Informasi penting
Singapura: Before you leave

TIPS MELAMAR KE UNIVERSITAS DI SINGAPURA

share image

Dengan hampir 70.000 aplikasi yang masuk ke universitas-universitas Singapura setiap tahunnya, kuliah di Singapura mungkin jadi tantangan yang menakutkan dan sulit. Namun nilai bukanlah segalanya jika ingin kuliah di Singapura.

 

Ada cara lain yang dapat kamu lakukan agar tampil ‘lebih’ dibandingkan para pelamar lainnya. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

 

Nilai bukanlah segalanya

 

Ya betul, nilai memang jadi salah satu faktor untuk menilai apakah kamu layak untuk masuk ke universitas di Singapura. Penting untuk diingat, faktor lainnya adalah bagaimana kamu dapat menampilkan ‘daya jual’ lain dari dirimu. Mungkin kamu berpengalaman dalam memimpin sebuah proyek, atau kamu aktif terlibat dalam kegiatan sukarela dan nirlaba, hal-hal tersebut dapat menjadi faktor pendukung untuk diterima universitas di Singapura.


 

Mencocokan jurusan dan minat

Saat melakuakn riset universitas mana yang akan kamu pilih di Singapura, cobalah untuk mencari program dan jurusan yang sesuai dengan minat dan nilai yang sesuai dengan yang ada pada dirimu. Hal ini bisa dicontohkan melalui cita-cita masa kecil atau tujuan masa depan yang ingin kamu raih.


 

Lamar lebih awal

Jangan menunda-nunda untuk melamar ke universitas di Singapura. Selain peminatnya yang banyak, dengan melamar lebih awal kamu dapat lebih paham medan yang akan kamu jalani agar dapat diterima. Bulan May sudah banyak universitas di Singapura yang membuka pendaftaran.


 

Fokus pada sedikit pilihan

Singapura menawarkan banyak pilihan kampus untuk kamu tuju. Namun, bukan berarti kamu dapat melamar keseluruh kampus. Pilih 2-3 kampus yang benar-benar kamu minati yang sesuai ‘value’ mu.

 

 

 

Baca juga:

HAL - HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM KULIAH DI SINGAPURA

5 UNIVERSITAS & JURUSAN TERBAIK DI SINGAPURA

7 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS BELAJAR DI SINGAPURA