Informasi penting
Singapura: Info Negara Tujuan

5 ALASAN MENGAPA SINGAPURA ADALAH TUJUAN TERBAIK UNTUK KULIAH

share image
54

Jika kamu adalah seorang siswa dengan anggaran yang terbatas, Singapura adalah tempat yang cocok untuk kamu karena Singapura memiliki kebijakan kerja paruh waktu yang bagus untuk siswa internasional yang ingin bekerja sambil membiayai kebutuhan hidup serta kebutuhan kuliahnya sendiri.

 

Memiliki kelas-kelas berstandar global, memiliki reputasi bagus dalam bidang pendidikan, universitas-universitas yang diakui secara internasional dan biaya pendidikan yang terjangkau membuat Singapura cepat berkembang sebagai pusat pendidikan global.

 

Lion City ini juga menduduki peringkat ketujuh dalam INSEAD Global Innovation Index, berada di peringkat ketiga dalam IMD 2014 dan berada di posisi kedua dalam Global Forum Ekonomi Dunia pada 2014 dan 2015.

 

Pada tahun 2016, QS Worlds University Rankings menempatkan Singapura pada daftar negara yang paling kompatibel untuk siswa internasional. Peringkat ini didasarkan pada kriteria seperti universitas, biaya hidup, standar hidup, peluang kerja dan kompatibilitas gaya hidup para siswa disana.

 

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, Singapura bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu.

Kami mengidentifikasi 5 alasan yang dapat menjadikan Singapura tujuan yang menarik bagi setiap siswa yang ingin belajar di luar negeri.

 

 

1. Standar Pendidikan Global

 

Singapura adalah rumah bagi universitas swasta dengan kelas-kelas berstandar global dan memiliki beragam ketentuan di kampus. Apa yang memberi keunggulan bagi universitas di Singapura adalah hubungan mereka dengan universitas lain di seluruh dunia, keterjangkauan dan koneksi industri yang kuat yang memainkan peran penting selama penempatan kerja pada akhir semester.

 

Beberapa universitas terkemuka di Singapura termasuk Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS) dan Singapore Management University (SMU). 

 

 

2. Memiliki Banyak Siswa Internasional

 

Singapura adalah tempat yang memungkinkan siswa terpapar berbagai budaya. Sebagai tujuan wisata bagi siswa internasional, Singapura melihat bahwa sebagian besar siswa internasionalnya datang dari Inggris dan negara-negara Eropa lainnya.

 

Universitas-universitas di Singapura adalah rumah bagi kampus-kampus internasional populer seperti Curtin University of Australia, University of Nevada Amerika Serikat dan Shanghai Jiaotong University of China. Hal ini memungkinkan para siswa di Singapura untuk memiliki peluang yang beragam dan memaparkan diri mereka pada budaya yang ada di seluruh dunia bahkan ketika mereka berada di kampus.

 


 

3. Pendidikan yang Terjangkau

 

Pendidikan di Singapura biayanya jauh lebih efisien dibandingkan dengan tujuan yang lebih mahal seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia. Biaya kuliah tahunan di Singapura rata-rata dapat mencapai USD 11.800 per tahun. Biaya tahunan untuk program MBA penuh waktu di universitas internasional ternama seperti National University of Singapore Business School, dapat mencapai USD 45.074.

 

Yang menjadikan Singapura tempat yang bagus untuk pendidikan tinggi adalah hak istimewa dari biaya subsidi. Jika kamu bekerja untuk pemerintah Singapura sebagai mahasiswa sarjana, kamu akan mendapatkan subsidi untuk biaya sekolah kamu. Hal yang sama berlaku untuk mahasiswa pascasarjana jika mereka bekerja untuk Pemerintah Singapura selama tiga tahun.

 


4. Peluang Kerja

 

Singapura memiliki kebijakan kerja paruh waktu yang bagus untuk siswa internasional yang ingin bekerja. Sesuai peraturan Kementerian Tenaga Kerja di Singapura, siswa internasional yang menggunakan Student Pass memenuhi syarat untuk bekerja paruh waktu 16 jam seminggu selama masa kuliah mereka.

 

Setelah menyelesaikan kuliah, siswa internasional dapat melamar untuk Kunjungan Jangka Panjang yang memungkinkan mereka untuk tinggal di Singapura selama satu tahun lagi. Siswa yang melakukan pekerjaan yang aman dalam rentang waktu ini diberikan Work Pass yang memungkinkan mereka untuk bekerja di Singapura.

 

5. Tempat Menarik

 

Selain institusi pendidikan, Singapura adalah rumah bagi berbagai tempat rekreasi. Ekosistem alam dan margasatwa yang berkembang pesat, hutan hujan, dan cagar alam membuat negara kepulauan ini menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa internasional. Jika kamu suka rekreasi, jalan-jalan di Singapura dipenuhi dengan pusat perbelanjaan, museum, dan berbagai street food yang dapat membuat diri kamu terhibur! Untuk pecinta olahraga siap-siap untuk melihat wakeboarding, selancar angin, dan balap perahu naga yang merupakan kegiatan tahunan di Singapura. Dan untuk pecinta makanan tidak perlu berkecil hati. Singapura memiliki berbagai  hidangan lezat dari masakan Cina, Melayu, India, Peranakan & masih banyak lagi yang ditawarkan. 

 

 

Baca juga:

BIAYA KULIAH DI SINGAPURA

PROSPEK KARIR SETELAH BELAJAR DI SINGAPURA

5 UNIVERSITAS & JURUSAN TERBAIK DI SINGAPURA

 

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca