Informasi penting
Swedia: Info Negara Tujuan

7 Kota terbaik untuk kuliah di Swedia

share image
3163

Jika kamu ingin untuk kuliah di Swedia, kamu mungkin sudah tahu apa yang menjadikan negara di bagian utara ini menjadi tujuan yang menarik: bisnis global, sejarah dan budaya yang menakjubkan, makanan yang enak, desain yang indah, serta penduduk yang ramah, ditambah kesempatan akademik kelas dunia berkat beberapa universitas Swedia yang secara rutin masuk dalam top 100 dunia.

 

Sekarang jika kamu sudah memutuskan untuk kuliah di Swedia, satu pertanyaan penting adalah: kemana kamu akan pergi? Apakah kamu akan memilih Stockholm yang populer, Uppsala, Gothenburg, atau salah satu dari kota kecil yang menarik mahasiswa setiap tahunnya?

 

Pelajari tentang universitas top di Swedia, dan apa yang menjadikan mereka unik.

 

 

Stockholm: Ibu Kota Kesempatan

 

Sangat tidak mungkin untuk melewatkan Stockholm sebagai salah satu pilihan untuk kuliah di Swedia.

 

 

Stockholm sebagai ibu kota Swedia, adalah kota dengan penduduk terbesar dan memiliki jumlah universitas terbanyak. Kebanyakan mahasiswa akan memilih salah satu dari empat universitas besar: KTH Royal Institute of Technology, Stockholm University, Karolinska Institutet, atau Stockholm School of Economics. Setiap universitas memiliki fokus dan spesialisasi masing-masing; mahasiswa kedokteran umumnya akan memilih Karolinska Intitute dan mereka yang ingin kuliah bisnis akan memilih Stockholm School of Economics.

 

Di luar ruang kelas, Stockholm menawarkan semua pengalaman budaya yang kamu ingin temukan di kota Eropa. Apakah kamu ingin melihat arsitektur yang menakjubkan sewaktu tur di akhir pekan atau mencicipi kopi di sela waktu kuliah, Stockholm memberikan kamu cita rasa terbaik Swedia, dan menjadi tempat awal untuk menjelajahi pelosok negara.

 

 

Lund: Akademik Top & Tempat untuk Menjelajah

 

Di bagian selatan Swedia – dan perjalanan singkat 11 menit dengan menggunakan kereta dari Malmo – lund adalah kota kolese Swedia. Hampir setengah dari 90.000 penduduk Lund adalah mahasiswa Lund University. Di sana, kamu dapat memilih lebih dari 300 program studi dan 2000 kursus... jika kamu ingin menemukan bidang studi tertentu di Swedia, kamu dapat menemukannya di Lund!

 

 

Lund juga merupakan tempat yang strategis untuk menjelajahi Swedia, salah satu alasan bagi kamu untuk kuliah di sini. Dengan kereta, Lund hanya berjarak 52 menit perjalanan ke Kopenhagen, Denmark; dua jam perjalanan ke Gothenburg; dan empat jam perjalanan ke Stockholm. Dengan tinggal di Lund, kamu akan dapat menjelajahi dengan mudah beberapa kota terbesar Skandinavia, dan dapat menjadikan Kopenhagen sebagai titik awal untuk menjelajahi Eropa pada akhir pekan.

 

 

 

Gothenburg: Pusat Teknologi

 

Ketika kamu tiba di Gothenburg, mungkin kamu akan berpikir jika kamu tiba di kota yang salah. Seperti halnya dengan Amsterdam di Belanda, Gothenburg adalah kota kanal – sebagian besar dikarenakan sejarah Gothenburg sebagai koloni Belanda.

 

 

Selama beberapa abad, Gothenburg telah menarik pendatang dari Eropa termasuk Belanda, Jerman, dan Skotlandia. Dengan gabungan dari budaya pendatang dan budaya tradisional Swedia telah menjadikan Gothenburg sebagai kota dengan campuran budaya yang unik.

 

Sebagai mahasiswa, kamu dapat kuliah di University of Gothenburg atau Chlamers Institute of Technology dalam beragam bidang studi. Sebagai kota pelabuhan terbesar di kawasan Nordic, Gothenburg juga menarik banyak bisnis top, kamu bisa mendapatkan pekerjaan magang di perusahaan otomotif seperti Volvo atau perusahaan farmasi AstraZeneca.

 

 

 

Umea: Pintu Gerbang ke Utara

 

Umea adalah kota paling utara, 400 km dari kutub utara – jika kamu menginginkan untuk melihat Northen Light sewaktu kuliah di Swedia, Umea akan menawarkan banyak kesempatan.

 

 

Di dalam ruang kelas, Umea juga adalah pilihan yang baik. Memiliki dua universitas, Umea University dan Swedish University of Agricultural Sciences, kamu dapat memilih banyak bidang studi yang cocok bagi kamu. Dua universitas ini menarik hampir 39.000 mahasiswa ke Umea setiap tahun akademiknya, memberikan aura 'kota universitas' yang unik.

 

Umea juga menjadi Ibu Kota Budaya Eropa tahun 2014 (bersama Riga, Latvia), jadi akan tersedia banyak kesempatan untuk merasakan budaya Swedia di antara jam kuliah dan pada akhir pekan. Untuk menjelajahi Swedia, kamu juga bisa menggunakan maskapai penerbangan murah ke Stockholm dan merencanakan perjalanan kamu dari sana. Atau kamu juga dapat langsung terbang dari airport Umea ke Kiruna di Swedia.

 

 

 

Uppsala: Warisan Akademik Swedia

 

Kota kedua paling utara (setelah Umea) dan kota terbesar ke empat di Swedia, Uppsala adalah tujuan populer bagi mahasiswa. Uppsala adalah rumah dari katedral terbesar di Skandinavia, dan universitas tertua di Swedia, Uppsala University, yang dibangun pada tahun 1477. Terdapat warisan kesempatan akademik kelas dunia di Uppsala.

 

 

Sebagai lokasi dari universitas tertua, Uppsala telah menjadi pemimpin dalam pendidikan – baik dalam akademik dan budaya. Uppsala University masuk dalam universitas top di Swedia (dan masuk dalam top 100 peringkat dunia), serta banyak tradisi di pendidikan tinggi Swedia yang berakar dari Uppsala (seperti desain topi tradisional mahasiswa yang berwarna putih). Sembari kuliah di Uppsala, kamu juga dapat terlibat dalam hampir semua bidang studi; Uppsala University khususnya kuat dalam ilmu alam.

 

 

 

Linkoping: Swedia Masa Lampau, Saat Ini dan Masa Depan

 

Terletak di pinggiran kota Swedia di antara Stockholm dan Gothenburg, Linkoping adalah kota berukuran menengah yang menjadi rumah dari salah satu universitas terbesar di Swedia, Linkoping University. Dengan kuliah di Linkoping, kamu akan memiliki akses ke program akademik tingkat dunia serta kebebasan untuk menjelajahi Swedia dan kota di sekitar.

 

 

Sebagai tambahan dari kesempatan yang baik untuk belajar bisnis dan ekonomi di Linkoping University, kota Linkoping ingin menjadi masyarakat karbon netral pada tahun 2025, dan sedang bekerja keras dalam bidang energi hijau dan keberlanjutan. Jika kamu sedang mencari pengalaman langsung dalam bidang ini, Linkoping adalah kesempatan terbaik untuk kuliah dan bekerja bersama profesional yang memimpin industri global. Tambahkan industri masa depan ini dengan sejarah arsitektur Swedia dan budaya moderen maka kamu akan mendapatkan yang terbaik dari seluruh dunia ketika kuliah di Linkoping.

 

 

 

Gavle: Progresif & Berfokus pada Mahasiswa

 

Walaupun Gavle hanya kota terbesar ke 13 di Swedia, baru-baru ini Gavle memenangkan penghargaan sebagai Kota Mahasiswa tahun 2017/2018 oleh Swedish National Union of  Students.

 

 

Gavle adalah rumah dari University of Gavle dan Gavle University College, dan lebih dari 17.000 mahasiswa kuliah di Gavle setiap tahunnya. Berlokasi di utara dari Stockholm, kamu akan tenggelam dalam budaya Swedia di kota kecil seperti Gavle ini, tanpa mengorbankan prioritas akademik kamu.

 

Di luar ruang kelas, kehidupan sebagai mahasiswa di Gavle memungkinkan kamu untuk merasakan budaya Swedia yang unik. Sebagai contoh, setiap tahun Gavle terkenal dalam membangun kambing raksasa yang dibuat dari sedotan untuk menyambut liburan Natal. Dimana lagi kamu akan mengalami peristiwa unik ini?

 

Sebagai tambahan, Gavle hanya berjarak 90 menit perjalanan dengan kendaraan (atau dua jam perjalanan dengan kereta) dari Stockholm.

 

 

 

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image