Informasi penting
Inggris: Visa - Wajib dibaca

KENALI JENIS VISA YANG KAMU BUTUHKAN UNTUK DAPAT TETAP TINGGAL DI INGGRIS SETELAH LULUS KULIAH

share image

Walau perkuliahan akan segera berakhir, kamu mungkin belum ingin meninggalkan Inggris. Baik itu karena kamu berambisi untuk memulai karir kamu di negara ini, atau telah bekerja di perusahaan terkenal Inggris, atau bahkan kamu telah bertemu dengan seseorang yang spesial dan berencana untuk memulai hidup kalian di Inggris.

 

Semasa kuliah, kamu memegang Visa Tier 4. Jika kamu ingin terus tinggal di Inggris setelah lulus kuliah, kamu butuh visa lain sebelum Visa Tier 4 kamu berakhir masa berlakunya. Sekarang kamu bisa mendaftar untuk Graduate Route Visa, yaitu visa untuk mencari pekerjaan atau bekerja selama dua (untuk lulusan S1 dan S2) hingga tiga tahun (untuk lulusan S3) di Inggris setelah kamu lulus universitas. Namun, visa ini tidak dapat diperpanjang. Opsi apa yang kamu miliki untuk bisa menetap di Inggris lebih lama?

 

Ada beberapa jenis visa untuk mahasiswa internasional yang ingin tinggal lama di Inggris setelah lulus kuliah. Kenali masing-masing visa supaya kamu bisa mengajukan visa yang cocok untukmu:

 

 

1. Visa Tier 4 Pilot

Untuk sementara skema ini hanya tersedia di beberapa universitas Inggris. Kamu bisa mendaftar ke program Master yang berdurasi hingga 13 bulan dengan tambahan 6 bulan untuk  mencari pekerjaan di Inggris.

 

Memperpanjang Visa Tier 4

Kamu bisa memperpanjang visa Tier 4, baik itu untuk melanjutkan kuliah, atau mendaftar ke program kuliah baru. Akan tetapi kamu harus memiliki sponsor dan pendaftaran harus dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan.

 

 

2. Skilled Worker Visa - Sebelumnya Visa Tier 2

Perusahaan Inggris saat ini sedang membutuhkan banyak lulusan yang memiliki keahlian tinggi di semua bidang ekonomi dan juga IT (Information Technology / Teknologi Informasi). Jika kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan sponsor yang memiliki ijin, Skilled Worker Visa (dulunya bernama Visa Tier 2) ini akan memperbolehkan kamu untuk bekerja di Inggris selama tiga tahun, kemudian dapat di perpanjang lagi setelah periode tersebut habis.

 

Kamu sangat di sarankan untuk mendaftar visa ini setelah mendapatkan pekerjaan di Inggris, sehingga kamu bisa tinggal lebih lama setelah Graduate Visa yang memperbolehkan kamu untuk tinggal dua tahun setelah kelulusan universitas berakhir.

 

 

3. Visa Exceptional Talent, Tech Nation & Research & Innovation Talent

Skema visa ini ditujukan untuk menarik keahlian dan inovasi dalam bidang teknologi Inggris yang terus berkembang. Visa ini diperuntukkan bagi mereka yang dapat memenuhi persyaratan keahlian teknis yang tinggi. Beberapa persyaratan visa ini lebih mudah dibandingkan dengan jenis visa lainnya. 

 

 

4. Visa Tier 1 Wirausahawan

Visa Wisausahawan ini sangat populer bagi pemegang Visa Tier 4. Cocok untuk mereka yang memiliki cita-cita bisnis. Visa ini memungkinkan kamu untuk membawa ide bisnis kamu menjadi nyata atau untuk berinvestasi dalam perusahaan Inggris. Visa ini juga menawarkan fleksibilitas jika kamu berencana untuk membuka usaha bersama lulusan Tier 4 lainnya.

 

Sebagai tambahan, Visa Tier 1 Wirausahawan ini memungkinan untuk mendapatkan ijin menetap di Inggris. Untuk mendapatkan Visa ini, kamu harus melakukan investasi keuangan dan memberikan perencanaan bisnis yang matang, yang akan dinilai sebagai bagian dari pendaftaran visa kamu.

 

 

5. Visa Tier 1 Investor

Makin banyak mahasiswa yang melewatkan Visa Tier 4 dan langsung memilih Visa Tier 1 Investor, yang memungkinkan mereka untuk kuliah di Inggris dan setelah lima tahun, mendaftar untuk mendapatkan kewarganegaraan Inggris.

 

Baik mendaftar untuk program sarjana atau pascasarjana, kamu harus memenuhi salah satu dari tiga tingkatan investasi dan terdapat aturan yang ketat dalam tipe investasi yang bisa kamu lakukan.

 

 

6. Visa bagi pasangan (Spouse Visa)

Aturan untuk jenis visa ini sangat ketat untuk mencegah penyalahgunaan, dan bergantung pada keadaan kamu dan pasangan kamu.

 

 

Mengajukan Visa

Apapun pilihan yang kamu ambil, kamu harus mempersiapkan diri kamu sebaik mungkin dalam proses pendaftaran.

 

Pastikan kamu menyertakan semua yang dibutuhkan oleh Home Office dalam pendaftaran kamu, ketahui batas waktu pendaftaran dan biaya yang harus dibayarkan, serta pastikan kamu memiliki cukup waktu dalam proses pendaftaran.

 

Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan disini.

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD