Informasi penting
Hongkong: Info Jurusan

RAIH 4 GELAR HANYA DALAM 5 TAHUN DI UNIVERSITY OF HONG KONG DAN UNIVERSITY OF CAMBRIDGE

share image

Kalau kamu sedang mencari program studi di universitas luar negeri yang bisa memberimu keunggulan saat memasuki dunia kerja atau akademisi, maka tim Hotcourses Indonesia punya berita menarik untukmu. Baru-baru ini, University of Hong Kong (HKU) mengumumkan kerjasamanya dengan University of Cambridge di Inggris untuk menawarkan HKU-Cambridge Undergraduate Recruitment Scheme (Natural Sciences). Skema unik ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan hingga empat gelar akademis dalam bidang ilmu alam hanya dalam waktu 4 - 5 tahun! Penasaran dengan skema ini? Coba simak penjelasan di bawah ini ya.

 

 

Bagaimana Jalur Kuliah Di Skema Ini?

 

Pada dasarnya, mahasiswa yang diterima dalam skema ini memiliki 2 pilihan jalur:

 

 

Untuk opsi yang pertama, para mahasiswa yang terpilih akan berkuliah selama 2 tahun di HKU dan mendapatkan gelar Bachelor of Science. Setelah itu, mereka akan berkuliah di Cambridge selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar Bachelor of Arts. Dengan tambahan studi setahun di Cambridge, mereka juga bisa mendapatkan gelar Master of Science. Setelah beberapa tahun, para pemegang gelar Bachelor of Arts dari Cambridge yang memenuhi syarat akan dianugerahi gelar Master of Arts tanpa perlu melewati masa perkuliahan tambahan.

 

Sementara itu, opsi kedua adalah untuk para mahasiswa yang tidak ingin mengambil studi tambahan setahun untuk meraih gelar Master of Science dari Cambridge. Semua mahasiswa yang memilih opsi ini harus mengambil mata kuliah tambahan di HKU sebagai persyaratan mendapatkan gelar Bachelor of Science dari universitas tersebut. Sama seperti di opsi pertama, para mahasiswa juga bisa mendapatkan gelar Master of Arts tanpa perlu berkuliah lagi.

 


Apa Ada Aspek Lain Dari Skema Ini?

 

Mahasiswa yang diterima dalam skema ini tidak hanya akan belajar di Cambridge dan HKU, tetapi juga akan diberikan kesempatan untuk mengambil bagian dalam beasiswa penelitian musim panas, beasiswa penelitian di luar negeri, konferensi ilmiah internasional dan program bimbingan penelitian.

 

 

 

Apa Persyaratan Untuk Bisa Diterima Di Skema Ini?

 

Skema ini hanya terbuka bagi beberapa mahasiswa program 6901 BSc di HKU yang diterima di Young Science Scheme (YSS), sebuah program yang memberikan pengalaman penelitian awal kepada mahasiswa berprestasi. Karena jalur Cambridge ini adalah skema kompetitif bagi para mahasiswa berkaliber tinggi dengan kredensial akademik terbaik, diperkirakan bahwa jumlah tiap kelompok mahasiswa yang terpilih biasanya tidak akan melebihi 60% dari populasi mahasiswa program YSS. 

 

Para kandidat yang memiliki HKDSE (Diploma Pendidikan Menengah Hong Kong) dan memilih program 6901 BSc sebagai salah satu dari tiga pilihan Band A pada formulir Sistem Penerimaan Program Gabungan Universitas (Joint University Programmes Admissions System/JUPAS) akan diminta untuk menunjukkan minat mereka pada skema ini di bulan Januari. Kandidat terpilih akan diundang untuk wawancara pada bulan Mei.

 

Kandidat potensial yang memiliki HKDSE harus telah mengambil Extended Module 1 atau 2 dalam mata pelajaran Matematika (M1 / M2) dan memperoleh level 5 atau lebih tinggi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Para kandidat yang berhasil melewati proses wawancara dan memiliki skor HKDSE  ≥35 dalam 5 mata pelajaran terbaik mereka (yang termasuk dalam Kategori A dan M1 / ​​M2) akan mendapatkan tempat di skema ini.

 

Khusus untuk pemohon non-JUPAS, maka penerimaannya ke skema ini akan dipertimbangkan kasus per kasus. Siswa yang memiliki diploma International Baccalaureate akan dipertimbangkan jika mereka telah mengambil mata pelajaran Matematika HL (Higher Level). Pemilik diploma jenis lainnya akan membutuhkan nilai/kualifikasi matematika yang sangat baik untuk bisa terpilih mengikuti skema ini. Para kandidat non-JUPAS yang diterima di program 6901 BSc di HKU dan dianggap memenuhi syarat akan diundang untuk mengikuti skema ini.

 

 

Berapa Biaya Yang Harus Dipersiapkan?

 

Mahasiswa yang mengikuti skema ini akan diminta membayar secara terpisah ke HKU dan Cambridge untuk mendanai perkuliahan mereka di masing-masing universitas. Berikut adalah informasi biaya yang perlu kamu siapkan jika terpilih mengikuti skema ini:

 

Biaya

HKU Cambridge

Biaya kuliah

171.000 HKD

32.500 GBP

Akomodasi

17.000 - 32.000 HKD

6.500 - 10.000 GBP

Biaya hidup

Sekitar 50.000 HKD / tahun

Sekitar 11.000 GBP / tahun

*Biaya per tahun 2020

 

Kalau kamu merasa membutuhkan bantuan finansial, kandidat yang terpilih diperbolehkan mengajukan beasiswa ke Cambridge Overseas Trust dan kolese-kolese di Cambridge. Jumlah beasiswa terbesar biasanya cukup untuk menutupi biaya kuliah, akomodasi dan biaya hidup.

 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung klik di sini atau tonton video di bawah ini:

 

 

Masih mencari program-program studi unik lainnya di mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai jurusan-jurusan kuliah terbaik di luar negeri yang bisa kamu ambil.

 

 

Sumber:

Scifac.hku.hk

yp.scmp.com

Mencari jurusan

Hongkong
Sarjana