Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

5 SEKOLAH MUSIK TERBAIK DI INGGRIS

5 Sekolah Musik Terbaik di inggris

Kalau kamu termasuk orang yang beruntung dianugerahi talenta dalam bermusik, maka kesempatan berkuliah di luar negeri untuk memperdalam keahlianmu tak boleh dilewatkan. Nah, salah satu negara asing yang bisa menjadi tempat belajar ideal untukmu adalah Inggris. Negara ini merupakan salah satu pusat industri musik global dan ibukotanya, London, telah digelari sebagai kota dengan pertunjukan musik live terbanyak di Eropa.

 

Inggris juga merupakan tempat kelahiran beberapa genre musik, seperti punk, Britpop dan post-dubstep. Selain itu, Inggris adalah tempat berdirinya beberapa lokasi penting dalam sejarah musik, contohnya Abbey Road Studios yang digunakan oleh The Beatles dan Denmark Street yang menjadi tempat munculnya berbagai bintang musik internasional.

 

Saat ini memang ada ratusan institusi dan universitas di Inggris yang menawarkan pendidikan musik, tapi kamu bisa memulai pencarian tempat kuliah yang tepat dengan membaca daftar 5 sekolah musik terbaik di Inggris berikut. 

 

 

University of Machester

University of Manchester menduduki peringkat 45 dalam daftar QS World University Rankings by Subject 2020: Performing Arts dan departemen musiknya adalah salah satu dari 3 departemen musik terbaik di Inggris. Universitas ini memiliki tingkat kepuasan mahasiswa yang tinggi dan menawarkan berbagai pengalaman unik, seperti pengajaran dari staf akademik terkemuka yang mengerti kebutuhan industri musik serta kesempatan untuk tampil sebagai musisi di berbagai konser dan acara tiap tahunnya. Pendidikan di University of Manchester dilengkapi juga oleh berbagai fasilitas mutakhir, salah satunya adalah studio komposisi elektroakustik yang telah mememenangkan penghargaan.

 

Klik di sini untuk melihat tawaran program studi musik tingkat sarjana di University of Manchester.

 

 

Royal College of Music

Dengan reputasi yang membahana di tingkat internasional, tak heran kalau Royal College of Music berada di peringkat kedua dalam daftar QS World University Rankings by Subject 2020: Performing Arts. Kolese ini menyediakan berbagai peluang menarik bagi para mahasiswanya untuk tampil secara solo dan komunal di tempat-tempat pertunjukan bergengsi dengan artis-artis tamu yang dihormati. Konser orkestra Royal College of Music menawarkan beragam kesempatan untuk musisi solo dan sering dibimbing oleh berbagai konduktor ternama, seperti Vladimir Ashkenazy, Bernard Haltink, Esa-Pekka Salonen dan Sir Roger Norrington. Selain itu,  master class juga secara rutin diadakan untuk ansambel jazz kolese ini, sehingga mereka bisa tampil dengan artis tamu terkemuka di lokasi-lokasi bergengsi di London.

 

Fakultas di kolese ini cukup lengkap, antara lain fakultas instrumen musik tiup logam, komposisi, pertunjukan historis (historical performance), keyboard, instrumen musik perkusi dan instrumen musik dawai. Dengan keberagaman fakultas ini, mahasiswa bebas mengambil jurusan yang sesuai passion mereka.

 

Mau kuliah di Royal College of Music? Temukan semua jurusan musiknya di sini.

 

 

 

Royal Academy of Music

Royal Academy of Music meraih peringkat 4 di QS World University Rankings by Subject 2020: Performing Arts. Akademi ini menyediakan pelatihan musik pada tingkat pra-profesional, sarjana dan pascasarjana dengan standar nasional dan internasional tertinggi. Sejak berdiri di tahun 1822, Royal Academy of Music terus melatih mahasiswanya untuk menjadi musisi yang fleksibel dan memiliki segala keterampilan yang diperlukan demi meraih prestasi di industri musik yang terus berubah.

 

Sementara institusi-institusi pendidikan musik lain memamerkan keagungan tradisi pengajaran mereka, Royal Academy of Music memilih untuk menginspirasi mahasiswa dengan aktivitas kerja yang mutakhir, komitmen dan program-program studi yang dilengkapi dosen-dosen terbaik dan alumni ternama. Sebagai konservatorium tertua di Inggris, akademi ini memberi para mahasiswanya kesempatan tak berbatas melalui berbagai pertunjukan, konser, master class dan penelitian.

 

Telusuri semua jurusan musik yang tersedia di Royal Academy of Music untuk mahasiswa internasional di sini.

 

 

Guildhall School of Music and Drama

Guildhall School of Music and Drama adalah salah satu konservatorium dan sekolah drama terkemuka di dunia. Sekolah yang menduduki peringkat 6 dalam QS World University Rankings by Subject 2020: Performing Arts ini menawarkan lingkungan yang menginspirasi untuk perkembangan mahasiswa sebagai seniman dan kaum profesional. Berbagai alumni Guildhall telah menjadi sosok terhormat dalam industri akting, opera, jazz, terapi musik, tata panggung dan teater teknis - contohnya antara lain Orlando Bloom, Dido, Ewan McGregor, Julia McKenzie dan Anthony Marwood.

 

Mahasiswa Guildhall akan diajar para sosok pemimpin di industri-industri yang terkait erat dengan profesi musik. Mereka juga bisa tampil secara reguler di Barbican Hall, LSO St Luke's, Wigmore Hall dan tempat-tempat lain di sekitar London dan Inggris. Para mahasiswa dapat memilih jurusan instrumen musik seperti keyboard, instrumen dawai dan harpa, atau menjelajahi jurusan vokal dan pertunjukan.

 

 

University of Bristol

Departemen musik universitas ini menyediakan lingkungan yang menginspirasi untuk belajar musik dengan pilihan program studi yang beragam. Mahasiswa akan mendapat manfaat dari tutorial individual serta pengajaran dalam kelompok kecil, seminar dan ceramah yang disampaikan oleh para staf ahli yang merupakan musisi atau komposer yang masih aktif berkarya. University of Bristol memiliki profil penelitian aktif di beberapa bidang khusus, seperti nyanyian liturgi barat, politik musikal dan elektroakustik serta musik dari Timur Tengah.

 

Di institusi ini, mahasiswa akan dilatih untuk memiliki landasan teknis dan non-teknis yang sangat baik. Selain itu, mereka diperbolehkan untuk menggabungkan studi mereka dengan bidang ilmu lain seperti bahasa. Kalau ingin mendapatkan pendidikan musik yang komprehensif, maka kamu wajib mempertimbangkan universitas yang menduduki peringkat 51-100 dalam QS World University Rankings by Subject 2020: Performing Arts ini. 

 

Klik di sini untuk mendapatkan daftar lengkap jurusan musik di University of Bristol.

 

(Baca juga: MENGENAL JURUSAN SENI TARI, SENI MUSIK, DAN SENI KONTEMPORER SERTA PROSPEK KARIR DI MASA DEPAN)

 

Selain 5 institusi di atas, tim Hotcourses Indonesia juga merekomendasikan sekolah musik berikut:

 

Leeds College of Music

Leeds College of Music (LCoM) adalah konservatorium terbesar di Inggris yang menawarkan beragam jurusan musik. Kolese yang didirikan tahun 1965 ini memiliki pendekatan yang fleksibel pada proses pembelajaran agar para mahasiswa bisa dengan mudah menemukan jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Kurikulum di institusi ini menyediakan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri musik yang terus berubah dan hal ini terlihat dari bagaimana 97% alumni Leeds College of Music berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. 

 

Kolese ini memiliki fasilitas terkini untuk membantu proses belajar dan berkarya para mahasiswanya. Semua studionya memiliki peralatan serta perangkatan lunak yang sesuai dengan standar industri dan bebas digunakan para mahasiswa sampai jam 3 pagi. Leeds College of Music juga memiliki beberapa ruang khusus - seperti Ruang Resital dengan 120 kursi dan ruang pertunjukan dengan 350 kursi - yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk tampil di berbagai pertunjukan. Berkat hubungan kerjasama yang kuat dengan berbagai festival musik, para mahasiswa LCoM telah mendapatkan kesempatan untuk tampil di Liverpool Sound City, Manchester Jazz Festival, London Jazz dan bahkan Eurosonic di Belanda.

 

Semua jurusan musik yang tersedia di Leeds College of Music bisa kamu lihat di sini.

 

Untuk kamu yang penasaran dengan suasana perkuliahan di kolese ini, coba saksikan video berikut dari YouTuber Fachran Hindami:

 

 

Belum menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan musik dari daftar di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

 

Sumber:

ICMP.ac.uk

LCM.ac.uk

Wikipedia.org

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Wajib dibaca

INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN PADA KONDISI EKONOMI SAAT INI

Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Kami mewawancarai seorang pakar di industri ini mengenai kondisi saat ini sektor perhotelan.   Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Bukan hanya karena para wisatawan menjadi lebih mengerti akan pilihan dan permintaan

32.8K

TESOL & Applied Linguistics di London Metropolitan University (Inggris)

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain adalah sebuah pekerjaan mulia yang memerlukan kesabaran tinggi – Anda bisa membantu orang lain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Untuk menempati posisi ini diperlukan karakteristik yang spesial dan kualifikasi TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages). Sebenarnya para mahasiswa internasional yang lulus dari program TESOL bisa menjadi guru Bahasa Inggris yang baik.   Mereka bisa

13.9K