Informasi penting
Jepang: Before you leave

INFORMASI LENGKAP SEBELUM KULIAH DI JEPANG

share image
302

 

Konichiwa! Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Sakura? Pada artikel ini kamu akan mendapatkan informasi tentang Kuliah di Jepang.  Simak ya!

 

Mengapa Kuliah di Jepang?

Belajar di Jepang akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi setiap siswa internasional terutama mereka yang mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, keuangan atau desain industri. Jepang adalah salah satu Negara yang paling berteknologi maju di dunia. Jepang adalah rumah bagi perusahaan seperti Nintendo dan Toyota yang memimpin dunia dalam penelitian ilmiah dan teknologi.

 

 

Pertukaran sahamnya dan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang termasuk yang paling bergengsi dan agresif di dunia. Sebagai siswa internasional yang akan melanjutkan pendidikan di Jepang, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar atau mengasah kemampuan kamu agar lebih terampil dan matang dalam program studi yang akan kamu ambil nanti.

 

Jurusan Populer

Beberapa jurusan di Jepang masuk daftar 50  jurusan  terbaik di dunia. Kebanyakan dari mahasiswa internasional yang kuliah di Negeri Sakura ini memilih jurusan Ekonomi, Hubungan Internasional, dan Sejarah.

 

 

Program belajar di Jepang ditawarkan sepanjang tahun, kesempatan ini memberikan siswa internasional fleksibilitas untuk mendaftar sepanjang semester atau bahkan setahun penuh.

 

Biaya kuliah di Jepang

Universitas-universitas di Jepang memungut biaya kuliah dan sejumlah biaya lain lebih kecil dibandingkan dari negara lainnya. Biaya kuliah harganya sekitar 1,600,000 Yen atau sekitar Rp 202,468,968 per tahun tetapi harga juga tergantung dari masing-masing universitas.

 

 

Dibutuhkan biaya sekitar 150,000 Yen atau sekitar Rp 18,986,729 per bulan untuk menutup biaya hidup kamu. Jika kamu belajar di kota yang lebih kecil di mana biaya akomodasi dan biaya perjalanan masih relatif murah, kamu mungkin akan menghabiskan sedikit biaya, tetapi jika di kota besar seperti di Tokyo kamu akan  menghabiskan biaya lebih banyak lagi terutama jika kamu tinggal di apartemen.

 

Banyak orang berpikir bahwa Jepang itu mahal tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Harga makanan juga biasanya lebih murah daripada di Eropa.

 

 

Universitas Terbaik di Jepang

1. Universitas Kyoto

Universitas Kyoto tersebar di tiga kampus di Yoshida, Uji dan Katsura. Universitas  ini adalah salah satu universitas tertua di Jepang dan secara konsisten berperingkat tinggi di Asia. Kyoto memiliki sekitar 22.000 siswa, 10 fakultas, 19 sekolah pascasarjana, 13 lembaga penelitian dan 21 pusat penelitian dan pendidikan. Universitas ini awalnya terdiri dari perguruan tinggi di bidang hukum, kedokteran dan sains, serta teknik.

 

 

Dalam dua tahun, universitas ini membuka perpustakaan dan rumah sakit. Kemudian mendirikan fakultas di bidang ekonomi, pertanian dan humaniora dan sekolah pascasarjana pertama diluncurkan pada pertengahan abad ke-20. Universitas ini telah menghasilkan sejumlah peneliti sukses termasuk 10 pemenang hadiah Nobel, dua peraih medali Fields dan satu pemenang hadiah Gauss.

 

2. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo menjadi universitas nasional pertama di Jepang ketika didirikan pada tahun 1877.

Universitas ini menyediakan kursus di seluruh spektrum akademik dan saat ini memiliki 10 fakultas, 15 sekolah pascasarjana, 11 lembaga penelitian yang berafiliasi (termasuk Pusat Penelitian untuk Sains dan Teknologi Lanjutan), 13 pusat universitas, tiga perpustakaan dan dua lembaga untuk studi lanjutan.

Siswa diajar di tiga kampus utama di Hongo, Komaba dan Kashiwa tetapi ada fasilitas yang terkait dengan universitas di seluruh Jepang. Universitas memiliki struktur kursus yang sedikit tidak biasa di mana siswa mengikuti pendidikan seni liberal di satu kampus selama dua tahun pertama mereka sebelum pindah ke kampus lain untuk mempelajari jurusan yang mereka pilih.

 

 

Kampus-kampusnya berada dekat dengan banyak tempat wisata budaya Tokyo termasuk Yanesen, kota kuil, dan Taman Ueno, museum dan bunga sakura. Kampus-kampus juga memiliki jaringan transportasi yang baik ke pusat ibukota.

 

3. Universitas Tohoku

Banyak fasilitas Universitas Tohoku dibangun di sekitar dan di dalam kawasan perang kuno di kota Sendai. Pada tahun 1913, Tohoku menjadi universitas pertama di Jepang yang menerima siswa perempuan setelah pengangkatan presiden pertama pada tahun 1911, Masataro Sawayanagi, wakil menteri pendidikan.

 

 

Tohoku juga merupakan universitas pertama di Jepang yang menerima mahasiswa internasional. Pada tahun 2009, Universitas Tohoku adalah salah satu dari 13 universitas yang dipilih oleh pemerintah Jepang untuk berkontribusi menyediakan pendidikan tinggi di tingkat internasional, dan universitas ini memperkenalkan serangkaian program gelar yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris.

 

 

Baca juga:

3 BIDANG YANG PATUT DIPELAJARI DI JEPANG

KULIAH DI JEPANG DALAM BAHASA INGGRIS

3 BEASISWA JEPANG - UNTUK MAHASISWA INDONESIA

 

Sumber:

https://www.timeshighereducation.com/student/best-universities/best-universities-japan#survey-answer

https://www.studyabroad.com/in-japan?page=1&plid=80893

https://www.dreamstudiesabroad.com/articles/study-japan

https://www.goabroad.com/study-abroad/search/japan/study-abroad-1

Mencari jurusan

Jepang
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image