Informasi penting
Republik Irlandia: Before you leave

MENGAPA HARUS KULIAH DI IRLANDIA? BERIKUT ALASANNYA

MENGAPA HARUS KULIAH DI IRLANDIA? BERIKUT ALASANNYA

Irlandia menawarkan banyak hal seru kepada siswa internasional. Mulai dari budaya yang khas, universitas berkelas dunia, serta keindahaan alam yang memesona. Berbicara tentang keindahan alam, Irlandia juga dijuluki ‘pulau zamrud’ dengan latar belakang perbukitan hijau yang indah.

 

Pilihan kota-kota untuk hidup dan belajar siswa internasional juga cukup beragam, dengan gaya dan pesonanya sendiri-sendiri. Dari arsitektur modern Dublin hingga musik tradisional Galway, ada banyak jenis pengalaman yang bisa didapat di Irlandia.

 

 

Universitas Top Dunia

 

Meskipun hanya ada delapan universitas di Irlandia, banyak yang berperingkat tinggi di tabel liga global. Oleh karena itu, kualifikasi dari universitas Irlandia diakui dan dihormati di dunia. Ada berbagai jenis institusi, dari universitas hingga perguruan tinggi swasta kecil dan komunitas siswa yang lebih besar seperti Dublin Business School yang menerima sekitar 9.000 siswa. Banyak universitas yang kaya akan sejarah, menawarkan arsitektur tradisional dan dekat dengan kehidupan kota besar.

 

 

 

Tiga universitas di Irlandia yang mendapatkan peringkat tiga universitas teratas di Irlandia (QS World University Rankings 2020). Lihat profil mereka untuk informasi lebih lanjut tentang program gelar populer, hasil lulusan, beasiswa, fasilitas, dan banyak lagi.

 

Trinity College Dublin

University College Dublin

Universitas Nasional Irlandia, Galway

 

 

Biaya

 

Siswa internasional dan EU / EEA harus membayar biaya kontribusi tahunan hingga EUR 3,000 untuk menutupi biaya layanan siswa seperti klub dan perkumpulan, ujian dan perpustakaan. Namun, biaya per tahun ini jauh lebih rendah daripada biaya sekolah biasa di tujuan studi populer lainnya. Ini membuat Irlandia sangat menarik bagi siswa yang akan membayar biaya lebih tinggi di negara lain.

 

 

Siswa non-EU / EEA

 

Kita sebagai warga negara Indonesia harus membayar biaya sekolah. Biaya rata-rata adalah: Program sarjana: EUR 9.850 hingga EUR 55.000 per tahun

Program pascasarjana dan PhD: EUR 9,950 hingga EUR 35,000 per tahun

Biaya dapat sangat bervariasi tergantung pada jurusan, universitas, dan lokasi. Jadi kami menyarankan untuk menggunakan alat pencari jurusan kami untuk menemukan program dan universitas di Irlandia untuk melihat biaya yang lebih spesifik dan apa yang mungkin cocok dengan anggaranmu.

 

 

 

Anggota UE

 

Berbeda dengan Inggris, Irlandia tetap menjadi bagian dari UE. Ini berarti bahwa siswa di Irlandia masih memiliki akses ke skema Erasmus + yang menawarkan penempatan kerja dan studi di negara-negara UE. Oleh karena itu, universitas di Irlandia mendapat manfaat dari investasi UE selain pergerakan bebas orang, mendorong dosen dari UE untuk berbagi keahlian mereka di berbagai universitas Irlandia. Karena Inggris sekarang telah meninggalkan UE, Irlandia menjadi semakin menarik bagi siswa internasional.

 

 

 

Budaya unik Irlandia

 

Olahraga

 

Irlandia memiliki tradisi dan kebiasaan uniknya sendiri yang membedakannya dari negara lain. Pertama, olahraga memainkan peran utama dalam budaya Irlandia yang memberi ‘nyawa’ kehidupan sosial di Irlandia. Rugbi sangat populer, dengan kompetisi seperti Six Nations mendapatkan pengakuan internasional. Olahraga umum lainnya termasuk sepak bola dan kriket yang dapat dinikmati di banyak stadion terkenal, seperti stadion Aviva di Dublin.

 

 

 

Musik

 

Musik tradisional di Irlandia mungkin sangat berbeda dengan musik yang pernah ada sebelumnya. Negara ini terkenal dengan suara harpa, Bodhran (genderang Irlandia), dan biola. Musik rakyat juga merupakan bagian dari budaya Irlandia, bercerita melalui musik. 

 

Pub

 

Pub harus masuk daftar karena makanannya yang lezat, menonton olahraga, dan mendengarkan musik adalah inti kehidupan di Irlandia. Dikenal karena keasliannya, pub di Irlandia adalah tempat unik di mana orang bisa berkumpul. Reputasi ini telah menyebar ke seluruh dunia karena kamu dapat menemukan pub Irlandia di negara lain, mempertahankan nuansa Irlandia bahkan hingga Australia. Jika kamu tidak minum, kamu tetap dapat menikmati pub, menikmati suasana, dan mengobrol dengan penduduk setempat.

 

 

 

Orang-orang

 

Orang Irlandia dikenal ramah, sopan, dan ramah. Kami berbicara dengan Paola Cioppi, seorang mahasiswa internasional di University College Cork yang berkata, “Orang-orang di sini sangat baik, mereka tersenyum kepada Anda, mereka menyapa, mereka sangat sopan dan saya merasa seperti di rumah sendiri”. Saat belajar di Irlandia, kamu mungkin mendengar orang berkata 'craic' yang mengacu pada percakapan yang menyenangkan, bergosip, atau bisa berarti apa kabar. Ini mencerminkan pentingnya berbicara dengan orang lain di Irlandia.

 

 

Biaya Hidup Terjangkau

 

Dublin, ibu kota Republik Irlandia, dianggap sebagai kota termahal di Irlandia secara keseluruhan. Ini termasuk akomodasi (rata-rata EUR 2.044 per bulan) dan biaya hidup sehari-hari dibandingkan dengan daerah lain. Tempat seperti Donegal misalnya, jauh lebih terjangkau dengan biaya sewa rata-rata EUR 509 per bulan. Jadi, dalam hal biaya hidup, itu sangat tergantung di mana kamu ingin studi di Irlandia dan gaya hidup seperti apa yang diinginkan.

 

 

 

Baca juga:

3 BIDANG STUDI TERPOPULER DI IRLANDIA