Swiss: Keuangan

Kuliah sambil bekerja sambilan di Swiss

1305

Biaya kuliah di Swiss tergolong murah, tetapi sayangnya biaya hidup di Swiss sangat mahal. Untungnya, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja, selama tidak melebihi 15 jam per minggu. Sewaktu liburan, mahasiswa diijinkan untuk bekerja tanpa batas. Beberapa kota, misalnya Geneva mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja selama 30 jam per minggu.

 

Mahasiswa non Uni Eropa tidak diijinkan bekerja sambilan di enam bulan pertama kuliah. Pemberi kerja yang ingin menggaji mahasiswa internasional juga terlebih dahulu harus meminta ijin ke kantor imigrasi. Jika disetujui, maka imigrasi akan memberikan ijin kerja kepada mahasiswa yang bersangkutan.

 

Jika mahasiswa internasional telah mendapatkan ijin tinggal/residence permit dan dapat membuktikan bahwa mereka memiliki sumber pendanaan yang cukup untuk berkuliah di Swiss, maka akan diijinkan untuk bekerja secara resmi. Peluang untuk mendapatkan Ijin tinggal lebih besar jika universitas mengeluarkan jaminan yang menyatakan bahwa bekerja tidak akan memperlambat waktu kelulusan mahasiswa.

 

Tarif yang didapatkan dari bekerja sambilan bisa berkisar antara 20 – 35 CHF (Sekitar Rp. 277,000 – 484,000) per jam tergantung pekerjaan dan keahlian yang dimiliki mahasiswa. Perlu diperhatikan bahwa akan jauh lebih mudah menemukan pekerjaan jika bisa salah satu dari bahasa Jerman, Perancis, Romansh atau Italia. Jika belum menguasai bahasa tersebut, 6 bulan pertama kuliah bisa dimanfaatkan untuk mengikuti kursus, karena di tenggang waktu tersebut mahasiswa internasional belum diijinkan untuk bekerja setelah.

 

 

 

 

Lowongan pekerjaan sambilan sebenarnya cukup banyak, terutama di kota-kota besar seperti Geneva dan Zurich. Lowongan kerja dapat ditemukan dari iklan koran, kampus, dari serikat mahasiswa atau dari situs-situs online. Beberapa situs yang menyediakan informasi lowongan kerja sambilan adalah:

 

 

Bekerja di kampus

 

Lowongan kerja sampingan di kampus dapat ditemukan di database seperti EURAXESS SWITZERLAND. Tetapi ada juga lowongan yang tidak ditampilkan di situs tersebut. Cara terbaik adalah menanyakan kepada staf di kampus, dosen atau komunitas kampus. Kebanyakan kampus menyediakan departemen khusus yang memberikan informasi dan panduan bagi mahasiswa yang ingin bekerja sambilan.

 

 

 

 

Sebenarnya banyak pihak tidak menyarankan mahasiswa untuk bekerja sambil kuliah, karena beban tugas kuliah cukup berat. Tetapi keputusan tetap berada di tangan mahasiswa. Jika mereka bisa membagi waktu dengan baik, bekerja sambilan adalah kesempatan yang sangat bagus untuk membuka wawasan, melatih bahasa, merasakan budaya dan kehidupan ala Swiss, sambil menambah kenalan dan membangun koneksi yang tentunya akan meningkatkan prospek kerja setelah kelulusan nanti.

 

 

 

Mencari jurusan

Swiss
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS