Informasi penting
Korea Selatan: Pendaftaran Universitas

TOPIK – PELUANG UNTUK MENDAPATKAN BEASISWA KOREA

8185

APA ITU TOPIK

 

TOPIK (Test of Proficiency in Korean) adalah ujian tertulis untuk mengukur kemampuan berbahasa Korea dari mereka yang tidak berbahasa Korea sebagai bahasa utama. Secara singkat, TOPIK adalah seperti TOEFL dan IELTS, hanya saja untuk mengukur kemampuan berbahasa Korea.

 

 

KEGUNAAN SERTIFIKAT TOPIK

Sertifikat TOPIK berlaku selama 2 tahun dan sangat berguna bagi pelajar yang ingin  kuliah ke Korea, mendapatkan beasiswa Korea, atau ingin bekerja di perusahaan/institusi di Korea.

 

 

STRUKTUR TES TOPIK

TOPIK terbagi menjadi dua level – TOPIK-I dan TOPIK-II. TOPIK-I adalah tingkat pemula, terbagi menjadi 2 sublevel – 1 & 2. TOPIK-II adalah tingkat menengah hingga lanjutan, dan terbagi menjadi 4 sublevel – 3, 4, 5 & 6.

 

 

TOPIK-I (Level 1-2) terdiri dari 2 bagian - Reading & Listening. TOPIK II (Level 3-6), terdiri dari 3 bagian – Reading, Listening & Writing.

 

Durasi dan struktur tes adalah sebagai berikut:

 

 

Jumlah soal untuk TOPIK I adalah 70 soal dan berdurasi selama 100 menit. Sedangkan untuk TOPIK II terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 4 soal tertulis dan berdurasi 110 menit. Bagian kedua adalah soal pemahaman bacaan yang terdiri dari 70 soal pilihan ganda, dan harus diselesaikan dalam waktu 70 menit.

 

Bagian writing terdiri dari 2 soal essai pendek dan 2 essai panjang. Untuk essai pendek, akan diminta untuk menjawab dengan kalimat dan frase. Untuk soal essai panjang, soal pertama lebih mudah karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang umum. Panjang tulisan adalah 200-300 karakter. Sedangkan untuk soal kedua, kamu akan diminta untuk menuliskan argumen mengenai topik yang diberikan. Panjang essai adalah 600-700 karakter.

 

 

CONTOH SOAL

Kamu bisa melihat contoh soal ujian TOPIK disini . Soal-soal TOPIK terdahulu beserta jawaban dapat didownload gratis di halaman tersebut.

 

 

STANDAR PENILAIAN TOPIK

 

[Tingkat Pemula]

 

Level 1 Menguasai percakapan sehari-sehari dalam konteks memberi salam, membeli barang, memesan barang, mengekspresikan pendapat dengan menuliskan kalimat-kalimat sederhana dengan jumlah 800 kata sederhana.

 

Level 2 Mendiskusikan topik-topik umum dengan kosakata 1,500∼2,000 kata. Dapat membedakan penggunaan bahasa formal dan informal dengan tepat.

 

[Tingkat Menengah]

 

Level 3 Dapat bertransaksi dan bergaul di masyarakat. Mengerti penggunaan kata dan bahasa yang tepat. Mengerti karakteristik dasar Korea dengan baik.

 

Level 4 Mengerti beragam jenis bacaan dengan berbagai topik dengan gasih. Mengerti aspek sosial dan budaya Korea dengan baik, termasuk penggunaan dan arti idiom.

 

[Tingkat Lanjutan]

 

Level 5 Fasih menggunakan bahasa Korea di tempat kerja dan penelitian. Mengerti konteks pemahaman bacaan atau topik yang bersangkutan dengan politik, ekonomi dan lain-lain. Pandai menggunakan bahasa formal dan informal dengan tepat.

 

Level 6 Sangat fasih menggunakan bahasa Korea di tempat kerja dan penelitian. Dapat mengutarakan apa yang ingin disampaikan dengan lancar dan jelas.

 

 

LOKASI UJIAN TOPIK DI INDONESIA

 

Ujian TOPIK di Indonesia hanya diadakan 2 kali dalam setahun: April dan Oktober. Harap hubungi JIKS untuk informasi batas akhir pendaftaran. Disarankan untuk menanyakan seawal mungkin, karena batas akhir pendaftaran untuk Oktober bisa saja di bulan Juli!

 

Hingga saat ini, hanya ada satu lokasi ujian TOPIK di Indonesia, yaitu di Jakarta International Korean School  (JIKS):

 

Jalan Binamarga No. 24
Kelurahan Ceger, Cipayung, RT.2/RW.4, Ceger, Cipayung
Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
Phone: (021) 8444958

 

Tempat mendaftar: JIKS, K-Eduin, IKCS. Jika kamu terdaftar di tempat kursus bahasa Korea, tempat kursus tersebut mungkin dapat membantu.

 

Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar TOPIK :

Formulir TOPIK & Formulir Pembayaran
- Foto 3 x 4 (2-3 lembar)
- Fotokopi KTP
- Biaya Pendaftaran : TOPIK I  : Rp 150.000
                                 TOPIK II : Rp 250.000

 

Sewaktu menanyakan info pendaftaran ke JIKS, pastikan kamu juga menanyakan kembali persyaratan mendaftar dan biaya pendaftaran ya. Karena siapa tau ada perubahan.

 

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS