Informasi penting
Swiss: Keuangan

BEASISWA S2 DI ETH ZURICH

Beasiswa S2 Di ETH Zurich

Kalau kamu sedang mencari tempat kuliah S2 Teknik atau Sains di luar negeri, wajib hukumnya untuk menambahkan ETH Zürich dalam daftar universitas incaranmu. Pasalnya, institut pendidikan yang didirikan tahun 1854 ini telah lama memiliki reputasi sebagai salah satu destinasi studi terbaik di dunia. Posisinya pun terus menanjak di berbagai daftar peringkat universitas internasional dan kini menduduki posisi ke-6 dalam QS World University Rankings serta posisi ke-8 di Times Higher Education World Rankings.

 

ETH Zürich juga menempati posisi pertama di dunia untuk bidang studi ilmu bumi dan kelautan serta posisi ke-4 untuk bidang studi teknik dan teknologi (QS World University Rankings). Dengan melihat prestasi para alumninya - yang termasuk 21 peraih penghargaan Nobel - kualitas lulusan universitas yang terletak di Swiss ini sudah pasti diakui secara internasional.

 

Tertarik kuliah di ETH Zürich tapi terbentur masalah pendanaan? Kini universitas ini menawarkan 2 beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, yaitu  Excellence Scholarship & Opportunity Programme (ESOP) dan ETH-D Scholarship. Perbedaan utamanya adalah ESOP merupakan beasiswa penuh, sementara ETH-D Scholarship adalah beasiswa sebagian. Mau tahu lebih lanjut tentang kedua beasiswa ini? Langsung saja baca penjelasan dari tim Hotcourses Indonesia di bawah ini:


Apa Latar Belakang Kedua Beasiswa Ini?

 

Saat ini, Swiss sedang membutuhkan tenaga kerja terdidik profesional dengan kualifikasi terbaik. Karena itu, kedua beasiswa ini bertujuan untuk menarik kaum muda berprestasi dari seluruh dunia untuk mengambil program master/S2 di ETH Zürich. Pertukaran interdisipliner dengan mahasiswa lain yang juga berprestasi di bidangnya diharapkan akan memotivasi para penerima beasiswa ini untuk mencapai hasil studi yang terbaik dan juga membuka jalur agar mereka bisa berjejaring dalam komunitas ilmiah.

 

Para penerima beasiswa diharapkan bisa mengisi posisi kunci di Swiss dalam ranah bisnis, sains dan politik, atau mendirikan perusahaan mereka sendiri - sehingga pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dari ETH Zürich akan mengalir kembali ke masyarakat setempat. Sekitar 75% dari mahasiswa internasional yang menerima beasiswa ini akhirnya menetap di Swiss setelah menyelesaikan gelar mereka.

 

Apa Persyaratan Pendaftaran Kedua Beasiswa Ini?

 

Pendaftar harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Pendaftar merupakan mahasiswa internasional berprestasi.  

  2. Pendaftar memiliki prestasi akademi yang sangat baik di tingkat S1 (masuk dalam kategori 10% mahasiswa terunggul dari universitas yang bereputasi baik)

  3. Mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi dan detail kontak Skype untuk memudahkan seleksi wawancara via telepon atau video call pada bulan Februari 2021.

 

Perlu dicatat bahwa para pendaftar tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa ESOP dan ETH-D Scholarship di saat yang bersamaan (harus memilih salah satunya saja).

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

Apakah Ada Kuota Dan Prioritas Bidang Studi?

 

Karena sumber dana kedua beasiswa ini sepenuhnya berasal dari donasi, maka jumlah kuota yang tersedia akan tergantung pada jumlah dana yang terkumpul di tiap tahunnya. Kedua beasiswa ini bisa digunakan untuk semua program master di ETH Zürich.

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?

 

ESOP mencakup biaya hidup dan studi (CHF 12.000 per semester) serta pembebasan biaya kuliah. Beasiswa ini diberikan selama durasi normal program master (3/4 semester) dan bisa digunakan saat program dimulai.

 

Sementara itu, ETH-D Scholarship menanggung sebagian biaya hidup dan studi (CHF 7.500 per semester) serta mencakup pembebasan biaya kuliah. Tiap departemen juga akan memberikan beasiswa tambahan sebesar CHF 3.000 per semester atau menawarkan kesempatan kerja dengan bayaran CHF 500 - 600 per bulan. Beasiswa ini diberikan selama durasi normal program master (3/4 semester) dan bisa digunakan saat program dimulai.

 

Kapan Pendaftaran Dibuka?

 

Untuk tahun 2020, pendaftaran akan dibuka mulai dari tanggal 15 November hingga 15 Desember.

 

(Baca juga: 5 LANGKAH JITU HADAPI WAWANCARA BEASISWA KE LUAR NEGERI)

 

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

 

Pertama-tama, pendaftar harus mengumpulkan dokumen-dokumen persyaratan berikut:

  1. Formulir pendaftaran beasiswa yang diisi dengan lengkap (bisa diunduh di laman beasiswa ETH Zürich saat pendaftaran dibuka);

  2. Surat motivasi (1-2 halaman);

  3. Proposal tesis S2 sesuai ketentuan yang ditetapkan;

  4. CV;

  5. Dua surat referensi dari profesor/dosen universitas asal;

  6. Kalau kamu merupakan lulusan program S1 di ETH Zürich, maka kamu perlu menyertakan transkrip akademis.

 

Semua informasi yang kamu sediakan dalam dokumen pendaftaran harus seakurat mungkin. Proposal tesis master harus otentik dan menggunakan praktik kutipan ilmiah dengan standar internasional. Bila penyelenggara beasiswa menemukan bukti plagiarisme atau kesalahan informasi yang disengaja, maka pendaftar akan otomatis gugur. Jika bukti ini ditemukan setelah perkuliahan dimulai, maka penerimaan mahasiswa akan dibatalkan dan beasiswa akan dicabut.

 

Perlu diiingat bahwa pendaftaran kedua beasiswa ini tidak terpadu dengan pendaftaran program master di ETH Zürich (harus mendaftar secara terpisah). Kamu bisa menemukan formulir dan detail lengkap persyaratan pendaftaran program master di tautan ini.

 

Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

Setelah pendaftaran ditutup, tiap pendaftar akan dievaluasi oleh komite penerimaan mahasiswa tiap program studi. Daftar kandidat yang lolos evaluasi kemudian akan diberikan kepada Rektor ETH Zürich untuk seleksi akhir. Para penerima beasiswa akan menerima pemberitahuan pada bulan Maret 2021.

 

Informasi lengkap mengenai kedua beasiswa ini, formulir pendaftaran, panduan pembuatan proposal dan keterangan tambahan lain dapat diakses di situs ETH Zürich. Kamu juga bisa menonton video singkat berikut untuk mengenal ETH Zürich dengan lebih baik:

 

 

Masih mencari pilihan universitas untuk kuliah di bidang teknik, sains dan teknologi di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di universitas-universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

Sumber:

kompas.com

ethz.ch

ethz-foundation.ch

Mencari jurusan

Swiss
Pascasarjana