Informasi penting
Italia: Info Negara Tujuan

PENGALAMAN UNIK BERKULIAH DI ITALIA

197

Setiap negara tentunya memiliki keunikan tersendiri, tak terkecuali Italia. Perhimpunan Pelajar Italia telah menyusun beberapa tips dan pengetahuan penting berdasarkan pengalaman mereka selama berkuliah di Italia. Ini akan menjadi masukan yang sangat membantu jika kamu berencana untuk kuliah ke Italia:

 

1. Bis adalah salah satu kendaraan umum di Italia. Sangat penting untuk diingat, sebelum naik bis kamu harus telah memiliki tiket, atau “Biglietto”. Walau tiket tersebut tidak dibayarkan kepada sopir atau kernet, terkadang diadakan pemeriksaan tiket, dan penumpang yang tidak memiliki tiket akan didenda 100 Euro. Jangan lupa untuk validasi tiket di mesin dekat rel kereta, atau dalam bis dan tram. Jika menggunakan tiket yang tidak divalidasi akan didenda puluhan Euro.

 

 

2. Tiket dapat digunakan untuk bis, metro dan trem dalam kota. Tike dapat dibeli di “Tabacchi” (toko serba ada). Disarankan untuk membeli beberapa tiket untuk berjaga-jaga, karena jarak antara satu Tabacchi dengan yang lainnya bisa saja sangat jauh.

 

 

 

3. Jika kamu perlu menelpon ke Indonesia atau internasional, belilah kartu telepon internasional, karena tarifnya adalah yang termurah jika dibandingkan cara lainnya. Atau, kamu juga bisa menelepon d warung telpon (wartel) yang menyediakan jasa pengiriman atau penerimaan faksimil.

 

4. Untuk mahasiswa di Milan bisa menggunakan provider Vodaphone, Wind atau 3.

 

5. Hal in mungkin terdengar aneh, tetapi begitulah kebiasaan di Italia. Jika di negara Barat lainnya menggunakan kata “Good Luck” atau “God Bless You” untuk mendoakan seseorang, jangan lakukan hal ini di Italia, karena akan memicu rasa tidak senang. Orang-orang Italia mengucapkan “in bocca al lupo” yang berarti “dalam mulut serigala”. Mengapa demikian? Karena mereka percaya bahwa jika mendoakan seseorang dengan mengucapkan hal-hal yang akan diharapkan, maka yang terjadi justru adalah sebaliknya.

 

 

 

6. Hati-hati jika berjalan di Roma, Napoli, Palermo dan tempat wisata, karena kawasan ini rawan pencopet/penjambret. Penjambret biasa menggunakan sepeda motor, dan mengambil tas, perhiasan, dan kamera pejalan kaki. Jika tidak menutup jendela mobil, tas atau barang berharga di dashboard mobil juga akan menjadi sasaran penjambret. Waspadai juga segerombolan anak kecil di stasiun bis atau tempat-tempat ramai, karena mereka biasanya akan mengerumuni sasaran dan menggunakan koran untuk menutup atau mengalihkan perhatian.

 

7. 15 Agustus adalah puncak liburan musim panas (Ferragosto). Masyarakat Italia akan mengambil cuti 2 minggu, toko-toko dan kantor-kantor pun akan tutup.

 

 

 

8. Tidak banyak warga lokal Italia yang dapat berbahasa Inggris, termasuk para staf di kantor yang mengurus dokumen. Jadi disarankan untuk mempelajari bahasa Italia sebelum berangkat ke sana, walau program kuliah yang kamu ikuti disampaikan dalam bahasa Inggris. Jika ingin belajar secara otodidak, kamu bisa mencoba beberapa situs ini:

Learn Italian Pod

Italian Pod 101

Learn Italian with Lucrezia

 

9. Jika ingin berbelanja atau mengambil uang di ATM, pastikan kamu memilih yang berlabel “Bancomat” daripada “Mastercard” karena Mastercard akan dikenakan biaya.

 

10. Ingin belanja di supermarket dengan harga murah? Datanglah sewaktu supermarket akan tutup toko. Sedang mencari toko bahan masakan Asia? Coba Kathay (www.kathay.it). Jika ingin membeli bahan masakan halal, kamu bisa mencari di toko-toko Arab atau Bangladesh. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di Padova. Jangan lupa membuat kartu anggota supermarket. Biayanya gratis dan kamu bisa menikmati diskon dan bisa mengumpulkan poin. Oh iya, jangan lupa membawa kantong belanja sendiri ya. Karena kantong plastik akan dikenakan biaya.

 

11. Sewaktu sale, kamu bisa membeli baju, celana, jeans, dress dengan harga 3-5 Euro. Winter sale dimulai sekitar bulan Januari, dan summer sale di awal Juli-Agustus.

 

12. Ini adalah tipe colokan di Italia, kamu mungkin perlu membawa converter.

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Italia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS