Informasi penting
Jepang: Keuangan

NETFLIX LUNCURKAN BEASISWA UNTUK KULIAH ANIMASI GRATIS DI JEPANG

Netflix Luncurkan Beasiswa Untuk Kuliah Animasi Gratis Di Jepang

Punya bakat menggambar? Mungkin menjadi animator bisa jadi salah satu jalur profesi yang patut kamu pertimbangkan. Menurut perkiraan situs web Research And Markets, besaran pangsa pasar industri animasi global kini mencapai USD 156miliar dan akan terus bertumbuh hingga 10% di tahun 2025. Hal ini berarti karir di industri ini punya prospek yang menjanjikan di masa mendatang.

 

Jika kamu ingin menjadi animator, ada kabar baik untukmu nih. Netflix, salah satu penyedia layanan streaming ternama, telah meluncurkan akademi animasi di Jepang di mana tiap mahasiswanya akan mendapatkan beasiswa dan tawaran kerja pasca kelulusan! Mau tau infonya? Simak saja di bawah ini.

 

Apa Latar Belakang Beasiswa Dari Netflix ini?

 

Walaupun industri animasi global tengah berkembang pesat, saat ini Jepang justru tengah mengalami kekurangan tenaga kerja animator. Karena itu, Taiki Sakurai, Chief Producer untuk konten anime di Netflix, dan George Wada, presiden WIT Studio (studio yang mengerjakan anime Attack on Titan dan Ghost in the Shell), mengembangkan ide beasiswa ini untuk meningkatkan jumlah animator di Jepang. Pertambahan jumlah animator ini nantinya juga diharapkan bisa mengurangi jumlah pekerjaan yang di-outsource ke negara-negara lain. 

 

Untuk mewujudkan program beasiswa ini, Netflix dan WIT Studio kemudian mendirikan WIT Animator Academy dengan menggandeng Sasayuri Video Training Institute sebagai penyedia kurikulum pendidikan animasi. Seperti yang telah disebutkan di atas, semua mahasiswa yang diterima di WIT Animator Academy akan menerima beasiswa dan jaminan pekerjaan pasca kelulusan.

 

Seperti Apa Kurikulum Pendidikan Di WIT Animator Academy?

 

Program pendidikan animator di WIT Animator Academy adalah program purnawaktu, jadi para mahasiswa harus mengikuti kelas 5 hari dalam seminggu selama 6 bulan. Uniknya, pendidikan di WIT Animator Academy memiliki penekanan khusus pada douga, yaitu frame-frame yang digambar secara manual untuk memberikan pergerakan pada genga (keyframe).

 

Kamu tak perlu ragu mengenai mutu pendidikan di akademi ini, karena kurikulumnya dikembangkan oleh Hitomi Tateno yang memiliki pengalaman kerja 25 tahun di Studio Ghibli. Mahasiswa tak hanya akan mendapatkan pendidikan animasi, namun juga bisa belajar dari staf pengajar profesional mengenai berbagai keterampilan yang mereka butuhkan di dunia kerja nyata. Dengan begitu, mahasiswa akademi ini bisa langsung bekerja di WIT Studio atau sister studio-nya, Production I.G., pasca kelulusan.

 

Program WIT Animator Academy tak hanya mengajarkan cara menggambar animasi dengan baik, namun juga melatih disiplin mental & dedikasi pada pekerjaan - Hotcourses Indonesia

Program WIT Animator Academy tak hanya mengajarkan cara menggambar animasi dengan baik, namun juga melatih disiplin mental dan dedikasi pada pekerjaan

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Asia - Hotcourses Indonesia

 

Apa Syarat Untuk Mendaftar Ke Akademi Ini?

 

Syarat untuk mendaftar ke akademi ini adalah

  • Berusia 18-25 tahun saat program dimulai;

  • Berdomisili di Jepang (tidak wajib memiliki kewarganegaraan Jepang);

  • Menguasai bahasa Jepang (minimal di level percakapan sehari-hari).

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?

 

Biaya yang ditanggung program beasiswa WIT Animator Academy adalah:

  • Biaya kuliah sebesar JPY 600.000;

  • Biaya hidup sehari-hari sebesar JPY 150.000/bulan.

 

Perlu dicatat bahwa jika seorang mahasiswa absen terlalu lama / dinilai tidak bisa melanjutkan program pendidikan ini, maka ia bisa diminta mengembalikan dana yang telah diterima dari beasiswa ini.

 

Apakah Beasiswa Ini Memiliki Kuota?

 

Saat ini WIT Animator Academy hanya menerima 10 mahasiswa per angkatan.

 

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Ini?

 

Pendaftaran dapat dilakukan secara online di situs resmi WIT Animator Academy. Para pendaftar yang memenuhi syarat akan diminta mengikuti proses seleksi berupa ujian keterampilan dan wawancara.

 

Sayangnya, pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup. Namun kamu bisa mendapatkan info kapan beasiswa ini dibuka kembali jika kamu mendaftar di Hotcourses Indonesia dan berlangganan newsletter kami.

 

Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, kamu bisa mengakses situs resmi WIT Animator Academy. Jangan lupa bahwa kami menyediakan berbagai informasi mengenai jurusan animasi untuk membantu perencanaan studimu. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan program studi animasi dan universitas terbaik di luar negeri berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah animasi di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

asia.nikkei.com

soranews.com

witstudio.co.jp