Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

KULIAH KURASI FILM DI INGGRIS DAN SKOTLANDIA

KULIAH KURASI FILM DI INGGRIS DAN SKOTLANDIA

Kamu penggemar film? Apakah teman-temanmu selalu merasa puas setelah menonton film yang kamu rekomendasikan? Kalau kamu menjawab kedua pertanyaan tadi dengan "Ya!", bisa jadi kamu memiliki bakat dalam bidang kurasi film! Walaupun profesi ini jarang diketahui masyarakat umum, kurator film memiliki tempat tersendiri di dalam industri seni dan film.

 

Pada dasarnya, tugas seorang kurator film adalah memilih film yang akan ditampilkan selama festival dan acara film di bioskop dan lembaga budaya lainnya. Namun kini banyak kurator film juga menjadi penyelenggara utama acara film dan terlibat dalam aspek pemasaran acara. Kalau bidang ini sesuai dengan passion-mu, sebaiknya kamu mendalaminya dengan kuliah di UK (Britania Raya). Selain dikenal sebagai pusat pendidikan seni terkemuka di dunia, UK juga merupakan salah satu negara yang sukses menjadikan film sebagai salah satu produk ekspornya. Paduan kedua hal ini menjadikan UK tempat yang sempurna untuk mempelajari kurasi film.

 

Nah, kalau kamu sudah yakin mau mengambil jurusan ini di UK, tim Hotcourses akan merekomendasikan 4 program studi kurasi film tingkat S2 yang bisa kamu ambil.

 

1. Film, Exhibition and Curation MSc
University of Edinburgh, Skotlandia


Durasi: 1 tahun (purnawaktu)
Biaya: GBP 23.950

 

Dalam program studi yang inovatif ini, para mahasiswa akan mengeksplorasi bidang kurasi film dan pameran melalui kombinasi studi akademis, proyek terapan yang terintegrasi dan pemikiran kritis. Mereka akan mempelajari bagaimana sebuah film bisa menemukan audiensnya dan cara sebuah pameran bisa dikonseptualisasikan dan direalisasikan dalam lingkungan yang berubah dengan cepat.

 

Mahasiswa program ini memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran dengan berbagai pengajar tamu yang bekerja sebagai direktur festival film, kurator, programer dan pembuat film. Mereka juga akan dilatih untuk bisa melakukan kolaborasi kreatif, pemrograman, membangun jejaring dalam industri, mencari film, promosi, dan berkomunikasi dengan beragam audiens.

 

 

2. Film Curation MSc

University of Glasgow, Skotlandia


Durasi: 1 tahun (purnawaktu)
Biaya: GBP 18.370


Program studi ini mengeksplorasi kurasi film dalam berbagai konteks teoretis, historis, dan praktis. Mahasiswa didorong untuk menyelidiki kualitas material dari media audio-visual dan menelusuri sejarah dan praktik kontemporer dari proyeksi film dan pameran. Dalam kurikulum inti program ini, mahasiswa akan dibimbing untuk menggunakan pendekatan akademik dan profesional yang etis serta memperhatikan masalah identitas, kuasa dan akses dengan lebih kritis.

 

Selama mengikuti program ini, para mahasiswa akan bekerja dengan pakar-pakar kurasi film terkemuka melalui lokakarya dan penempatan kerja. Hal ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kreativitas dalam semua kegiatan akademis dan praktik mereka.

 

3. MA Film Curation and Exhibition
Leeds Beckett University, Inggris

Durasi: 1 tahun (purnawaktu)
Biaya: GBP 13.000


Program kreatif ini melatih mahasiswa untuk memiliki keterampilan vital dan kesadaran kritis yang diperlukan untuk mengejar karir di berbagai bidang kurasi dan pameran film kontemporer. Melalui kurikulum program ini, mahasiswa akan belajar berbagai teori pemrograman, pengarsipan dan pameran film dengan menggunakan studi kasus yang mencakup bioskop, galeri seni dan festival.

 

Mahasiswa program ini bisa berkolaborasi dengan mahasiswa jurusan pembuatan film, berbagi ide dan inspirasi dengan sesama pekerja kreatif profesional. Mereka juga bisa berinteraksi dan berjejaring dengan pelaku industri dan alumni yang hadir sebagai pengajar tamu untuk berbagi pengalaman mereka. Dengan adanya berbagai penempatan kerja, program ini juga memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan hal-hal yang telah mereka pelajari di dunia kerja nyata. 

 

4. Film Studies, Programming and Curation Masters
National Film And Television School, Inggris

Durasi: 2 tahun (purnawaktu)
Biaya: GBP 18.000/tahun


Program studi ini merupakan hasil kolaborasi National Film And Television School dan British Film Institute (BFI). Mahasiswa program ini akan dipersiapkan untuk membangun karir yang sukses dalam bidang film yang berhubungan dengan pameran, pemrograman, kritik atau pekerjaan arsip. Mereka akan bisa belajar dari staf pengajar yang merupakan pekerja profesional industri film dalam area pameran dan distribusi, festival, pengarsipan dan kritik film, beserta akademisi dan pembuat film.

 

Dalam program ini, mahasiswa akan belajar mengenai prosedur kerja pameran, distribusi dan pelestarian film dalam ranah digital yang terus berubah. Selain itu, mereka akan mempraktikkan metode kritik dan komentar film, termasuk mengevaluasi dan menulis kritik tentang film, pembuat film dan budaya. Kerangka kerja akademis yang dikombinasikan dengan penerapan di dunia nyata memungkinkan tiap mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri yang akan membantu karir mereka dalam bidang film dan media.

 

Ingin gambaran lebih jelas mengenai profesi kurator film? Coba simak penjelasan berikut dari Indanavetta Putri:

 

 

Butuh informasi atau bantuan untuk kuliah kurasi film di Inggris? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di universitas terbaik di Inggris.

 

*Biaya yang tercantum adalah biaya per Mei 2020

 

Sumber:

WeAreUKfilm.com

Statista.com

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Wajib dibaca

INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN PADA KONDISI EKONOMI SAAT INI

Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Kami mewawancarai seorang pakar di industri ini mengenai kondisi saat ini sektor perhotelan.   Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Bukan hanya karena para wisatawan menjadi lebih mengerti akan pilihan dan permintaan

33K

TESOL & Applied Linguistics di London Metropolitan University (Inggris)

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain adalah sebuah pekerjaan mulia yang memerlukan kesabaran tinggi – Anda bisa membantu orang lain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Untuk menempati posisi ini diperlukan karakteristik yang spesial dan kualifikasi TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages). Sebenarnya para mahasiswa internasional yang lulus dari program TESOL bisa menjadi guru Bahasa Inggris yang baik.   Mereka bisa

14K