Jerman demi memperoleh pengalaman terbaik.

 

 

Kehidupan Mahasiswa di Jerman

 

Ada banyak klub olahraga dan kegiatan yang bisa kamu ikuti di kampus. Beberapa kegiatan dan kursus kebugaran dapat kamu ikuti tanpa mendaftar. Pantaulah event-event yang ada. Teman-teman Jerman tidak sulit untuk bersosialisai dengan siswa internasional tetapi kamu harus keluar dari zona nyaman kamu untuk bertemu orang baru.

 

Simak kisah Findri yang sedang kuliah di Jerman, dan dapatkan informasi penting tentang kuliah di Jerman.

 

 

 

Baca juga:

4 KOTA TERBAIK DI JERMAN UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL YANG BELUM BISA BAHASA JERMAN

BERBAGAI PILIHAN BEASISWA DI JERMAN YANG HARUS KAMU KETAHUI

TIPS MENGAJUKAN PERMOHONAN VISA PELAJAR JERMAN

 
 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image