Informasi penting
Singapura: Prospek Karir

PROSPEK KARIR SETELAH BELAJAR DI SINGAPURA

share image

Universitas-universitas di Singapura dikenal di seluruh dunia karena merupakan perpaduan yang efektif antara sistem pendidikan AS dan Inggris. Di mana kamu dapat bekerja setelah lulus akan tergantung pada apakah kamu menerima ‘Skema Hibah Uang Pemerintah’ Singapura atau tidak. Jika kamu menerima bantun dari pemerintah, maka kamu harus bekerja untuk perusahaan yang berbasis di Singapura untuk jangka waktu minimum 3 tahun setelah lulus. Biasanya, kamu harus mengubah status 'Student Pass' kamu segera setelah lulus untuk menghindari komplikasi hukum. Sementara siswa yang tidak menerima ‘Skema Hibah Uang Pemerintah’ bebas untuk bekerja di mana saja di dunia setelah lulus, termasuk di Singapura.

 

Meskipun Singapura secara geografis kecil, ada banyak pekerjaan yang tersedia untuk siswa internasional. Industri berikut saat ini sedang booming di Singapura:

 

  • Manufaktur
  • Konstruksi
  • Pariwisata dan Ritel
  • Kesehatan dan Keuangan
  • Komunikasi Informasi dan Media Digital.

 

Perlu diingat bahwa mendapatkan pekerjaan akan sangat bergantung pada inisiatif pribadi dan sifat-sifat kepribadian. Resume yang menarik akan memperlihatkan kekuatan kamu & dapat sangat membantu saat mencari pekerjaan. Sebagian besar universitas Singapura memiliki departemen terpisah yang disebut 'Layanan Karir' untuk membantu siswa yang mencari pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu. Namun, kamu juga harus selalu mencari peluang kerja selama dan setelah lulus melalui situs portal pekerjaan, surat kabar, dll.

 

 

Sebagai siswa internasional yang telah menyelesaikan pendidikan dari universitas pilihan di Singapura, kamu akan diizinkan untuk mengajukan 'Pas Kunjungan Jangka Panjang' yang akan memungkinkan kamu untuk tinggal di Singapura dalam jangka waktu maksimum 1 tahun bahkan jika kamu tidak punya pekerjaan. Setelah kamu menemukan pekerjaan, kamu harus mendapatkan Pass Work Pass ’ untuk bekerja di Singapura. Sesuai dengan undang-undang saat ini, pada tahun 2014, Pemerintah Singapura mendorong siswa untuk bekerja di perusahaan berbasis di Singapura setelah lulus dengan menawarkan hibah uang sekolah.

 

Namun, kamu harus ingat bahwa undang-undang ini dirumuskan berdasarkan berbagai kebijakan ekonomi dan politik dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Kategori visa baru terus muncul dan yang lama terus digantikan.  Hal ini akan membantu kamu mendapatkan gagasan apakah undang-undang visa akan menjadi lebih ketat atau lebih lunak bagi siswa internasional di masa depan, yang merupakan sesuatu yang dapat sangat mempengaruhi masa depan kamu sebagai lulusan mahasiswa internasional di Singapura 4 - 5 tahun dari sekarang.

 

 

 

Pekerjaan Penuh Waktu

 

Sebagai siswa internasional di Singapura, kamu akan diizinkan untuk bekerja penuh waktu selama liburan. Kamu tidak perlu ‘Work Pass’ yang terpisah untuk bekerja penuh waktu selama liburan. Namun, dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu meminta izin dari universitas kamu serta memiliki konfirmasi tertulis dari boss kamu.

 

Program Lampiran Industri

 

Beberapa program yang ditawarkan di universitas-universitas Singapura termasuk 'Lampiran Industri' atau magang sebagai bagian wajib atau elektif dari modul kursus. Tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu siswa memperoleh pengalaman praktis terkait dengan program mereka. 'Lampiran Industri' atau magang ini umumnya dilakukan sekitar 5 - 6 bulan. Siswa yang mengikuti magang  umumnya dibayar, tetapi gajinya bervariasi. Siswa internasional diizinkan untuk bekerja penuh waktu selama semester mereka sebagai bagian dari program lampiran industri, asalkan magang atau ikatan industri berkontribusi terhadap kemajuan kursus mereka.

 

 

 

Bekerja Setelah Lulus

 

Setelah lulus, kamu tidak akan dapat tinggal atau bekerja di Singapura berdasarkan Pas Pelajar kamu. Kamu perlu mengajukan permohonan visa kerja (pass) untuk tetap tinggal dan bekerja di Singapura. Jenis izin masuk yang harus kamu lamar tergantung pada apakah kamu memiliki tawaran pekerjaan pada saat kelulusan kamu atau tidak.

 

 

Jika kamu tidak memiliki tawaran Kerja:

 

Pass Kunjungan Jangka Panjang

 

Siswa internasional yang mendekati akhir dari program mereka dan masa berlaku Student Pass mereka akan berakhir & tidak memiliki tawaran kerja dapat melamar untuk 'Pass Kunjungan Jangka Panjang 1 tahun'.  Izin tersebut tidak dapat diperbarui, memungkinkan siswa internasional yang telah lulus dari Universitas di Singapura untuk tinggal di Singapura dan mencari pekerjaan. Ini berlaku untuk periode maksimum 1 tahun. Setelah kamu mendapatkan pekerjaan, kamu harus mendapatkan 'Work Pass' dan melepaskan Pass Kunjungan Jangka Panjang kamu. Aplikasi untuk 'Work Pass' akan dibuat oleh calon atasan kamu.

 

Jika kamu memiliki tawaran Kerja:

 

Kartu Ketenagakerjaan

 

‘Kartu Ketenagakerjaan’ adalah jenis Kartu Tanda Kerja yang dapat dilamar oleh siswa internasional jika mereka memiliki tawaran pekerjaan dari perusahaan yang berbasis di Singapura setelah lulus. Ini dimaksudkan untuk orang asing yang telah ditawari pekerjaan manajerial, eksekutif atau khusus. Dalam sebagian besar keadaan, agen atau atasan kamu perlu mengirimkan aplikasi untuk Kartu Ketenagakerjaan kamu. Agar memenuhi syarat untuk melamar pass ini, kamu harus memiliki tawaran pekerjaan dengan gaji tetap minimum yang ditawarkan 3.300 Dolar Singapura per bulan. Kamu juga perlu memiliki 'kualifikasi yang dapat diterima' sesuai standar Pemerintah Singapura.

 

 

Baca juga:

88 BEASISWA JURUSAN DAN STUDI DI SINGAPURA

HAL - HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM KULIAH DI SINGAPURA

5 UNIVERSITAS & JURUSAN TERBAIK DI SINGAPURA

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image