Informasi penting
Swedia: Keuangan

STUDI S2 GRATIS DI SWEDIA DENGAN BEASISWA SWEDISH INSTITUTE

Studi S2 Gratis Di Swedia Dengan Beasiswa Swedish Institute

Saat mencari destinasi studi di Eropa, kebanyakan pelajar masih berfokus pada negara-negara populer seperti Jerman, Belanda dan Prancis. Padahal sebenarnya masih ada banyak negara lain di Eropa, seperti Swedia, yang menawarkan pendidikan dengan kualitas tinggi.

 

Studi di Swedia sedikit berbeda dengan negara-negara lain, karena sistem pendidikan di negara ini memiliki iklim yang terbuka dan berfokus pada kerja kelompok. Selain itu, semua program studi di Swedia memadukan kuliah dengan kerja praktik, sehingga tiap lulusan akan mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai masalah bahasa, karena ada banyak program studi di Swedia diajarkan menggunakan bahasa Inggris dan mayoritas masyarakat Swedia bisa berbahasa Inggris.

 

Jika kamu tertarik kuliah di negara ini, ada berita baik untukmu! Kini tersedia beasiswa untuk studi S2 di Swedia dalam bidang pengembangan berkelanjutan: Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP). Mau tahu info lengkapnya? Baca di bawah ini ya.

 

Apa Latar Belakang Beasiswa Ini?

 

SISGP adalah program beasiswa dari Swedish Intitute yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia. Beasiswa ini bertujuan mendidik para calon pemimpin global masa depan sehingga mereka bisa menggunakan ilmu mereka untuk berkontribusi pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 dari PBB dan berperan serta dalam pembangunan positif yang berkelanjutan di negara & wilayah asal mereka masing-masing. 

 

Program beasiswa ini dirancang agar para penerimanya bisa berkembang secara profesional dan akademis, merasakan kehidupan dalam masyarakat dan budaya Swedia, serta dapat membangun hubungan jangka panjang dengan Swedia dan penerima beasiswa lainnya.

 

Apa Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Ini?

 

Para pendaftar dari Indonesia harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia;

  • Memiliki pengalaman kerja 3.000 jam sebelum pendaftaran beasiswa dibuka (Pendaftar bisa menggunakan total pengalaman kerja purnawaktu, paruh-waktu dan freelance mereka untuk memenuhi persyaratan ini. Namun total 3.000 jam pengalaman kerja ini hanya boleh berasal dari maksimal 3 organisasi/perusahaan);

  • Memiliki pengalaman kepemimpinan;

  • Tidak pernah tinggal di Swedia selama 2 tahun atau lebih (kumulatif);

  • Tidak pernah mendapatkan beasiswa dari Swedish Institute untuk kuliah S2 di universitas Swedia;

  • Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas/institut pendidikan tinggi di Swedia;

  • Tidak memiliki kewarganegaraan di Swedia / negara Uni-Eropa lainnya / negara yang tidak masuk dalam daftar ini;

  • Tidak memiliki izin kerja, izin tinggal atau status permanent resident di Swedia.

 

Apakah Ada Kuota & Prioritas Bidang Studi?

 

Tersedia 350 beasiswa yang akan dibagikan untuk para penerima beasiswa dari 43 negara. Khusus untuk Indonesia, program studi yang diprioritaskan adalah program yang berhubungan dengan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dari PBB. Perlu diingat bahwa program yang dipilih penerima beasiswa harus dimulai pada semester musim gugur. Kamu membaca daftar program studi yang masuk dalam kriteria ini sebagai panduan.

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?

 

SISGP menanggung biaya-biaya berikut:

  • Biaya kuliah

  • Biaya tunjangan hidup (SEK 10.000/bulan)

  • Biaya asuransi

  • Biaya perjalanan (SEK 15.000) yang hanya diberikan 1 kali

 

Perlu dicatat bahwa beasiswa ini tidak mencakup biaya pendaftaran ke universitas dan tidak memberikan tunjangan untuk anggota keluarga yang ikut ke Swedia bersama penerima beasiswa.

 

Chalmers University of Technology - salah satu universitas Swedia yang bisa menjadi destinasi studi penerima SISGP - Hotcourses Indonesia

Chalmers University of Technology - salah satu universitas Swedia yang bisa menjadi destinasi studi penerima SISGP

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Dibuka?

 

Beasiswa ini setiap tahunnya membuka pendaftaran pada awal bulan Februari.

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar?

 

Berkas-berkas berikut diperlukan saat mendaftar beasiswa ini:

  1. Motivation letter (surat motivasi)

  2. CV (tidak boleh melebihi 3 halaman)

  3. 2 surat referensi

  4. Bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan

  5. Salinan paspor yang masih berlaku

 

Berkas 1-4 harus menggunakan format dokumen yang bisa diunduh di situs resmi Swedish Institute.

 

Bagaimana Proses Pendaftarannya?

 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Pendaftar beasiswa harus terlebih dahulu mendaftar ke program S2 pilihan mereka di Swedia melalui situs universityadmissions.se. Para pendaftar diperbolehkan mendaftar ke 4 program S2 berbeda. Agar proses pendaftaran ini tidak terhambat, harap periksa kembali syarat masuk jurusan yang dipilih dan tenggat waktu pendaftarannya.

  2. Setelah mendaftar, catat personal application number (nomor pendaftaran pribadi) yang didapatkan.

  3. Bayar biaya pendaftaran dan unggah semua berkas yang diminta oleh pihak universitas.

  4. Setelah pendaftaran ke program S2 selesai, kunjungi portal pendaftaran beasiswa di situs resmi Swedish Institute (portal ini hanya bisa diakses saat pendaftaran dibuka).

  5. Akses portal pendaftaran SISGP dan unggah semua berkas yang diminta beserta personal application number.

 

Saksikan rekaman webinar berikut untuk memahami cara pendaftaran program S2 di universitas Swedia:

 

 

Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

Pada awal bulan April, para pendaftar akan menerima pengumuman penerimaan mahasiswa baru di program S2 pilihan mereka. Hanya pendaftar yang berhasil diterima saja yang akan dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa. Komite seleksi kemudian akan melakukan penyaringan lebih lanjut dan mengumumkan para penerima beasiswa di akhir April.

 

Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, kamu bisa mengakses situs resmi Swedish Institute. Jangan lupa bahwa kami menyediakan panduan kuliah di Swedia untuk membantumu menyongsong peluang studi di sana dan mencari tahu berbagai beasiswa yang tersedia. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik di Swedia berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Sudah mendapatkan inspirasi untuk kuliah di luar negeri setelah membaca artikel ini? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

si.se

internationalstudentinsurance.com

Mencari jurusan

Swedia
Pascasarjana