Informasi penting
Inggris: Keuangan

KULIAH S2 DI OXFORD DENGAN BEASISWA WEIDENFELD-HOFFMANN

Kuliah S2 Di Oxford Dengan Beasiswa Weidenfeld-Hoffmann

Bagi para pelajar yang tengah merencanakan kuliah di Inggris, University of Oxford pasti masuk dalam daftar institusi yang harus diperhitungkan. Universitas yang satu ini adalah universitas kedua tertua di dunia yang masih beroperasi dan selalu hadir dalam urutan 10 besar di berbagai daftar peringkat universitas internasional. Pada tahun 2020, telah tercatat ada 72 peraih penghargaan nobel dan 6 pemenang Turing Award yang pernah mengenyam pendidikan di Oxford.

 

Kualitas pendidikan yang ditawarkan almamater Maudy Ayunda ini memang sudah tidak diragukan lagi, jadi tak heran kalau persaingan masuknya cukup sengit dan biaya kuliahnya terhitung tinggi. Sayangnya, masalah biaya ini terkadang jadi penghalang bagi pelajar Indonesia yang berprestasi untuk kuliah di sana. Karena itu, kali ini tim Hotcourses Indonesia akan memberikan informasi salah satu beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk kuliah di Oxford: Weidenfeld-Hoffmann Scholarships and Leadership Programme.

 

Apa Latar Belakang Beasiswa Ini?

 

Weidenfeld-Hoffmann Scholarships and Leadership Programme adalah program beasiswa yang dimulai pada tahun 2015 untuk merayakan ulang tahun ke-95 Lord Weidenfeld, seorang filantropis dan kolumnis ternama di Inggris. Beasiswa ini dirancang untuk melatih dan mendidik para calon pemimpin dari negara-negara berkembang - khususnya para lulusan universitas dan kaum profesional berkaliber tinggi - di University of Oxford.

 

Selain memberikan bantuan dana, beasiswa ini juga menawarkan kombinasi program pengembangan kepemimpinan, mentoring jangka panjang dan jejaring yang luas. Sekitar 40% sumber dana beasiswa ini berasal dari pihak universitas dan sisanya adalah donasi dari para pihak sponsor Weidenfeld-Hoffmann Trust.

 

Para Penerima Beasiswa Widenfeld-Hoffman Tahun 2019 - Hotcourses Indonesia

Para penerima beasiswa Widenfeld-Hoffmann di tahun 2019

(Sumber foto: WHTrust.org)

 

Apakah Beasiswa Ini Memiliki Bidang Studi Yang Diprioritaskan?

 

Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa internasional yang mengambil program-program S2 berikut:

Selain program-program di atas, beasiswa ini juga terbuka untuk 1 program tingkat sarjana: BCL Bachelor of Civil Law

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Inggris

 

Apa Saja Persyaratannya?

 

Persyaratan utama untuk mendapatkan beasiswa ini bagi WNI adalah:

  1. Kandidat harus bisa membuktikan niat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan kuliah di Oxford;

  2. Kandidat harus mendaftar sebagai mahasiswa baru di Oxford (beasiswa ini tidak tersedia bagi mahasiswa yang telah menjalani kuliah di Oxford, kecuali mahasiswa yang pernah mendapatkan beasiswa Weidenfeld-Hoffmann);

  3. Kandidat harus mampu menunjukkan hubungan antara jurusan kuliah yang dipilih dengan tujuan karir jangka panjangnya. Kandidat juga wajib menjelaskan bagaimana kontribusinya di dunia kerja profesional dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia atau di tingkat yang lebih luas (regional maupun internasional).

 

(Baca juga: PENGALAMAN MAUDY AYUNDA KULIAH DI OXFORD)


Biaya Apa Saja Yang Ditanggung Beasiswa Weidenfeld-Hoffmann?

 

Beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang menanggung semua biaya kuliah dan menyediakan tunjangan untuk biaya hidup (semuanya bernilai sekitar GBP 15.285). Beasiswa ini akan diberikan sesuai dengan durasi program kuliah yang dipilih penerima beasiswa.


Bagaimana Proses Pendaftarannya?

 

Pendaftaran beasiswa ini harus dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program kuliah yang kamu inginkan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Saat mengisi formulir pendaftaran untuk program kuliah pilihanmu, kamu harus memilih Weidenfeld-Hoffmann Scholarships di bagian Scholarships.

  2. Kamu juga perlu mengunduh & mengisi Weidenfeld-Hoffmann Scholarships Statement. Pernyataan ini harus dikirimkan bersamaan dengan formulir pendaftaran kuliah di Oxford.

  3. Kalau kamu punya pilihan kolese tertentu di Oxford, kamu juga perlu mencantumkan pilihan tersebut di formulir pendaftaran.

 

Saksikan video berikut untuk mendapatkan beberapa tips mengenai pendaftaran beasiswa ini:

 


Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Dibuka?

 

Karena tenggat waktu pendaftaran untuk tiap program kuliah berbeda-beda, maka kamu perlu memeriksa tenggat waktu jurusan pilihanmu di situs resmi Oxford. Sebagai panduan umum, hampir semua jurusan yang bisa diambil menggunakan beasiswa ini memiliki tenggat waktu di bulan Januari 2021.


Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?

 

Pertama-tama, staf penerimaan mahasiswa baru di Oxford akan memilih para kandidat yang dianggap layak mendapatkan kursi di tiap program. Kemudian semua kandidat tersebut akan diseleksi kembali kelayakannya oleh pihak penyelenggara beasiswa. Para kandidat yang berhasil masuk daftar pendek akan diminta untuk mengikuti wawancara (biasanya via Skype) pada bulan April/Mei 2021. Pengumuman akhir akan dikeluarkan di akhir bulan Mei 2021.

 

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan di laman beasiswa Weidenfeld-Hoffmann dan situs penyelenggara beasiswa. Selain itu, kamu bisa membaca beberapa contoh pertanyaan untuk wawancara masuk Oxford. Dengarkan juga testimonial dari para penerima beasiswa ini di video berikut:

 

 

Butuh informasi atau bantuan untuk kuliah di University of Oxford? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di Inggris.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Sumber:

Ox.ac.uk 

Anakrantau.id

Wikipedia.org

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Inggris
Pascasarjana